Doyan Wisata Kuliner? Yuk, Perhatikan Beberapa Hal Berikut!

December 4, 2017 Chatarina Komala

Ilustrasi: www.thegannet.com

Destinasi wisata kuliner memang tidak ada habisnya. Setiap kali datang ke tempat baru, ada saja makanan khas yang wajib coba. Sayangnya, tidak seluruh makanan bisa Anda lahap dalam waktu sekaligus. Apalagi, di tengah jadwal kunjungan yang padat...

Nah, bagi Anda yang doyan wisata kuliner,  jangan langsung kalap menjajal seluruh makanan, ya. Untuk bisa berwisata dengan maksimal dan menyenangkan, ada tujuh trik yang bisa Anda ikuti, lho. Apa saja? 

 

1. Referensi Itu Penting

Sebelum sampai di tempat tujuan, ada baiknya Anda mencari tahu tentang referensi kuliner khas daerah tersebut. Ada banyak cara yang bisa dicoba. Misalnya, mencari via internet, bergabung dengan komunitas pecinta kuliner, atau justru mencari informasi di surat kabar. Jangan ragu pula bertanya pada kenalan yang sebelumnya pernah mengunjungi tempat tersebut--untuk mendapatkan rekomendasi dan tips wisata kuliner.

 

2. Pilih Makanan yang Benar-benar Khas

Anda mungkin memiliki waktu terbatas untuk berkunjung ke suatu tempat. Itu sebabnya, selagi ada di sana--usahakan untuk mencari makanan yang paling khas; berikut kedai yang paling ramai.

Kendati ada banyak kuliner lezat di destinasi tujuan, hindari lapar mata. Segera prioritaskan santapan makanan Anda. Terutama, untuk jenis makanan yang tidak akan Anda temukan di daerah lain atau santapan yang paling ekstrem sekalipun. Namun, harus diingat, pilih makanan yang benar-benar aman dan Anda inginkan. Pertimbangkan pula beberapa riwayat kesehatan seperti kolesterol, darah tinggi, atau justru penyakit lambung.

 

3. Perhatikan Kadar Kebersihan 

Ada banyak masalah yang bisa timbul akibat ceroboh memilih makanan. Ini mencakup sakit perut, mual, hingga serangan virus maupun infeksi. Itu sebabnya, penting bagi Anda untuk memastikan makanan yang masuk ke mulut benar-benar bersih. Salah satu tolok ukurnya, ya, dengan melihat lokasi tempat, cara penyajian, dan lingkungan sekitar.

Adapun jika Anda akhirnya meragukan kebersihan lokasi, tidak ada salahnya membeli makanan dan minuman kemasan.

 

4. Lebih Dulu Tanya Harga

Kendati tidak berlaku mutlak, ada banyak penjual nakal yang akan segera memanfaatkan dan menganggap Anda turis yang tidak tahu apa-apa. Beberapa dari mereka bahkan tidak segan-segan mematok harga tinggi sebuah makanan; bahkan lewat dari batas lazim.

Itu sebabnya, sebelum membeli, tanyakan dulu harga makanan. Terlebih, untuk kedai yang tidak menyertakan daftar harga.

 

5. Banyak Minum Air Putih, Buah, dan Sayuran

Mengonsumsi makanan khas sebanyak-banyaknya, tentu jadi tujuan Anda pecinta kuliner. Namun, agar tetap sehat--jangan lupakan konsumsi air putih, buah, dan sayuran, ya. Ingat, beberapa makanan--terutama street food--mengandung minyak dan lemak dalam jumlah berlebih. Minum air putih serta mengonsumsi cukup buah dan sayuran penting untuk menetralkan lemak maupun zat lain yang berbahaya bagi tubuh.

 

6. Berikan Jeda

Agar perut tidak terlalu penuh, berikan jeda waktu dari satu makanan ke makanan lain. Untuk camilan, misalnya--berikan jeda lima hingga sepuluh menit; sementara makan besar, dua sampai tiga jam. Cara lain, bisa berbagi makanan dengan sesama wisatawan. Hal ini bisa membantu Anda menjajal seluruh makanan tanpa khawatir perut jadi terlalu kenyang.

 

7. Banyak Jalan Kaki

Jangan biarkan makanan menumpuk dan menjadi lemak. Perbanyak gerak dan jalan kaki. Secara tidak langsung, cara ini bisa membuat makanan lebih cepat terproses, sekaligus menyisakan ruang di perut untuk makan lagi.

 

 

 

Previous Article
Yuk, Coba Tujuh Kuliner Khas Asal Kota Pontianak!
Yuk, Coba Tujuh Kuliner Khas Asal Kota Pontianak!

Bukan hanya soal garis khatulistiwa, ada banyak hal yang membuat Kota Pontianak jadi istimewa. Salah satuny...

Next Article
Rekomendasi Kedai Kebab Jakarta yang Enak Banget
Rekomendasi Kedai Kebab Jakarta yang Enak Banget

Nah, untuk Anda yang berada di Jakarta maupun sekitarnya dapat mampir dan mencicipi ke beberapa kedai kebab...

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More