Selalu Ingin Mengunyah Makanan? Jangan-jangan Anda Cuma Lapar Mata

July 24, 2017 Chatarina Komala

Pernah merasa ingin terus-terusan mengunyah makanan? Jangan dituruti, ya. Pasalnya, alih-alih lapar sungguhan, bisa jadi Anda cuma lapar "mata". 

Ada beragam faktor pemicu lapar mata. Biasanya, kebiasaan ini muncul saat Anda sedang stres, kurang makan akibat program diet, atau justru selintas melihat gambar makanan. Jika dibiarkan, kebiasaan ini bukan hanya mengempiskan kantong, melainkan juga meningkatkan risiko obesitas. 

Bahaya lapar mata lantas dijelaskan oleh sebuah penelitian. Hasil menunjukkan, mereka yang makan atau nyemil hanya karena tergiur iklan/stres, memiliki kecenderungan untuk gemuk  34% lebih cepat. Adapun keberadaan "lapar mata" dikuatkan oleh argumen penulis Eating Mindfully, Susan Albers, Psy.D, yang membagi rasa lapar menjadi dua kategori. Pertama, lapar sungguhan (fisik--physical hunger) dan "lapar mata" (emosional--emotional hunger). 

Secara lebih khusus, berikut adalah empat penyebab umum kondisi lapar mata. 

(Baca juga: Ga Harus Lapar Kalau Mau Langsing, Justru Harus Konsumsi 10 Item Ini​)

1. Iklan 

Ilustrasi: www.wisegeek.com

Entah dalam bentuk iklan maupun melihat langsung, sebagian orang umumnya akan merasa lapar jika melihat makanan. Apalagi, jika makanan itu hadir dalam bentuk dan wangi yang menggoda. 

2. Pengaruh Diet Ketat

Ilustrasi: www.thehealthsite.com

Ada salah kaprah tentang diet, yang mewajarkan lapar sebagai akibat dari kurangnya jumlah asupan makanan ke tubuh. Padahal, seseorang yang lapar cenderung ingin mengonsumsi makanan dalam jumlah yang banyak, lho. 

Jika sudah begini, penting untuk memastikan proses diet yang Anda jalani, benar-benar aman dan nyaman bagi tubuh. Tidak perlu melakukan diet ekstrem dengan hanya mengonsumsi sedikit makanan. 

3. Latihan Kardio Berintensitas Sedang

Ilustrasi: www.dailyburn.com

Latihan kardiovaskular, dikenal sebagai satu cara ampuh mengurangi berat badan sekaligus menekan nafsu makan. Namun, sebuah penelitian yang digagas baru-baru ini menunjukkan, latihan kardiovaskular berintensitas sedang, justru bisa membuat Anda merasa lebih lapar. Adapun jenis latihan ini, misalnya berjalan di treadmill selama beberapa jam.

4. Kurang Tidur

Ilustrasi: www.ndtv.com

Setidaknya, satu penelitian yang dimuat dalam Journal of Sleep Research menemukan, tidak cukup tidur akan memicu tubuh memproduksi lebih banyak ghrelin. Ghrelin sendiri, dikenal sebagai satu hormon yang memicu meningkatnya nafsu makan seseorang. 

(Baca juga: Minum Ini Bantu Berat Badanmu Turun Beberapa Kilo)

Cara Mengatasi Lapar Mata 

Nah, setelah mengetahui penyebabnya, berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkan kebiasaan “lapar mata”.

1. Minum Banyak Air

Ilustrasi: www.rodalesorganiclife.com

Setidaknya, beberapa studi membuktikan, tubuh kerap kali menyalahartikan sinyal haus sebagai lapar. Itu sebabnya, untuk memastikan Anda benar-benar lapar atau tidak, cobalah untuk minum air putih terlebih dulu. Jika rasa lapar masih ada, itu tandanya tubuh benar-benar butuh asupan makanan. 

