Berburu Shabu-Shabu di Jakarta Barat

July 14, 2017 Chatarina Komala

Nikmat disantap hangat-hangat, siapa sih yang dapat menolak hidangan khas Jepang ini? 

Secara umum, shabu-shabu merupakan satu jenis hidangan Jepang yang dihidangkan dalam panci panas. Isiannya beragam, seperti daging, sayur-mayur, serta beberapa menu pelengkap lain seperti pangsit atau udon. Konon, nama "shabu-shabu" sendiri berasal dari suara yang dikeluarkan sewaktu daging dan sayuran lain diaduk dalam wadahnya.

Agar semakin nikmat, seluruh isian shabu-shabu tadi tidaklah sembarang direbus. Di dalam wadah (biasanya berbentuk panci/pot), isian tersebut direbus bersama kuah kaldu gurih yang telah lebih dulu dididihkan. 

Kini, untuk menikmati itu semua, Anda tidak harus pergi ke Jepang, kok. Di Indonesia--telah banyak restoran shabu-shabu dengan beragam spesialisasi dan variasi. Berikut adalah delapan restoran shabu-shabu yang bisa Anda temukan di Jakarta Barat. 

(Baca juga: Menikmati Masakan Jepang Otentik Sampai Fusion Tanpa Harus Jadi Bokek)

1. Dolar Shop

Foto: www.dolarshop.co.id

Ingin mencicipi langsung rasa shabu-shabu a la Shanghai? 

Dolar Shop bisa jadi satu rekomendasi yang tepat untuk keinginan Anda. Apalagi, melalui 45 outlet-nya yang tersebar di berbagai negara, restoran asal Shanghai ini sudah mendunia, lho. 

Setidaknya ada sembilan pilihan kuah yang bisa Anda nikmati. Ini mencakup original, tonik, tonik jamur, kari, tomat, pedas, ikan spesial, tonik ikan dan ikan pedas. Adapun sebagai isian, Anda bisa menikmati langsung aneka bakso, ikan, cumi, sotong, hingga Australian beef. Selain dibuat sendiri, seluruh bahan tersebut juga disediakan dengan segar dan tentu saja: nikmat.

Dolar Shop

Apartemen Mediterania Gajah Mada, Jl. Gajah Mada 174 Penthouse Tud 16, Gajah Mada.

Hemat 50% makan shabu-shabu untuk 2 orang, cek detailnya di sini:

2. Sichuan Palace

Foto: www.jenzcorner.net

Entah menu all you can eat atau justru a la carte, terdapat empat pilihan kuah--Chicken Soup, Herbal Chicken Soup, Tom Yum Soup, dan Mala Tang--yang bisa Anda nikmati.

Sichuan Palace

Apartemen Mediterania Gajah Mada, Jl. Gajah Mada No. 175, Gajah Mada.

3. Shabukicho

Foto: @shabukicho

Alih-alih berlabel franchise, Shabukicho pada dasarnya merupakan restoran asli buatan Indonesia. Itu sebabnya, harga yang diberikan tergolong ramah dan terjangkau. Untuk paket makan siang all you can eat, misalnya. Anda hanya perlu membayar Rp128 ribu untuk menu Shabukicho Beef dan Rp258 ribu untuk Shabukicho Wagyu.

Shabukicho

Mal Ciputra, Lantai 5,Unit 17 - 18, Jl. Arteri S. Parman, Grogol.

4. Hanamasa

Foto: Open Rice Indonesia 

Dua menu unggulan restoran all you can eat ini, yakni yakiniku dan shabu-shabu. Selain itu, terdapat menu buffet lainnya seperti aneka appetizer hingga dessert, yang bisa Anda coba sampai puas, tentu saja dengan harga terjangkau.

Hanamasa

Mal Taman Anggrek, Lantai 3, Jl. Letjen S. Parman, Slipi.

5. Shabuya

Foto: Detik Food 

Berkonsep all you can eat, restoran Jepang yang satu ini hadir dengan menu utama shabu-shabu, juga pelengkap lain seperti tepanyaki dan beragam side dish. Untuk menu shabu-shabu, Anda bisa memilih dua jenis kuah, yakni kuah kaldu dan sukiyaki (mengandung sake--alkohol). 

Shabuya     

Mal Central Park, Lantai 1, Jl. S. Parman Kav. 28, Slipi.

6. I-tasuki

Foto: www.katalokal.com

Ada dua pilihan kuah yang disediakan oleh I-tasuki, yakni kuah kaldu dan tom yam. Nah, satu kekhasan restoran ini terletak pada bumbu sausnya yang menggugah. Adapun beberapa menu lain yang bisa dicoba, mulai dari sapo tahu hingga ayam Singkawang.

I-tasuki

Mal Central Park, Lower Ground Floor, Jl. Letjen. S. Parman Kav. 28, Slipi.

7. Shabu-Shabu Express

Foto: www.centralparkjakarta.com

Terdapat menu makanan yang bervariasi, mulai dari sushi, donburi, serta paket shabu-shabu dengan porsi yang banyak dan lengkap. Seluruhnya, dilengkapi dengan cita rasa daging yang padat, lezat, dan tidak banyak lemak.    

Shabu-Shabu Express 

Mal Ciputra Lantai 5, Unit 33 A, Jl. Arteri S. Parman, Grogol.

(Baca juga: 5 Restoran Jepang di Jakarta yang Lagi Nge-HITS!)

8. Shabu Tei

Foto: www.foody.id 

Dengan harga cukup terjangkau, setidaknya ada dua menu andalan yang bisa Anda coba, yakni shabu-shabu dan sushi. Untuk menu shabu-shabu, tersedia beragam pilihan saus dan kuah, pun pilihan daging yang memanja lapis lidah. 

Shabu Tei

Mal Puri Indah Lantai 2, Jl. Puri Agung, Puri Indah.

Previous Article
Tetap Sehat Makan Fast Food
Tetap Sehat Makan Fast Food

Selama ada batasan dan pengaturan yang jelas, rasanya makan di restoran fast food sah-sah saja, kok.

Next Article
Kapan Waktu yang Tepat untuk Minum Kopi?
Kapan Waktu yang Tepat untuk Minum Kopi?

Kendati banyak orang gemar menyeruput secangkir kopi sebelum memulai aktivitas harian, peneliti menyimpulka...

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More