Kamu Ga Perlu Ngerasa Bosan Makan Soto Karena Ada 17 Jenis

March 14, 2017 Elfida Lubis

Siapa yang tadi pagi ikutan antri di gerai McDonald dan berhasil mendapat chicken muffin gratis? Ya, dalam rangka memeringati National Breakfast Day yang jatuh tiap 13 Maret, McDonald sejak tahun 2013 ikut berpartisipasi dengan membagikan sarapan gratis. Untuk tahun ini, dibagikan 156 ribu Chiken Muffin gratis di 156 gerai seluruh Indonesia secara serentak.

National Breakfast Day diprakarsai sebagai gerakan untuk mengingatkan kembali pentingnya sarapan sebelum memulai aktifitas tiap harinya.

Apa yang akan dibahas di bawah ini mungkin tak ada hubungannya dengan McDonald, tapi erat kaitannya dengan sarapan. Kamu pasti tahu, bahwa salah satu menu tradisional yang sering dikonsumsi saat sarapan oleh warga Indonesia, khususnya di Jawa Tengah dan Timur. Meski begitu, soto tradisional juga bisa kamu temukan di bagian lain Indonesia lho, mulai dari yang familiar seperti Betawi sampai Medan.

 

1. Soto Betawi

Inovasi soto kuah susu di Soto Jakarta Pak H, Pasar Delapan, Alam Sutera (Foto: Elfida Lubis)

Siapa yang tak kenal Soto Betawi? Salah satu jenis soto favorit dengan kuah santan dan isian sesuai selera, mulai dari daging sampai jeroan. Kuah yang menguarkan aroma khas bumbu rempah pala, cengkeh, dan kapulaga, disiramkan panas-panas ke atas nasi bertabur bawang goreng, dinikmati juga bersama emping, hmm rasanya lezat betul. Belakangan, soto ini dimodifikasi dnegan penggunaan kuah susu.

 

2. Soto Kudus

Foto: Soto Kudus Senayan, Kelapa Gading

Sesuai namanya, soto ini berasal dari Kudus, Jawa Tengah. Tidak seperti Soto Betawi, kuah soto ini bening dengan isian daging ayam atau sapi yang bisa dipilih sesuai selera. Penyajiannya unik, yaitu isian berupa irisan daging ayam atau sapi, seledri, bawang goreng, bawang putih goreng, dan tauge dalam mangkuk lebih kecil Sementara kuah terpisah dalam mangkuk yang berbeda.

 

3. Soto Madura

Foto: Soto Madura Pak Hadi, Pasar Baru

Soto ini disajikan dengan daging sapi dan jeroan, telur rebus, kentang goreng, tauge, bihun, serta kol. Rasanya agak sedikit berbeda karena terdapat campuran bawang merah.

 

4. Soto Lamongan

Foto: risvandika.blogspot.com

Soto lain dari Jawa Timur yang tak kalah terkenal adalah Soto Lamongan. Satu-satunya jenis soto yang menggunakan bumbu bubuk koya, yaitu bawang goreng garing dicampur kerupuk udang lalu dihaluskan, membuat rasanya tambah spesial. Penggunaan ayam kampung membuat kuah soto jadi semakin gurih.

 

5. Soto Kediri

Foto: eastjava.com

Secara tekstur, soto ini hampir mirip dengan Soto Betawi, yaitu sama-sama menggunakan santan pada kuahnya. Meski demikian, soto ini tidak memakai bumbu rempah seperti cengkeh.

 

6. Soto Banjar

Foto: travelingyuk.com

Kalau dari Pulau Kalimantan, Soto Banjar yang merupakan soto khas Banjarmasin, Kalimantan Selatan adalah salah satu yang fenomenal. Penuh citarasa karena menggunakan bumbu rempah, seperti kayu manis, biji pala, dan cengkeh, soto ini berisi suwiran daging ayam, dilengkapi perkedel, rebusan telur, dan disantap bersama ketupat!

 

7. Soto Mie Bogor

Foto: advencious.com

Keunikan soto ini karena disantap bersama mie, lalu ada bahan pelengkap lain yang tak kalah seru, seperti risoles, daging sapi, dan tomat. Bahkan, ada juga yang menggunakan urat, kaki sapi, sampai babat. Denga kuah bening, soto ini terasa ringan namun kaya rasa.

 

8. Soto Sokaraja

Foto: gastronomy-aficionado.com

Perbedaan paling mencolok dari soto asli Bayumas dengan soto lain, adalah penggunaan kerupuk merah sebagai topping, lalu disantap dengan lontong dan sambal kacang.

 

 

9. Soto Pekalongan

Soto Pekalongan sering juga disebut Soto Tauto karena memiliki ciri khas menggunakan tauco sebagai bumbu penyedap dan inilah yang membuat cita rasanya unik.

 

 

10. Soto Lenthok

Soto ini khas dari Yogyakarta dan sekitarnya. Menggunakan suwiran daging ayam kampung dengan topping berupa tauge, kubis, seledri, dan lenthok. Apakah lenthok? Yaitu, semacam perkedel namun berbahan dasar ubi.

 

11. Soto Kemiri

Foto: isroi.com

Soto ini berasal dari Kabupaten Pati dan sesuai namanya, penggunaan bumbu rempah kemiri membuat soto ini begitu wangi dan menggugah selera. 

 

12. Soto Semarang

Foto: momtravelerblog.wordpress.com

Soto berkuah bening ini menggunakan tambahan soun pada isinya.

 

13. Soto Medan

Foto: pimentious.com

Soto Medan menggunakan kuah santan yang kental karena diambil dari sekali perasan saja. Kuahnya begitu wangi karena kaya rempah seperti jintan dan jenis bumbu lainnya. Disajikan dengan perkedel kentang, kentang goreng, telor rebus, membuatnya semakin sedap.

 

14. Soto Padang

Sumatera Barat cukup dikenal sebagai daerah yang memiliki sajian kuliner lezat. Soto pun ternyata dia punya. Lucunya, Soto Padang menggunakan kuah bening, tidak seperti Medan. Ada rasa kecut pada kuahnya karena campuran cuka dan wangi berkat campuran daun jeruk, serai, jahe, daun bawang. Disajikan dengan irisan daging sapi yang telah digoreng kering, bihun, serta perkedel kentang membuatnya semakin wow.

 

15. Soto Bandung

Penambahan lobak dan kacang kedelai yang telah digoreng membuat soto dari tanah Parahyangan ini tampil beda.

 

16. Soto Makassar

Disebut juga Coto Makassar, menu satu ini wajib dicoba terutama kalau kamu penggemar cita rasa yang kuat. Rasa gurihnya khas karena kaldu terbuat dari jeroan yang direbus lama. Jeroan pun diiris tipis dan menjadi isi soto yang disantap dengan ketupat.

 

17. Soto Jepara

Foto: seputarmakan.com

Perbedaan terbesar soto Jepara dengan soto ayam lainya adalah adanya kucai yang sebenarnya jarang dipakai dalam masakan Indonesia. Soto Jepara bisa ditemui di warung-warung yang ada di Kabupaten Jepara, terutama di kawasan Kecamatan Tahunan, Kecamatan Mayong, dan Kota Jepara itu sendiri.

 

 

Previous Article
10 Sajian Mie Paling Enak di Indonesia
10 Sajian Mie Paling Enak di Indonesia

Nge-mie enak di sini.

Next Article
Alasan di Balik Kegemaran Perempuan Pada Yang Manis-manis
Alasan di Balik Kegemaran Perempuan Pada Yang Manis-manis

Ternyata, ada penjelasan ilmiahnya.

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More