2. Jangan Nyemil Tidak Sehat

Ilustrasi: www.listcrux.co 

Camilan memang perlu. Namun, jika Anda terbiasa menyimpan makanan ringan dan cenderung makan ketika sudah lapar, hal ini bisa sangat berbahaya. Apalagi, jika snack yang Anda miliki termasuk dalam golongan camilan berbahaya (contoh: keripik, cokelat, wafer, dsb).

Cara terbaik untuk menghindari hal ini, adalah dengan menjauhkan seluruh camilan tidak sehat dari Anda. Nah, ketika lapar melanda, cobalah untuk tidak langsung makan, melainkan minum air putih.  

3. Porsi Kecil

Ilustrasi: www.healthcomu.com

Bagi sebagian orang, "lapar mata", memang bukanlah sesuatu yang mudah ditaklukan. Nah, jika sudah begini, ada baiknya untuk mengubah porsi makan Anda menjadi lebih kecil dan sedikit.

Saat lapar melanda, Anda tentu saja dapat menyantap makanan. Namun, hindari makan dalam porsi banyak. Tidak apa, jika frekuensinya jadi lebih sering. 

4.  Mengunyah Pelan-pelan

Ilustrasi: www.express.co.uk

Ada kalanya, rasa lapar yang menjadi membuat Anda begitu tergesa menyantap makanan. Padahal, buru-buru mengunyah makanan justru bikin Anda jadi tambah lapar, lho. 

Solusinya, bisa dengan mengunyah makanan pelan-pelan (lebih dari sepuluh kali). Selain membantu proses penyerapan makanan oleh tubuh, cara ini juga dapat "mengaktifkan" reseptor kenyang, sehingga Anda jadi tidak mudah lapar.

5. Jaga Kebersihan Gigi

Ilustrasi: www.mirror.co.uk

Biasanya, Anda jadi enggan makan saat gigi telah bersih. Nah, senantiasa menjaga kebersihan gigi bisa menjadi satu cara untuk mengatasi lapar mata. Jika perlu, Anda dapat menambahkan jadwal sikat gigi, di siang hari. 

6. Sediakan Permen Rendah Kalori

Ilustrasi: www.confectionerynews.com

Alih-alih mencari camilan atau justru makan berat, Anda bisa "meredakan" lapar mata dengan menyimpan stok permen rendah kalori.

7. Konsumsi Sayuran 

Ilustrasi: www.dole.com

Jika rasa lapar tidak tertahankan, dan Anda memang benar-benar ingin makan sesuatu, ada baiknya pilih menu sayur. Ini dapat berupa salad atau justru buah segar. Adapun selain sehat, sayur dan buah juga rendah kalori. 

8. Hindari Makanan Pedas

Ilustrasi: wwws.fitnessrepublic.com

Katanya, rasa pedas bisa meningkatkan nafsu makan, lho. 

Meski belum ada sejumlah penelitian yang membuktikan, ada baiknya untuk menghindari konsumsi makanan pedas, ya. 

9. Cari Kesibukan

Ilustrasi: www.today.com

Terlalu banyak waktu luang, secara tidak langsung membuka "peluang" untuk memikirkan rasa lapar. Untuk mencegahnya, cobalah isi waktu luang dengan beragam kegiatan bermanfaat, seperti olahraga, membuat kerajinan, atau membaca buku.

(Baca juga: 20 Makanan Ini Anda Makan Bukan Karena Lapar!​)

10. Sarapan

Ilustrasi: www.onnit.com

Alih-alih mengurangi berat badan, aktivitas dengan perut kosong justru akan membuat Anda sangat lapar dan mengonsumsi banyak makanan. Sarapan sendiri penting terutama untuk menjaga nafsu dan porsi makan Anda.

 

Previous Article
Menikmati Lezatnya Quiche di Sepuluh Restoran Berikut!
Menikmati Lezatnya Quiche di Sepuluh Restoran Berikut!

Ketimbang jauh-jauh pergi ke Prancis untuk mencicipinya, berikut adalah sepuluh restoran di Indonesia yang ...

Next Article
Tetap Sehat Makan Fast Food
Tetap Sehat Makan Fast Food

Selama ada batasan dan pengaturan yang jelas, rasanya makan di restoran fast food sah-sah saja, kok.

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More