Musim Hujan, Yuk, Jaga Kesehatan!

November 15, 2017 Chatarina Komala

Memasuki penghujung tahun, tidak heran jika hujan terus menerus mengguyur daerah Anda. Jika tidak siap menjaga kesehatan, tubuh jadi rentan terserang flu atau penyakit musiman lain. Itu sebabnya, tubuh perlu asupan vitamin dan banyak zat gizi lainnya.

Nah, agar daya tahan tubuh enggak lemah, penting untuk melengkapi badan dengan asupan gizi yang cukup. Berikut adalah beberapa menu makanan sehat yang bisa Anda konsumsi di musim hujan.

 

Baca juga:

 

1. Yoghurt

Ilustrasi: www.weightloss.com.au

Bentengi tubuh Anda dari penyakit dengan mengonsumsi yoghurt--setidaknya 2 ons per hari. Adapun yoghurt mengandung bakteri sehat yang menjaga usus dan salurannya dari penyakit akibat bakteri maupun kuman.

 

2. Madu dan Jahe

Ilustrasi: www.myfussyeater.com 

Kombinasi keduanya bisa sangat baik untuk melawan dua penyakit “musim hujan” seperti sakit tenggorokan dan flu.

 

3. Oatmeal

Ilustrasi: www.jennycraig.com

Kandungan serat khusus, yakni beta-glucan dalam oatmeal berfungsi sebagai antioksidan dan antimikroba. Nah, mengonsumsi oatmeal secara rutin, misalnya di pagi hari--bisa mencegah tubuh dari kerusakan sel akibat mikroorganisme.

 

4. Ikan

Ilustrasi: www.wikihow.com

Selain protein, ikan mengandung selenium. Selenium inilah yang lantas membantu sel darah putih dalam memproduksi sitokin; protein yang mampu “membersihkan” tubuh dari virus flu.   

 

5. Daging Sapi

Ilustrasi: weknowyourdreams.com

Kandungan zink (seng) dalam daging sapi membantu perkembangan sel-sel darah putih. Adapun orang yang memiliki cukup sel darah putih cenderung lebih kuat terhadap infeksi.

 

6. Ubi Jalar

Ilustrasi: www.nova.grid.id

Ubi jalar kaya akan vitamin A yagn membantu membangun jaringan ikat kulit. Sebagai informasi, jaringan ini merupakan pertahanan pertama yang membantu memerangi infeksi bakteri.

 

7. Buah dan Sayuran

Ilustrasi: www.iquitsugar.com

Musim hujan, ada baiknya Anda memperbanyak konsumsi buah dan sayuran. Khususnya, yang memiliki kandungan tinggi antioksidan dan vitamin C. Adapun keduanya penting untuk menambah sistem kekebalan tubuh, serta membantu kulit tetap sehat.

 

8. Teh

Ilustrasi: www.smallbiztrends.com

Orang-orang yang biasa minum lima cangkir teh hitam per hari (selama dua minggu) terbukti sepuluh kali lebih kuat melawan virus ketimbangyang tidak. Sementara itu, konsumsi teh hijau membantu tubuh mendapatkan asupan antioksidan yang mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan membantu proses detoksifikasi.

 

Baca juga:

 

9. Sup Ayam

Ilustrasi: www.marthastewart.com

Sup ayam, kerap dijadikan makanan utama ketika seseorang terkena flu. Adapun sup ayam terbukti mampu membersihkan hidung tersumbat dan mengurangi lendir; serta memiliki agen antiinflamasi.

 

Previous Article
Lima Fakta Unik Chicken Wings yang Harus Anda Ketahui!
Lima Fakta Unik Chicken Wings yang Harus Anda Ketahui!

Nikmat disantap sebagai camilan, berikut lima fakta unik chicken wings yang dapat Anda ketahui.

Next Article
Tidak Lagi Mengonsumsi Nasi Bikin Orang Lebih Sehat?
Tidak Lagi Mengonsumsi Nasi Bikin Orang Lebih Sehat?

Jika dikonsumsi dalam jumlah banyak, bisa memicu beberapa penyakit, salah satunya diabetes. Namun, apakah t...

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More