8 Makanan Jepang Enak Selain Sushi

January 31, 2017 Elfida Lubis

Siapa yang pernah menyaksikan aksi sushi chef? Terlihat mengagumkan ya, bagaimana dia mengiris daging ikan dengan presisi, atau menyusun bahan isian dalam nasi sebelum menggulungnya dengan teliti. Sushi pun menjadi salah satu menu kuliner Jepang yang menginspirasi selain enak untuk disantap. Namun, bagi kamu yang tidak bisa makan makanan mentah, bukan berarti tidak bisa pergi ke restoran Jepang, lho. Berikut menu masakan Jepang tak kalah enak dibanding sushi, yang harus kamu nikmati.

 

1. Udon

Foto: IG @marugameudon

Mie berwarna putih yang tebal ini uniknya bisa disajikan panas juga dingin, dengan topping manis seperti kitsune atau yang gurih seperti tempura udang, dan lain sebagainya. Kamu bisa menikmati udon otentik dan bervariasi, salah satunya di Marugame Udon yang sudah memilki 16 titik lokasi di Jakarta dan sekitarnya.

 

2. Sukiyaki

Daging sapi yang tipis dan lembut dimasak dalam pot dengan bumbu khas Jepang, yaitu soy sauce. Nikmati menu enak ini di Shaburi Shabu Shabu dengan pilihan kuah yang beraneka rasa. 

 

3. Oden

Oden adalah makanan berkuah yang berisi telur rebus, lobak, fishcakes, shirataki (mie terbuat dari konnyaku), juga berbagai macam tofu adalah makanan khas Jepang saat musim dingin. Di saat Jakarta mulai sering turun hujan seperti sekarang, rasanya pas kalau kamu memesan semangkuk oden, apalagi kalau pesannya di Tanpopo Jakarta yang ada di Menteng, Jakarta Selatan. Dengan konsep yatai atau makanan kaki lima ala Jepang, kamu pun bakal merasakan suasana yang seru di sini. 

 

 

4. Hitsumabushi

Mirip seperti unadon, hitsumabushi adalah makanan khas Nagoya, di mana nasi dan unagi atau daging belut dinikmati bersama bumbu-bumbu lain, seperti seweed, daun bawang, wasabi, dan kuah. Kalau penasaran seperti apa rasanya, kamu bisa ke AEON Mall, tepatnya Hitsumabushi & Chanko Edosawa yang ada di area food culture.

 

5. Ramen

Ramen tampaknya sudah sepopuler sushi belakangan. Mie yang disajikan dalam tipikal kuah dari kaldu daging ini dilengkapi dengan topping beragam mulai dari sayuran sampai daging, namun yang menjadi bintangnya adalah si seksi telur rebus dengan kuning telur yang lembut. Temukan ramen terlezat di Seirock-Ya yang ada di Jalan Radio Dalam Raya, Gandaria Utara. Selain enak, ramen di sini pun sudah dipastikan halal apalagi harganya terjangkau.

 

6. Yakitori

Yakitori adalah sate khas Jepang. Kamu bisa menikmati menu yakitori seru di restoran Jepang yang juga seru, Izakaya Kai yang ada di Pluit, Jakarta Utara. Di Jepang sendiri, yakitori yang termasuk ke dalam menu camilan atau sampingan selalu tersaji di izakaya atau kedai kecil yang kerap dikunjungi sepulang kerja.

 

7. Okonomiyaki & Takoyaki

Kalau kamu ke daerah Little Tokyo di Melawai, Jakarta Selatan, jangan lupa mampir ke salah satu restoran Jepang enak yang ada di sana. Namanya Kira Kira Ginza. Apalagi, kalau kamu ingin menyicipi okonomiyaki yang spesial. Siapa yang tidak tahu jenis makanan Jepang satu ini? Pancake gurih dengan berbagai macam isian mulai dari seafood sampai daging dan sayuran. 

 

8. Kobe Beef

 

Kobe adalah daging sapi yang terkenal di dunia akan rasa, lemak, kelembutan, dan tekstur marbelnya. Daging ini berasal dari sapi jenis tajima atau sapi hitam Jepang yang dirawat sedemikian mungkin. Rasakan kenikmatannya di Ebeya Steakhouse yang ada di Ritz Carlton Pacific Place.

 

Previous Article
Siapa Salt Bae Dan Apa Ada Lagi Chef Lain di Instagram Yang Tak Kalah Fenomenal?
Siapa Salt Bae Dan Apa Ada Lagi Chef Lain di Instagram Yang Tak Kalah Fenomenal?

#SaltBae

Next Article
10 Restoran Chinese Food BARU di Kawasan Jakarta Utara
10 Restoran Chinese Food BARU di Kawasan Jakarta Utara

Yang baru belum tentu tak bermutu.

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More