Berburu Takjil di Jakarta

June 7, 2017 Chatarina Komala

Tidak dapat diingkari, ngabuburit sembari mencari menu berbuka, menjadi satu kesenangan tersendiri saat Ramadan. Setelah seharian berpuasa, ada banyak tempat di Jakarta yang menyediakan ragam takjil sekaligus hidangan untuk melepaskan lapar dan dahaga. Beberapa di antaranya bahkan telah lama populer dan selalu ramai dikunjungi pecinta kuliner. Apa sajakah?

1. Pasar Benhil

Foto: Okezone

Pasar Benhil menjadi salah satu pusat bazar takjil paling populer di Jakarta. Bagaimana tidak, pusat jajanan ini sudah ada sejak sebelas tahun lalu; dan menjadi tempat ratusan pedagang takjil menjajakan makanannya. Beberapa menu yang lazim Anda temukan, yakni aneka makanan ringan (lemper, risoles, kue lapis, martabak, es campur, batagor, kolak, dsb) hingga makanan berat (gurame, ikan kakap, sate padang, gudeg, ayam bakar, dsb).

2. Jalan Panjang

Foto: Kompas.com

Ketika Ramadan tiba, banyak pedagang takjil akan berkumpul di Jalan Panjang—kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Menu yang disediakan beragam, mulai dari kolak, aneka bubur, es pisang ijo, es campur, dan masih banyak lagi. Sayang, kondisi jalan yang tidak tertata rapi berisiko menimbulkan kemacetan panjang yang mengganggu.

3. Jalan Soka

Foto: Sport Tourism

Jalan Soka mungkin kurang familier di telinga Anda. Namun, kawasan yang terletak di Rawa Badak, Jakarta Utara ini telah lama populer sebagai pasar takjil, lho. Setidaknya, Anda dapat menemukan beragam menu takjil meliputi aneka gorengan, kolak, es, kue basah, hingga hidangan berbuka puasa.

4. Rawa Belong

Ilustrasi: Banten.co

Rawa Belong menjadi satu rekomendasi yang pas, terutama bagi Anda yang gemar makanan khas Betawi. Apalagi, seluruhnya ditawarkan dengan harga yang relatif terjangkau.

5. Lapangan Blok S

Foto: Gedoor.com

Temukan beragam menu takjil, hingga hidangan berbuka puasa di Lapangan Blok S; tentu saja dengan harga yang terjangkau.

6. Jalan Gandaria

Ilustrasi: Elshinta

Jalan Gandaria telah lama populer sebagai pasar takjil dengan harga terjangkau. Jadi, wajar saja, bila di sana, Anda akan menemukan banyak jenis takjil, mulai dari ragam es, kue, buah, kolak, hingga hidangan berbuka puasa lainnya.

7. Pasar Santa

Foto: www.winnetnews.com

Pasar Santa, bisa jadi satu rekomendasi ngabuburit kekinian, lho. Setidaknya, selama bulan Ramadan, Anda bisa menemukan banyak penjual makanan dan takjil.

8. Masjid Pondok Indah

Foto: Tribunnews

Memiliki pelataran yang cukup luas, tidak heran jika warga sekitar memanfaatkan halaman Masjid Pondok Indah untuk berjualan takjil. Adapun pengunjung yang datang bukan hanya berasal dari kalangan masyarakat sekitar; melainkan juga orang-orang yang singgah untuk salat.

9. Masjid Sunda Kelapa

Foto: www.shopback.co.id

Ketika bulan puasa, akan ada “pasar kaget” (street market) yang menawarkan beragam takjil dengan harga miring. Adapun Anda bisa menemukan banyak jenis kue basah, jajanan khas Betawi, minuman segar, hingga menu berbuka puasa. Nah, setelah puas menyantap seluruhnya; Anda juga dapat langsung melaksanakan salat magrib atau tarawih di sana.

10. Jalan Biak, Roxy 

Ilustrasi: Hipwee

Jalan Biak, Roxy menjadi salah satu rekomendasi menyantap takjil dengan harga terjangkau. Di sisi lain, bagi Anda penggemar daging kambing, dapat langsung menikmati aneka masakan, mulai dari sop, sate, gulai, tongseng, hingga kari.

11.  Pasar Rawamangun, Jakarta Timur

Foto: Gedoor.com

Dekat dengan kawasan Terminal Rawamangun, wajar saja jika Pasar Rawamangun menjadi incaran berburu takjil menjelang jam buka puasa. Alhasil, pasar “dadakan” ini tidak pernah sepi pengunjung. Adapun beberapa menu takjil yang bisa Anda dapatkan di sana, yakni ragam kue, gorengan, otak-otak, bubur, aneka es, kolak—hingga menu berat untuk buka puasa.

12. Kelapa Gading

Foto: Tribunnews

Nah, jika mayoritas bazar takjil digelar dengan konsep street market (dadakan dan berlokasi di pinggir jalan); di Kelapa Gading, Anda dapat menemukan pasar takjil yang berbeda. Terletak di Mall of Indonesia (MoI), Anda jelas akan difasilitasi tempat yang nyaman untuk menyantap makanan. Adapun selain menu takjil, disediakan pula ragam menu kuliner khas Nusantara mencakup nasi bakar, gudeg, mendol, dan masih banyak lagi.

13. Pasar Melawai

Ilustrasi Takjil: www.jauhdekat.com

Bosan terjebak macet di sekitaran Blok M?

Nah, ketimbang lelah, buang-buang waktu, apalagi menahan marah—Anda dapat langsung mengunjungi Pasar Melawai. Berhubung masih dalam momentum Ramadan, Anda dapat menemukan aneka takjil hingga hidangan berbuka puasa dengan harga terjangkau. Lokasinya sendiri, ada di dekat Blok M Square.

14. Jalan Sabang

Foto: Sindonews

Ragam kuliner di Jalan Sabang seolah “tidak ada matinya”. Bila tidak percaya, cobalah berkunjung ke sana sore hari menjelang jam buka puasa. Bukan hanya menu takjil; di sana Anda juga akan dimanjakan dengan aneka menu lokal maupun mancanegara untuk berbuka puasa.

15. Pasar Senen

Foto: www.dreamers.id

Bila sebelumnya Pasar Senen identik dengan “pasar pagi”, di bulan puasa, Anda dapat menemukan beragam penjual takjil dan hidangan berbuka, lho. Seluruhnya, bahkan ditawarkan dengan harga terjangkau. Berminat?

16. Pasar Tebet

Foto: Liputan6

Menjadi pusat jajanan enak, Pasar Tebet menyediakan ragam menu berbuka yang sangat terjangkau. Beberapa di antaranya, yakni minuman dan camilan tradisional, hingga menu berbuka yang memanja lapis lidah.
 

Previous Article
Antirepot Makan di 15 Restoran Fast Food Berikut!
Antirepot Makan di 15 Restoran Fast Food Berikut!

Ada banyak gerai fast food yang bisa Anda temukan di Jakarta. Ini mencakup restoran fast food asal Amerika ...

Next Article
Sembilan Rekomendasi Restoran Jakarta yang Pas untuk Bukber
Sembilan Rekomendasi Restoran Jakarta yang Pas untuk Bukber

Artikel ini sendiri akan membahas rekomendasi restoran di Jakarta yang pas untuk tempat bukber. Beberapa di...

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More