Saatnya Berburu Mangga-Alpukat, Produk Holtikultura Asal Pasuruan!

November 24, 2017 Chatarina Komala

Foto: www.bukalapak.com

Nama “mangga-alpukat” sebenarnya disematkan bukan karena buah ini merupakan kombinasi keduanya. Toh, bentuk dan rasanya tetap sama seperti mangga pada umumnya, kok. Perbedaan hanya ada pada cara mencicipi isi buahnya.

Adapun mangga-alpukat ini merupakan satu produk holtikultura asal Kabupatan Pasuruan, Jawa Timur. Sebenarnya, varietas mangga gadung klonal 21 ini bukanlah hal baru dan sudah dikembangkan sejak tahun 1994. Hanya saja, buah ini baru saja dipatenkan dan diakui sebagai buah asli Kabupaten Pasuruan oleh Kementerian Pertanian di tahun 2016 lalu.

 

Baca juga:

 

Datang Langsung ke Pasuruan

Bagi Anda yang tertarik, bisa langsung datang ke Kecamatan Rembang, Pasuruan untuk mencicipi mangga-alpukat ini. Pasalnya, bisa dikatakan jenis buah ini langka dan hanya bisa ditemukan di Pasuruan. Belum lagi, soal masa panen yang berkisar antara tiga hingga empat bulan per tahun.

Di sana, Anda akan menemukan lahan buah seluas empat ribu hektare; dengan 100 hingga 120 pohon produktif per hektarenya. Satu pohonnya, bisa menghasilkan 70 kilogram buah mangga. Adapun memiliki bentuk dan rasa mangga, cara makan buah ini dikatakan mirip seperti alpukat.

 

Foto: www.wow.tribunnews.com

Alih-alih mengupas kulitnya; yang perlu Anda lakukan hanyalah memotong bagian tengahnya, lalu memutarnya. Seperti alpukat; secara otomatis cara ini akan membuat bijinya terpisah dengan bagian buah yang lain. Selanjutnya, cukup ambil sendok dan menikmati buahnya serupa alpukat.

 

Baca juga:

 

Oh ya, satu kilo mangga-alpukat dibanderol dengan harga Rp35 ribu (jika dibeli langsung dari petani) dan Rp60 ribu hingga Rp70 ribu di pasar atau toko besar lainnya. Soal rasa, mangga-alpukat ini dijamin manis dan menyegarkan. Selain itu, ukurannya juga lebih besar dan berdaging tebal. Bagaimana? Tertarik untuk mencoba?

Previous Article
Jalan-jalan ke Semarang, Jangan Lupa Menjajal Kulinernya, Ya!
Jalan-jalan ke Semarang, Jangan Lupa Menjajal Kulinernya, Ya!

Berkunjung ke Semarang bukan hanya soal menikmati keindahan kotanya. Jangan lupa, Semarang juga punya beber...

Next Article
Lima Fakta Unik Chicken Wings yang Harus Anda Ketahui!
Lima Fakta Unik Chicken Wings yang Harus Anda Ketahui!

Nikmat disantap sebagai camilan, berikut lima fakta unik chicken wings yang dapat Anda ketahui.

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More