Nostalgia Rasa di Kedai Es Krim Jadul Jakarta

June 28, 2017 Chatarina Komala

Ada sejak zaman kolonial Belanda hingga jadi favorit presiden pertama Indonesia, inilah kedai es krim legendaris yang wajib dicoba!

1. Es Krim Ragusa

Foto: http://jakarta.panduanwisata.id

Berdiri sejak tahun 1932, siapa sih, yang tidak kenal dengan kedai es krim jadul satu ini?

Populer di kalangan penikmat kuliner maupun wisatawan, kedai es krim Italia ini bisa Anda kunjungi di Jalan Veteran I, tidak jauh dari Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat.

Tekstur lembut dan langsung lumer di mulut, pun rasanya yang tidak terlalu manis—menjadi alasan mengapa kedai es krim legendaris ini tidak pernah sepi peminat. Apalagi, proses pembuatannya tidak menggunakan pengawet sama sekali.

Setidaknya, ada dua menu andalan kedai ini, yakni Banana Split dan Spaghetti Ice Cream. Namun, bagi yang ingin mencoba menu lain, bisa memesan aneka pilihan rasa, seperti chocolate sundae, tutti fruit, cassata siciliana, coupe de maison, rum raisin, vanilla, mocca, dsb.

2. Zangrandi Ice Cream

Foto: http://www.wisataku.id

Kabar baik bagi Anda, kedai es krim legendaris asal Surabaya ini, kini bisa Anda temukan di Jakarta!

Lokasinya, ada di Jalan Jalan Boulevard Raya Blok TB 2 No. 18, Kelapa Gading, Jakarta Utara. Adapun menu spesial yang ditawarkan, yakni Chocolate Twinkle, Noodle Ice Cream, Soda Ice Cream, Avocado Fudge, Dan Tropicana Fruit.

3. Restaurant & Ice Cream Palace Tropic

Foto: Okezone

Tidak jauh dari riuh Pasar Baru dan aneka kuliner legendaris di sana, berdiri satu rumah makan jadul, yang sudah beroperasi sejak tahun 1950-an. Mulanya, Tropic populer dengan kelezatan es krim home made-nya. Namun, 20 tahun berselang—Tropic memperluas bidang usahanya dengan menjual aneka menu makanan seperti gado-gado, soto, sate, opor, nasi goreng, dan masih banyak lagi.

Nah, bagi Anda penggemar es krim, wajib mencoba menu Banana Split dan Tutty Frutty-nya. Untuk menu Tutty Frutty, setidaknya ada tiga kombinasi rasa yang bisa Anda pilih, mulai dari Cokelat Rum, Moka Rum, Vanilla Frambozen, Cokelat, Mocca, Stroberi, hingga Snow White.

 

Baca juga: 14 Kedai Es Krim di Jakarta dan Sekitarnya Yang Enaknya Ga Perlu Diragukan Lagi

 

4. Lind’s Ice Cream

Foto: Pergi Kuliner

Lind’s Ice Cream, terletak di Gading Batavia LC 09/33, Kelapa Gading, Jakarta. Meski jarang terdengar, kedai ini sudah berdiri sejak tahun 1987—dengan mengusung konsep old fashioned, home made, dan natural dalam proses pembuatannya.

Ada beragam jenis es krim yang bisa Anda nikmati. Namun, tidak ada salahnya mencoba satu menu andalan, yakni Macedonia. Dari segi penyajian, Macedonia terdiri atas tiga per empat bola es krim berwarna cokelat muda. Perbedaannya, liquor yang digunakan dalam Macedonia, adalah produksi sendiri.  

5. Baltic Ice Cream

Foto: Open Rice

Di Baltic Ice Cream, Anda bisa menemukan banyak produk es krim, di antaranya ice stick, ice cup, tart ice cream, mini ice tart, hingga es puter gallon. Apalagi, varian rasanya tergolong lengkap, seperti cokelat, vanilla, stroberi, kopyor, durian, hingga peppermint, green tea, dan mocha chip.

Berdiri sejak tahun 1939, Anda dapat mengunjungi kedai tempo dulu ini di Jalan Kramat Raya No. 10-12, Senen, Jakarta Pusat.

6. Tjanang (Tjan Njan)

Foto: Tjan Njan

Hilangkan dahaga Anda dengan satu porsi es krim Tjanang di Jalan Cikini Raya 50, Jakarta Pusat.

Sudah ada sejak 1950-an, konon, es krim milik Leni (Tshu Ing Kue) ini juga digemari oleh mantan presiden pertama RI, Ir. Soekarno, hingga putrinya Megawati Soekarnoputri. Adapun es krim andalan di Tjanang berjenis es krim kopyor, alpukat, dan cokelat. Namun, bagi Anda yang ingin mencoba varian rasa lain, bisa memilih es krim jamu, es krim moci, hingga es krim yang dibuat dengan nitrogen!

   

  

 

Previous Article
Mudah Marah Karena Lapar, Apa Sebabnya?
Mudah Marah Karena Lapar, Apa Sebabnya?

Kendati "hangry" tidak diakui secara resmi dalam kamus bahasa Inggris, kombinasi antara "hunger" dan "angry...

Next Article
Sehat dan Bahagia dengan Masak Sendiri
Sehat dan Bahagia dengan Masak Sendiri

Makan di luar, memang menawarkan kemudahan dan kepuasan tersendiri. Ini mencakup simbol kesuksesan hingga p...

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More