Jalan-jalan ke Semarang, Jangan Lupa Menjajal Kulinernya, Ya!

November 24, 2017 Chatarina Komala

Dalam waktu dekat, apakah Anda memiliki rencana berkunjung ke Semarang? Nah, selain lanskap kota yang indah, Semarang juga punya beberapa kuliner khas dan pusat makan yang ikonis, lho. Dijamin menggoyang lidah dan melengkapi liburan Anda.

Lalu, apa saja, sih, kuliner yang wajib dicoba saat berada di Semarang? Berikut adalah beberapa rekomendasinya.

 

Baca juga:

 

1. Pasar Semawis

Foto: www.beritagar.id

Digelar ketika malam datang, Pasar Semawis--disebut juga dengan Warung Semawis--buka setiap hari Jumat, Sabtu, dan Minggu. Anda bisa mengunjunginya mulai pukul enam sore hingga tengah malam. Adapun lokasinya ada di sepanjang Gang Warung, Semarang.

Sebetulnya, Pasar Semawis mirip dengan pasar malam biasa. Saat Matahari beranjak turun, deretan jalan di sana akan dipenuhi oleh beragam kedai maupun warung tenda kuliner khas. Begitu masuk, Anda akan melihat dan mencicipi ragam masakan khas Nusantara dan oriental, mulai dari nasi ayam, es puter, lumpia, sate, hingga steamboat. Tidak cuma itu, Pasar Semawis juga menjual aneka mainan anak-anak, pakaian, serta aksesori lain.

Hanya saja, bagi Anda yang beragama Islam, wajib sedikit berhati-hati. Pasalnya, tidak jarang makanan yang dihasilkan berbahan dasar babi.

 

2. Lekker Paimo

Foto: www.myfunfoodiary.com

Kendati hanya berwujud lapak kaki lima, Lekker Paimo merupakan satu jajanan legendaris di Kota Semarang, lho. Buktinya, banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang sengaja mampir ke sana; untuk sekadar mencicipi camilan yang satu ini. Bahkan, tidak jarang antreannya pun mengular.

Anda dapat mengunjungi Lekker Paimo di Jalan Karanganyar No. 37, Semarang. Jam bukanya, mulai dari hari Snein hingga Sabtu; pukul sembilan hingga tujuh malam. Adapun berdiri sejak tahun 1978, Lekker Paimo memiliki beragam rasa dan topping, mulai yang standar seperti cokelat atau keju, hingga telur sosis, tuna keju, keju abon, sosis mozzarella, dan masih banyak lagi.

 

Baca juga:

 

3. Asem-asem Koh Liem

Ilustrasi: www.tripadvisor.co

Berjarak beberapa meter dari Lekker Paimo, Anda dapat langsung mendaratkan kaki menuju sebuah rumah makan dengan plang “Asem-asem Koh Liem. Satu menu yang populer di sana; yakni asem-asem.

Perihal rasa, sebetulnya asem-asem mirip dengan garang asam. Perbedaan ada pada potongan daging sapi yang dicelupkan ke dalam kombinasi kuah manis dan asam yang menyegarkan. Nah, sebagai informasi, rasa asam pada kuah tercipta dari campuran belimbing wuluh dan tomat. Adapun selain asem-asem, beberapa menu yang wajib coba, yakni Kikil Lombok Ijo, Lontong Opor, Bandeng Sarden, dan lain sebagainya.

 

 

Previous Article
Doyan Mi Instan? Yuk, Datangi Sepuluh Kedai Berikut!
Doyan Mi Instan? Yuk, Datangi Sepuluh Kedai Berikut!

Dingin-dingin paling enak makan mi instan. Kalau malas buat sendiri, datang aja ke delapan kedai berikut!

Next Article
Saatnya Berburu Mangga-Alpukat, Produk Holtikultura Asal Pasuruan!
Saatnya Berburu Mangga-Alpukat, Produk Holtikultura Asal Pasuruan!

Kini, enggak perlu lagi repot-repot mengupas untuk menikmati buah mangga. Toh, Anda bisa makan mangga jenis...

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More