Tetap Sehat Makan Fast Food

July 20, 2017 Chatarina Komala

Rutinitas padat, kerap kali menjadi penyebab mengapa orang memilih makan di restoran fast food. Apalagi, faktor rasa dan harga yang "ramah", menyebabkan makanan jenis ini tidak juga kehilangan peminat. Sayang, banyak orang berpikir, terlalu banyak mengonsumsi fast food tidaklah baik bagi kesehatan.

Selama ada batasan dan pengaturan yang jelas, rasanya makan di restoran fast food sah-sah saja, kok. Bahkan, Anda tetap dapat menjaga berat badan dan kesehatan. Lantas, bagaimana caranya?

(Baca juga: Antirepot Makan di 15 Restoran Fast Food Berikut! )

1. Porsi Kecil

Ilustrasi: www.healthguru.sg

Bukan hanya menghemat uang, memilih porsi kecil juga "membatasi" konsumsi makanan Anda; terutama yang mengandung banyak kalori, lemak, dan garam.

2. Makanan Sehat 

Ilustrasi: 1zoom.net

Alih-alih memesan burger, ayam, dan kentang goreng, cobalah pilih menu salad atau sup yang menyehatkan. Selain itu, ada baiknya mengganti menu roti putih (sandwich atau burger) dengan roti gandum. Adapun cara ini bisa membantu mengurangi asupan kalori dalam tubuh Anda.

Apa pun yang Anda pilih, pastikan menu makanan tersebut cukup serat dan protein tinggi. Hindari menu makanan yang digoreng dan mengandung tepung. Sebagai gantinya, Anda bisa memesan menu makanan yang dipanggang, serta mengandung banyak sayuran/buah-buahan.

3. Hindari Makanan dengan Lemak Trans  

Ilustrasi: www.myhealthylivingcoach.com

Meski secara alamiah ada dalam daging dan produk susu, terlalu banyak mengonsumsi lemak trans bisa sangat berbahaya bagi kesehatan. Apalagi, banyak restoran fast food yang menggunakan lemak trans buatan (campuran minyak sayur cair dan hidrogen). Risikonya, bisa mencakup penyakit jantung, stroke, hingga diabetes tipe dua. 

Agar tetap sehat, United States Department of Agriculture (USDA) menyarankan untuk tetap membatasi konsumsi lemak trans, kurang dari dua gram per hari. Itu sebabnya, walaupun Anda sedang berada di restoran fast food, hindari memesan makanan yang digoreng.

Nah, jika Anda membeli menu ayam goreng, sisihkan bagian kulit. Bagaimanapun, di sanalah kandungan lemak paling banyak. Pilih pula bagian dada, lalu tambahkan menu pendamping sehat seperti salad. 

Kupon Beli 1 Gratis 1 Domino's Pizza

 

4. Sedikit Asupan Garam

Ilustrasi: www.readersdigest.ca

Anda mungkin belum menyadari, berapa besar kandungan garam dalam menu burger, ayam, maupun kentang goreng. Mayoritas fast food umumnya mengandung 1.500 mg sodium di tiap sajian. Jumlah ini tentu berbahaya, mengingat The American Heart Association menyarankan, konsumsi garam bagi orang dewasa haruslah di bawah 1.500 mg per hari. 

5. Air Putih atau Jus 

Ilustrasi: www.drlorishemek.com 

Sudah jadi pengetahuan umum, banyak restoran fast food melengkapi menu mereka dengan soda atau jenis minuman lain yang tinggi gula serta kalori. Bahkan, ada kalanya Anda juga tergiur untuk mengubah ukuran (up size) menjadi lebih besar. 

Nah, mulai sekarang, cobalah untuk mengganti soda dengan air mineral, atau setidaknya jus jeruk yang banyak disediakan. Hindari pula memesan minuman yang mengandung krim, seperti milkshake.

6. Perhitungkan Jenis Menu

Ilustrasi: www.blavity.com

Makan fast food memang nikmat. Namun, jangan sampai membuat Anda lupa soal "risiko" di dalamnya, ya. Misalnya, saat memilih satu set menu burger. Meskipun ada pilihan double patty atau double cheese, sebaiknya pilih ukuran single dengan jenis minuman jus/air putih.

7. Jangan Terlalu Sering

Ilustrasi: www.rnblog.rockwellnutrition.com

Praktis dan nikmat, menjadi kelebihan fast food yang disukai banyak orang. Namun, terlalu sering mengonsumsinya bisa berdampak negatif bagi kesehatan. Nah, ada baiknya untuk mengimbangi konsumsi fast food dengan jenis makanan sehat lainnya.

 

(Baca juga: Ketika Restoran Fast Food Merambah Bisnis Kecantikan )

8. Makan Perlahan

Ilustrasi: www.huffpost.com

Meski Anda menyukainya, hindari makan terburu-buru. Kunyahlah secara perlahan, dengan tujuan memberikan waktu pada sistem pencernaan.

 

Previous Article
Selalu Ingin Mengunyah Makanan? Jangan-jangan Anda Cuma Lapar Mata
Selalu Ingin Mengunyah Makanan? Jangan-jangan Anda Cuma Lapar Mata

Pernah merasa ingin terus-terusan mengunyah makanan? Jangan dituruti, ya. Pasalnya, alih-alih lapar sungguh...

Next Article
Berburu Shabu-Shabu di Jakarta Barat
Berburu Shabu-Shabu di Jakarta Barat

Nikmat disantap hangat-hangat, siapa sih yang dapat menolak hidangan khas Jepang ini?

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More