10 Sajian Mie Paling Enak di Indonesia

March 14, 2017 Elfida Lubis

Mie jadi salah satu makanan "wajib" orang Indonesia. Jangan hanya mie instan, tahukah kamu kalau Indonesia punya beragam jenis mie tradisional yang lebih enak?

 

1. Mie Loncat

Foto: suksesindonesia.com

Disebut Mie Loncat karena ada atraksi melempar-lempar mie yang dilakukan oleh pemilik sekaligus peraciknya, Herry Liu. Tempat makan Bakso Sapi Bakmi Ayam 68 di Singkawang, Pontianak ini pun lantas ramai didatangi pengunjung yang ingin melihat aksi menarik tersebut. Kedai Bakso Sapi Bakmi Ayam 68 juga kerap direkomendasikan oleh warga lokal karena mie buatan sendiri yang berkualitas serta rasa yang enak. Selain itu, juga karena mie halal pertama buatan orang Tionghoa di Singkawang. Kalau main-main ke Singkawang, mie adalah jenis kuliner yang banyak ditemukan di sana, seperti sebut saja mie asin, mie tiau asu, mie kering, dan masih banyak lagi lainnya.

 

2. Mie Caluek dari Banda Aceh

 

Foto: kompas.com

Dalam Bahasa Aceh, mie caluek berarti mie yang disendok. Nama tersebut terinspirasi dari proses memasak, saat tangan menggoyang sudip ke kanan dan kiri tanpa berhenti, seperti proses menyendok yang tiada henti. Kamu bisa menyicipi mie caluek di Warung Bang Baka yang ada di Blang Padang Kafe, Banda Aceh. Seyogianya, mie caluek adalah mie lidi yang digoreng kemudian dinikmati dengan sambal cabai merah atau bumbu pecal.

 

 

3. Mie Aceh

Mie dari tanah Aceh terkenal karena kaya bumbu rempah yang wangi. Dinikmati dengan kacang tanah yang digoreng, emping, dan acar bawang sebagai pelengkap membuatmu semakin berselera untuk menyantapnya. Bisa dinikmati dengan cara direbus, digoreng, atau basah (tidak terlalu kering, tapi juga tidak berkuah). Pelengkapnya beragam, mulai dari daging ayam, sapi, sampai seafood. Jenis mie yang digunakan lebih besar dan kenyal dibanding mie dari daerah lain.

Salah satu warung makan mie Aceh enak di Jakarta adalah Seulawah yang ada di kawasan Bendungan Hilir atau bisa kamu temukan juga di Urban Kitchen, Plaza Indonesia.

 

4. Mie Jawa

Mie Jawa terkenal karena wangi sedap yang diakibatkan dari proses memasak, yaitu metode slow cook yang sekarang sedang ramai diperbincangkan. Meski, slow cook satu ini khusus karena menggunakan kompor berbahan bakar arang. Nikmati mie godog alias mie rebus dengan bumbu sedap yang dijamin dapat membuatmu ketagihan. 

Bakmi Pele yang berjualan di kawasan Alun-Alun Utara Jogja merupakan salah satu yang harus kamu datangi untuk menyicipi mie ala Jawa enak.

 

 

5. Mie Celor

Jika kita ke Kota Palembang atau Jambi, Mie Celor adalah kuliner wajib yang harus dicoba. Mienya berukuran besar dan lurus seperti spaghetti dengan kuah kental yang merupakan perpaduan antara santan, udang, dan telur. Disajikan bersama potongan telur rebus, serpihan daging udang, dan bawang goreng membuat

Kalau kamu main-main ke Palembang, kamu bisa menikmati mie ini di Mie Celor 26 Ilir H. M. Syafei Z atau Mie Celor Hawa Jaya di Jambi.

 

3. Mie Koba

Foto: goodindonesianfood.com

Koba diambil dari nama daerah di Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Bangka Belitung, tempatnya berasal. Kuah tenggiri yang segar dan gurih dengan sedikit rasa manis dari gula aren menjadikan Mie Koba kuliner khas Bangka Belitung yang tidak boleh dilewatkan.

Kamu bisa mencoba keunikannya di Mie Koba Iskandar yang ada di Jalan Balai No. 83, Pangkal Pinang.

 

4. Mie Lendir

Foto: detik.com

Mie Lendir alias Mie Rebus Kuah Kacang adalah kuliner khas Batam yang seringnya disantap saat sarapan. Kuahnya kental berwarna kecoklatan karena dibuat dari bumbu kacang. Rasa gurih dan manis berpadu harmonis dengan rasa pedas irisan cabe rawit.

