Sudah Tepatkah Cara Anda Menyantap Ramen?

October 26, 2017 Chatarina Komala

Siapa yang hendak mengingkari kelezatan semangkuk ramen berkuah kental?

Apalagi saat disantap di cuaca dingin. Racikan bumbu yang gurih dari kuah yang panas memang lezat saat disantap hangat-hangat. Beruntung, meski berasal dari Jepang—kini Anda bisa menemukan banyak varian menu ramen dengan mudah, pun dengan pilihan topping maupun saus yang beragam.

Kendati demikian, apakah selama ini cara Anda menyantap ramen sudah benar? Nah,  agar cita rasa semakin lengkap, berikut adalah beberapa cara menyantap ramen yang bisa Anda ikuti.

 

1. Yuk, Pilih Topping!

Ilustrasi: www.seriouseats.com 

Jangan asal makan ramen polos. Supaya sensasi rasa yang Anda dapatkan bertambah, cobalah beberapa topping seperti ayam, daging, telur, keju, dan masih banyak lagi. Di sisi lain, menyantap ramen tampa topping juga akan membuat tampilannya jadi tidak menarik dan terasa hambar.

 

2. Pilihan Saus

Ilustrasi: www.rachelschultz.com 

Campur semangkuk ramen dengan pilihan saus sesuai selera. Ada saus miso, sambal, cuka, hingga kari Jepang. Pilih yang mana?

 

3. Kuah yang Utama

Ilustrasi: Pinterest

Ini yang paling penting. Bagaimanapun, kelezatan ramen terletak pada cita rasa kuahnya yang menggugah. Sebelum siap menikmati keseluruhan hidangan, ada baiknya Anda mencicipi kuah dari pinggir mangkuk atau menggunakan sendok. Usahakan jangan mengaduknya terlebih dulu. Sebab, jika kuahnya sudah terasa lezat, bisa dipastikan keseluruhan isi ramen pun enak.

Tidak perlu khawatir dengan kuah yang panas. Harus diketahui, justru pada saat itulah ramen ada dalam kondisi terbaik untuk disantap. Adapun Anda bisa menyiasati panas dengan meniup ramen; tetapi jangan sampai terlalu dingin, ya.

 

4. Makan Sedikit-sedikit

Ilustrasi: /www.ichibansushi.co.id

Mengaduk dan mencampur ramen, mungkin adalah cara paling mudah untuk menikmati hidangan ini. Namun, terlalu sering mengaduk hanya akan membuat sensasinya berkurang. Sebagai gantinya, Anda bisa menyantap ramen perlahan, dengan mengambilnya sedikit demi sedikit, lalu mencelupkan mi ke dalam bumbu ramen di mangkuk.

 

5. Slurping…

Ilustrasi: www.okinawa.stripes.com

Ada satu ciri khas saat menyantap ramen. Anda “diharuskan” menyeruput mi dalam sekali tarik, hingga menimbulkan bunyi sluuurp…

Teknik slurping sendiri dinilai merupakan cara terbaik menikmati ramen. Hindari pula menggigit mi atau membuatnya patah. Anda bisa mengunyahnya sekaligus untuk merasakan tekstur mi yang kenyal. Itu sebabnya, makan ramen harus pelan-pelan, ya.

 

6. Habiskan Hingga Tidak Bersisa

Ilustrasi: www.seattlepi.com

Nah, jika ramen sudah habis, bukan berarti “petualangan” Anda menyantap hidangan ini telah berakhir, ya. Habiskan ramen tanpa sisa dengan meminum bumbu kaldu langsung dari mangkuk. Adapun menghabiskan ramen tanpa sisa juga menjadi cara untuk “menghormati” chef yang telah membuatnya.

 

Previous Article
Yuk, Coba Delapan Kreasi Camilan Halloween Berikut!
Yuk, Coba Delapan Kreasi Camilan Halloween Berikut!

Bersiap untuk menggelar acara Halloween party? Yuk, coba delapan resep camilan berikut!

Next Article
12 Minuman Pearl-Bubble Segar yang Mendongkrak Mood Anda
12 Minuman Pearl-Bubble Segar yang Mendongkrak Mood Anda

Daripada bersungut-sungut karena suasana hati buruk, ada baiknya mendatangi 12 outlet minuman pearl-bubble ...

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More