Mampir di Sembilan Toko Roti Legendaris Jakarta

November 6, 2017 Chatarina Komala

Setiap kali menginjakkan kaki di mal Jakarta, Anda mungkin bisa dengan mudah menemukan toko roti dan pastry modern. Beberapa di antaranya, bahkan tampil dengan gerai yang begitu cantik dan menarik mata. Jajaran roti dan kue cantik ditata dengan apik di balik etalase. Anda, hanya perlu menunjuk atau mengambil sendiri pilihan roti yang diinginkan.

Situasi serupa, juga pernah terjadi puluhan tahun lalu. Kendati bukan makanan asli Indonesia, bukan berarti peminat roti sedikit. Buktinya, bisa Anda lihat dari beragam toko roti jadul yang masih bertahan hingga kini. Umumnya, toko roti tersebut menyajikan varian roti rumahan dengan resep autentik dan bebas pengawet.

Beruntung, Anda masih bisa, kok, menjumpai dan mengunjungi beberapa toko roti legendaris di Jakarta. Apa saja?

 

Baca juga:

 

1. Toko Roti Ny. Ali

Foto: www.intisari.grid.id

Telah ada sejak tahun 1969, Toko Roti Ny. Ali masih bisa bertahan di tengah gempuran kedai bakery modern. Adapun dua produk yang populer di sana, yakni kue mangkok dan lemper.

Nah, seperti toko roti jadul apda umumnya, produk yang dijual merupakan homemade. Itu artinya, kualitas bahan, rasa, hingga keamanan dan kebersihan terjamin. Anda bisa menjumpai lebih dari 60 jenis kue di toko legendaris yang satu ini.

 

2. Lauw Bakery

Foto: web.kota.com

Anda mungkin tidak asing dengan produk Lauw Bakery yang sering kali dijajakan menggunakan gerobak. Nah, Anda bisa mengunjungi pusat bakery yang sudah ada sejak tahun 1970-an ini di daerah Fatmawati.

 

3. Suisse Bakery

Foto: www.tripadvisor.com

Bergeser ke kawasan Hayam Wuruk, Anda bisa menjumpai beberapa toko roti jadul. Salah satunya, Suisse Bakery. Di sana, terdapat beragam produk bakery, seperti aneka roti hingga kue kering. Tidak hanya itu, suasana di kedai ini pun tidak berubah dari waktu ke waktu.

 

4. Sakura Anpan  

Foto: www.gustatorica.blogspot.co.id

Sakura Anpan, terletak di Jalan KH Agus Slaim, No. 25 - 25A, Menteng. Di sana, Anda bisa menemukan banyak produk roti, dessert, dan kue homemade yang lezat dan autentik. Adapun salah satu produk yang populer di sana, yakni Black Forest Tart.

Satu hal yang menarik, pemilik Sakura Anpan tidak pernah menjual kembali kue sisa. Jadi, mereka akan membagikan kue yang tidak terjual kepada pengemis, tukang parkir, hingga yatim piatu yang berada tidak jauh dari lokasi toko.

 

5. Okky Bakery

Foto: www.klasika.kompas.id

Kendati telah ada sejak tahun 1975, konsep toko jadul mungkin tidak akan Anda temukan di Okky Bakery. Bertempat di sebuah ruko dengan minimarket, toko roti yang satu ini mengikuti perkembangan zaman dengan bantuk yang lebih modern.

Namun, jangan khawatir. Perihal rasa, produk kue dan roti yang dijajakan tetap sama, kok. Anda bisa menjajal aneka tart, lapis legit, es krim homemade, hingga jajanan pasar yang rasanya masih autentik.

 

6. Toko Roti Tegal

Foto: www.foody.id

Toko Roti Tegal, telah ada di kawasan Matraman sejak tahun 1970. Sama seperti rupa bangunan yang masih klasik, toko roti ini juga menjajakan produk kue dan roti yang tidak kalah jadul. Adapun beberapa produk yang dijual di Toko Roti Tegal meliputi tart, lapis legit, lapis Surabaya, hingga aneka jajanan pasar.

 

7. Sanitas Bakery

Foto: www.opensnap.com

Pertama kali hadir di Semarang ssejak tahun 1920, beberapa waktu lalu, Sanitas Bakery membuka cabangnya di Jakarta. Di sana, Anda dapat menemukan lebih dari 40 jenis roti dan ratusan makanan lain; meliputi kue kering, jajanan pasar, cake dan pastry, puding, hingga minuman dengan resep jadul.

 

8. Moison Benny

Foto: www.klikhotel.com

Bertandang ke Jalan Cikini Raya, tidak ada salahnya Anda berkunjung ke salah satu toko kue legendaris di Jakarta, Moison Benny. Kabarnya, toko kue ini sudah berdiri sejak tahun 1957, lho. Enggak heran, jika Moison Benny punya banyak pelanggan setia.

 

Baca juga:

 

9. Maison Weiner

Foto: www.gastronomyaficionado.files.wordpress.com

Toko roti ini pertama kali didirikan oleh Ny Gem (Lee Liang Mey) di tahun 1932. Tidak heran, bertempat di bilangan Senen, nuansa jadul sudah kentara lewat bangunannya yang lawas. Adapun bertahan hingga kini, Maison Weiner tetap mempertahankan kreasi cake legendaris khas Eropa, seperti Ontbijtkoek hingga Rollade Mocca Botercreme.

   

Previous Article
Siap-siap Ketagihan Makan Varian Nugget Pisang Jakarta Berikut!
Siap-siap Ketagihan Makan Varian Nugget Pisang Jakarta Berikut!

Nugget ayam atau sayur, sudah biasa. Bagaimana dengan nugget pisang?

Next Article
Siasati ‘Lapar Mata’ dengan Tiga Trik Berikut!
Siasati ‘Lapar Mata’ dengan Tiga Trik Berikut!

Sudah olahraga hingga minum obat pelangsing, mengapa berat badan tidak kunjung turun? Jangan-jangan, masala...

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More