Mampir ke Kedai Kopi Sudi Mampir di kawasan Nagoya, Batam untuk mencoba jenis mie satu ini.

 

5. Mie Kocok

Foto: goodindonesianfood.com

Mie Kocok adalah kuliner khas Bandung yang pas banget dinikmati di tengah suasana kota Bandung yang sejuk. Berisi mie kuning, tauge, kikil sapi, dan kuah kaldu sapi yang kental. Ada juga yang menambahkan sumsum sapi yang sulit ditolak.

Kalau ke Bandung, coba mie kocok di Mie Kocok Mang Dadeng yang berjualan di Jalan Banteng (KH Ahmad Dahlan), yuk.

 

6. Mie Ongklok

Foto: putrinyanormal.com

Buat yang pernah berwisata ke Dieng, mie khas Wonosobo ini pasti pernah mereka dengar. Mie Ongklok memang jarang ditemui di kota lain, selain di Wonosobo, Jawa Tengah. Mie kuning dengan kol yang sudah direbus, diguyur dengan kuah "jenang" dari tepung kanji, ditambah penggunaan daun kucai, taburan bawang goreng, serta potongan cabe rawit. Penggunaan ebi semakin menambah gurih rasa mie satu ini.

Ternyata, kamu bisa coba ie ini di Warung Mie Ongklok yang ada di Jalan Doktor Cipto Mangunkusumo, Paninggilan, Ciledug.

 

7. Mie Koclok

Foto: pubinfo.id

Banyak orang yang menghabiskan akhir pekan ke Cirebon untuk wisata kuliner. Nah, salah satu jenis kuliner yang harus kamu coba adalah mie koclok dengan kuah berwarna putih kental dari tepung maizena, kaldu ayam, dan santan kental. Suwiran ayam, telur rebus, bawang daung, dan bawang goreng menjadi pelengkap yang dapat menambah selera.

Mau cobain mie koclok di dekat kamu? Datang ke Mie Koclok Cirebon Mang Yanto di Jalan Pala Raya, Pondok Cabe Udik, Pamulang ini.

 

8. Mie Tiaw Sapi

Lagi-lagi, Kota Pontianak dan kuliner serunya. Setelah mie loncat di nomor 1, kamu juga harus coba mie tiaw atau kwetiaw sapi yang sangat terkenal bahkan se-Indonesia.

Icip-icip mie lebar ini di Mie Tiaw Apollo dan Mie Tiaw Polo yang kedainya bersebelahan di Jalan Pattimura.

 

9. Mie Kering

Foto: travelmulu.com

Dari Sulawesi, ada mie kering yang harus kamu cicipi. Disebut demikian karena memang mienya digoreng kering sehingga kalau dimakan garing. Ketika kuah seperti kuah capcay disiramkan panas-panas di atasnya, teksturnya menjadi menarik untuk disantap. Lembut-lembut renyah!

Dua tempat makan yang paling terkenal untuk menikmati mie ini adalah Mie Titi dan Mie Anto. Itu di Makassar. Kalau di Jakarta, kamu bisa menjumpai Mie Titi di wilayah Kelapa Gading, tepatnya di Ruko Kelapa Gading Permai Nomor 33, Jalan Boulevard. 

 

10. Mie Cakalang

Foto: seputarmakan.com

Masih di Sulawesi, namun kali ini dari Sulawesi Utara yang beribukotakan Manado, ada Mie Cakalang yang bisa dinikmati dalam bentuk goreng maupun kuah. Potongan ikan cakalang fufu alias cakalang asap membuat rasa dan aroma mie jadi semakin sedap!

Salah satu tempat dimana kita bisa menikmati sajian ini adalah di salah satu pusat kuliner di kota Manado, yaitu di Jalan Wakeke, tepatnya di Dego Dego Manado Cafe. Atau kalau di Jakarta, kamu bisa ke Mie Cakalang Manado GR di Ruko Plaza Karinda B1/22, Jalan Karang Tengah Raya, Lebak Bulus, Cilandak.

 

 

Previous Article
Cara Unik Ngopi Yang Cuma Ada di Indonesia
Cara Unik Ngopi Yang Cuma Ada di Indonesia

jangan ngaku penikmat kopi lokal kalau belum pernah ngopi model begini.

Next Article
Kamu Ga Perlu Ngerasa Bosan Makan Soto Karena Ada 17 Jenis
Kamu Ga Perlu Ngerasa Bosan Makan Soto Karena Ada 17 Jenis

Kamu sudah pernah nyicipin yang mana aja?

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More