Nikmat Disantap Saat Musim Hujan, Inilah Sembilan Fakta Mi Instan yang Harus Anda Ketahui!

October 31, 2017 Chatarina Komala

Semangkuk mi instan tersedia di hadapan. Kepulan asapnya menguarkan wangi gurih yang mendongkrak nafsu makan. Di Indonesia (atau barangkali di seluruh dunia), mi instan adalah makanan sejuta umat. Selain murah, cara membuatnya juga praktis. Cukup merebusnya di dalam panci berisi air mendidih, lalu tunggu hingga lunak. Langkah terakhir, campur mi instan dengan bumbu yang tersedia.

Namun, tahukah Anda—di balik segala kepraktisan, pun “bahaya” yang terdapat di dalamnya, mi instan punya sejumlah fakta unik yang penting untuk diketahui. Apa saja?

 

Baca juga:

 

1. Dibuat dari Terigu Sisa

Ilustrasi: www.bogasari.com

 Jenis makanan mi, memang pertama kali dibuat di Tiongkok—sekitar dua ribu tahun yang lalu. Namun, Mamofuku Ando, seorang pria Jepang-lah, yang pertama kali memopulerkan mi instan untuk yang pertama kalinya.

Di tahun 1956, stok terigu di Jepang memang sedang berlimpah. Nah, daripada terbuang sia-sia, ia mulai membuat mi berbahan dasar terigu. Sebagai informasi, mi yang sebelumnya beredar terbuat dari bahan dasar gandum.

Rupanya, Ando tidak ingin membuat mi biasa. Ia ingin membuat mi yang berbeda, lebih enak, praktis, dan murah. Sejak saat itu, mi instan kreasi Ando mulai populer. Bahkan, di Desember 1958, ia berhasil mendirikan perusahaan mi instan pertama dengan nama Nissin Food Industries.

 

2. Barang Mewah 

Ilustrasi: www.thecusp.com.au

Dibanding semangkuk mi yang dijual di banyak kedai, satu kemasan mi instan memang jauh lebih murah. Namun, tahukah Anda—di awal kemunculannya, mi instan adalah benda mewah. Bahkan, pada saat itu (1958), mi instan dibanderol seharga 6 kali mi rebus ayam kedai!

 

3. Penemuan Terbaik

 

Ilustrasi: www.hotel.jalan2.com 

Jepang pantas berbangga menjadi negara yang pertama kali mengeluarkan produk mi instan. Saking bangganya, mereka mendirikan museum khusus mi instan (Cup Noodles Museum) di Osaka, Jepang. Di sana, Anda dapat menyaksikan rangkaian sejarah bahkan membuat sendiri mi instan sesuai selera.

 

4. Konsumsi Terbesar Mi Instan ada di Tiongkok

Ilustrasi: www.livescience.com

Di mana permintaan terbanyak atas produk mi instan? Indonesia atau Jepang?

World Instant Noodles Association mencatat, di tahun 2013, masyarakat Tiongkok mengonsumsi 46.220 juta paket mi instan. Itu sebabnya, menjadi hal yang mudah menemukan penjual mi di sana.

 

5. Bisa Dikonsumsi di Luar Angkasa

Ilustrasi: www.fastcompany.com

Kepopuleran mi instan tidak hanya bisa Anda temukan di Bumi, melainkan di luar angkasa. Kini, para astronot bisa langsung makan mi instan (ramen portabel) di laur angkasa. Hanya saja, pengemasannya agak sedikit berbeda. Mi akan dikemas khusus dalam kemasan antiudara, serta bumbu kaldu akan dibuat khusus sehingga tidak tersebar di ruang hampa udara.

 

6. Air Rebusan Mi Instan Tidak Berbahaya

Ilustrasi: www.foodpleasureandhealth.com

Banyak pendapat mengungkapkan, air rebusan mi instan sangat berbahaya dan seharusnya tidak boleh digunakan. Padahal, air rebusan itu sebenarnya mengandung banyak zat gizi seperti vitamin A, zinc, hingga zat besi.  

 

7. Styrofoam Pembungkus Mi Instan Tidak Beracun

Ilustrasi: www.lifehacker.com.au

Jangan terlampau khawatir saat makan mi instan dalam cup berbahan styrofoam. Pasalnya, kemasan ini aman, kok. Styrofoam wadah mi instan telah melewati sejumlah pengujian dan memenuhi sejumlah syarat, mulai dari BPOM dan Kementrian Lingkungan Jepang. Proses produksinya juga telah melewati pressing yang ketat, sehingga molekul dalam Styrofoam tidak rontok atau larut bersama mi saat diseduh air panas.

 

Baca juga:

 

8. Kandungan MSG yang Tinggi

Ilustrasi: en.wikipedia.org

Mi instan mengandung monosodium glutamat (MSG) dalam kadar yang cukup tinggi. Terlalu sering mengonsumsi mi instan akan berdampak pada sejumlah gejala seperti alergi, sakit kepala, sesak napas, dan iritasi.

 

9. Buatan Orang Selalu Lebih Enak

Ilustrasi: www.crazfood.com

Inilah satu fakta unik sekaligus misteri yang belum terpecahkan. Kendati bahan dan tahapannya sama, rasa mi instan buatan warung kopi tentu lebih nikmat daripada bikinan sendiri. Anda setuju?

Ilustrasi: www.bogasari.com

Previous Article
Siasati ‘Lapar Mata’ dengan Tiga Trik Berikut!
Siasati ‘Lapar Mata’ dengan Tiga Trik Berikut!

Sudah olahraga hingga minum obat pelangsing, mengapa berat badan tidak kunjung turun? Jangan-jangan, masala...

Next Article
Yuk, Coba Delapan Kreasi Camilan Halloween Berikut!
Yuk, Coba Delapan Kreasi Camilan Halloween Berikut!

Bersiap untuk menggelar acara Halloween party? Yuk, coba delapan resep camilan berikut!

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More