Sehat dan Bahagia dengan Masak Sendiri

June 28, 2017 Chatarina Komala

Foto: Brokelyn 

Makan di luar, memang menawarkan kemudahan dan kepuasan tersendiri. Ini mencakup simbol kesuksesan hingga perkara kepraktisan.

Namun, tahukah Anda, sebuah penelitian yang dimuat di American Journal of Clinical Nutrition (2012) menunjukkan, wanita ternyata lebih bahagia dan jauh dari stres saat mengonsumsi makanan rumahan?

Baca juga: Jenis Hidangan yang Membuat Tamu Balik Lagi ke Rumah

Sebagai bagian dari penelitian, 160 responden wanita diminta melaporkan apa saja yang mereka makan dalam jangka waktu sepuluh hari. Tim peneliti lantas menghubungi mereka setiap dua jam sekali, untuk mengetahui apa yang telah dimakan dan bagaimana perasaan mereka setelahnya. Hasil menunjukkan, alih-alih stres, partisipan justru merasa lebih bahagia dengan makanan rumahan.

“Apa pun pilihan makanannya, rumah adalah lingkungan istimewa yang memicu energi positif,” penelitian menyimpulkan. Sayang, rasa malas maupun rutinitas padat sering kali membuat orang memilih untuk makan di luar.

Manfaat Lain Masak di Rumah

Penelitian tersebut menguatkan, ada manfaat lain yang bisa didapatkan, ketika seseorang memutuskan berhenti “jajan” di luar dan memenuhi asupan tubuh dengan makanan yang dimasak sendiri. Selain memengaruhi suasana hati, berikut adalah beberapa manfaat lain yang bisa didapatkan.

1. Lebih Higienis. Kendati menu restoran terlihat lezat dan memikat, Anda tidak bisa memastikan soal kebersihan dan kesehatan, terutama dalam proses pembuatannya.  

2. Sehat. Sebagai contoh, restoran kerap kali menggunakan minyak goreng secara berulang, untuk satu menu makanan. Risiko ini, belum termasuk penggunaan berlebih garam dapur, gula, MSG—atau dalam kasus ekstrem: zat kimia berbahaya seperti pewarna tekstil, formalin, hingga boraks. Sebaliknya, dengan memasak sendiri makanan di rumah, Anda dapat memastikan kandungan gizi dan bahan-bahan berkualitas untuk pola hidup yang lebih sehat.

Baca juga: Alasan Kenapa Wanita Lebih Tertarik Dengan Pria Jago Memasak

3. Hemat. Memasak makanan sendiri, jauh lebih hemat ketimbang membeli makanan di luar. Apalagi, gabungan ilmuwan dari Monash University, National Defense Medical Centre, Taiwan, dan National Health Research Institutes menemukan, mereka yang mengonsumsi makanan rumah minimal lima kali seminggu 47% lebih mungkin berumur panjang. Di sisi lain, wanita yang memasak makanan di sebuah rumah tangga, bisa hidup lebih lama ketimbang pasangan prianya.

 

Ingin jago bikin kopi dalam waktu singkat? Lihat penawaran kami!

  

 

 

Previous Article
Nostalgia Rasa di Kedai Es Krim Jadul Jakarta
Nostalgia Rasa di Kedai Es Krim Jadul Jakarta

Ada sejak zaman kolonial Belanda hingga jadi favorit presiden pertama Indonesia, inilah kedai es krim legen...

Next Article
15 Restoran Ini Punya Menu Rice Bowl yang Enak Banget!
15 Restoran Ini Punya Menu Rice Bowl yang Enak Banget!

Sebagai orang Indonesia, makan belumlah terasa lengkap jika tidak menyantap nasi.

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More