Sepuluh Cara Makan Sehat Meski Rutinitas Padat

November 28, 2017 Chatarina Komala

Rutinitas yang padat kerap kali jadi alasan Anda tidak memerhatikan pola makan. Inginnya, makan yang praktis dan cepat. Itu pun kalau sempat. Jika tidak, ada kalanya jam makan jadi bergeser. Ditambah lagi, Anda juga melupakan aktivitas olahraga. Padahal, makan sehat dan olahraga penting, lho, untuk produktivitas kerja. Apalagi bagi pekerjaan yang melibatkan aktivitas fisik atau turun ke lapangan.

 

Nah, di tengah setumpuk deadline, jadwal meeting, atau keharusan lembur hingga malam--jangan sampai Anda mengonsumsi makanan enggak sehat. Berikut adalah beberapa trik agar Anda tetap makan sehat, meski rutinitas padat.   

 

Baca juga:

 

1. Coba Jus atau Smoothies

Ilustrasi: www.littlethings.com

Tidak perlu waktu lama untuk membuat makanan sehat yang satu ini, kok. Anda hanya perlu mencampurkan seluruh bahan sehat (sayuran, buah-buahan, yoghurt, susu, es krim, dsb) menggunakan blender. Cara menyantapnya pun demikian praktis. Cukup dimasukkan ke dalam botol, jika perlu didinginkan, lalu diminum sembari tetap beraktivitas.

 

2. Berlangganan Katering Sehat

Ilustrasi: www.atheeb-services.com 

Jika punya bujet berlebih, Anda dapat berlangganan jasa katering sehat dari restoran terdekat. Cara lain, bisa menghubungi dan menjajal jasa katering sehat online yang banyak tersedia di media sosial.

 

3. Berhenti Sebelum Kekenyangan

Ilustrasi: www.betanews.com

Meski rutinitas padat menggeser waktu makan dan mengakibatkan Anda merasa sangat lapar, hindari makan sampai kenyang, ya. Makanlah dalam porsi secukupnya, dan berhenti sebelum Anda merasa kenyang. Nah, kalau masih lapar, tidak ada salahnya melanjutkan lagi makan sepuluh menit kemudian. Namun, tetap jangan makan berlebihan, ya.

 

4. Hindari Konsumsi Makanan Instan dan Berwarna Putih

Ilustrasi:www.thenewdaily.com.au

Sudah jadi pengetahuan umum, makanan instan berbahaya bagi kesehatan tubuh. Itu sebabnya, sekalipun terasa lebih praktis dan cepat, hindari konsumsi makanan instan. Selain itu, hindari pula makanan yang berwarna putih; semisal nasi putih, roti putih, pasta, dan saus berwarna putih.

 

5. Cukup Minum Air

Ilustrasi: www.indianexpress.com

Minum air dalam jumlah yang cukup amat penting untuk proses metabolisme tubuh. Sayang, saking sibuknya, banyak orang lupa minum air putih dalam jumlah yang cukup (tiga liter per hari). Nah, untuk menyiasatinya, Anda bisa membawa botol air saat bepergian; atau justru diletakkan di atas meja kerja. Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan beragam aplikasi pengingat di smartphone.

 

6. Jangan Lupakan Suplemen

Ilustrasi: www.healthandfitnesssociety.com

Jika makan menjadi hal yang tidak memungkinkan, Anda bisa mengonsumsi suplemen untuk menunjang asupan nutrisi dalam tubuh. Namun, jangan jadikan suplemen ini makanan pengganti, ya. Anda harus tetap menyempatkan makan sesibuk apa pun. Jangan lupa, imbangi juga dengan makanan yang mengandung gizi seimbang, seperti buah dan sayuran.

 

Baca juga:

 

7. Stok Makanan

Ilustrasi: www.cnbc.com

Selalu sediakan camilan atau stok makanan apa pun dalam tas maupun meja kerja. Adapun usahakan stok makanan ini tetap sehat dan mengandung banyak nutrisi, ya.

Previous Article
5 Kombinasi Madu Ini Bisa Mempercepat Penurunan Berat Badan, Lho!
5 Kombinasi Madu Ini Bisa Mempercepat Penurunan Berat Badan, Lho!

Memiliki beragam manfaat, madu banyak dikonsumsi untuk segudang tujuan. Tidak terkecuali, menurunkan berat ...

Next Article
Doyan Mi Instan? Yuk, Datangi Sepuluh Kedai Berikut!
Doyan Mi Instan? Yuk, Datangi Sepuluh Kedai Berikut!

Dingin-dingin paling enak makan mi instan. Kalau malas buat sendiri, datang aja ke delapan kedai berikut!

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More