Ngopi di Aceh, Yuk

January 11, 2017 Elfida Lubis

Budaya minum kopi di masyarakat Aceh sangat kental. Ini karena kualitas kopi asli mereka yang sangat baik, bahkan sudah diakui dunia internasional. Kopi Aceh atau yang lebih populer dengan Kopi Gayo merupakan salah satu kopi specialty terbaik yang sudah diakui dunia karena karakter yang kaya serta body yang kuat. Berawal dari tahun 1908, saat pemerintah kolonial Belanda membawa kopi arabica ke Takengon dan menjadikan kawasan tersebut sebagai perkebunan kopi pertama karena kondisi geografis berupa rangkaian bukit, tanah subur, dan curah hujan yang lumayan tinggi bakal menjadi kelebihan tersendiri bagi tanaman kopi. Meski begitu, saat ini kopi jenis robusta pun sudah banyak dikembangkan di sana.

Maka tak heran kalau kamu ke sana, banyak kedai kopi berdiri dan selalu ramai. Baik kedai kopi yang modern atau yang masih tradisional. Jadi, tak ada salahnya kamu ikutan nongkrong, menikmati secangkir kopi dan obrolan hangat saat sedang berada di kota tersebut.

 

 

1. Solong Kopi

Foto: uniqpost.com

Warung kopi Solong atau Jasa Ayah di Jalan T. Iskandar, Kecamatan Ulee Kareng (Solong Induk) ini sudah berdiri sejak tahun 1970an dan sudah terkenal ke mana-mana. Selain menjual minuman kopi khas yang diambil dari Pidie dan Lamno, mereka juga menjual bubuk kopi supaya dapat dibawa sebagai buah tangan. Warung kopi ini telah memiliki 2 cabang lain di Jalan T. Panglima Nyak Makam-Lampineung dan di Lampeneuret.

 

2. Dhapu Kupi

Foto: pandawa5kamil.blogspot.co.id

Warung kopi di Simpang Surabaya yang dirintis sejak tahun 2008 ini sukses menjadi pesaing Kopi Solong. Mungkin karena lebih modern dengan tersedianya koneksi Wi-Fi dan buka 24 jam, membuat warung kopi ini lebih mengakomodasi beragam keinginan pelanggan. Selain itu, tersedia juga berbagai menu makanan dan minuman di sini.

 

3. Zakir Kupi

Zakir Kupi sampai saat ini telah memiliki 5 cabang, bukti bahwa warung kopi satu ini pun tak kalah diterima baik bagi warga lokal maupun pengunjung dari luar.

 

4. Tower Coffe

Tower Coffe dengan tampilan ekslusif mampu menarik minat orang muda serta orang tua untuk berkunjung ke sana. Berada di pusat pertokoan Simpang Lima, Tower Coffe hadir dalam desain interior minimalis nan elegan.

 

5. Rumoh Aceh

Foto: adiwarsidi.blogspot.com

Menu andalan di sini adalah kopi luwak yang terkenal itu. Menampilkan konsep tradisional Aceh yang bisa dilihat dari bangunan khas Aceh membuatnya semakin menarik. Alasan lain kamu harus ke sini adalah menu kuliner Aceh yang juga tersedia, seperti gulai, kari, sampai olahan ikan Eungkot Keumamah. Kunjungi Rumoh Aceh di Jalan Rawa Sakti V Nomor 122, Banda Aceh.

 

6. La Regno

La Regno (dibaca la reh nyoe) adalah bahasa Aceh yang memiliki makna “Ini laris”. La Regno menyajikan Arabica Gayo sebagai kopi utama. Mereka bahkan membuat variasi minuman lain dengan jenis kopi tersebut, layaknya kedai kopi modern. Kalau penasaran, datang langsung ke Jalan Prada Utama Lr. Delima Timur Nomor 24.

 

7. Nacha Coffee (Lampineung)

Foto: komosjourney.wordpress.com

Berada di Jalan Panglima Nyak Makam (Lampineung) Nomor 100, lebih tepatnya di depan hotel Hermes Palace, Nacha Coffee menyajikan menu Sanger Arabica yang sangar. Uniknya kalau kamu datang di waktu tertentu, dapat melihat langsung proses proses penggongsengan biji kopi yang akan mereka sajikan.

 

8. Zam-Zam Coffee

Berada di Jalan Dr. Mr. Moch. Hasan (Bathoh) Nomor 10, Zam-Zam Coffee memiliki menu andalan kekinian, yaitu Avocado Ice Coffee. Meski baru berumur 1 tahun, Zam-Zam Coffee mengundang minat para pemburu kopi baik lokal maupun yang sedang berkunjung ke Aceh. Awalnya dipasarkan secara online, kemudian mendirikan outlet di beberapa hotel berbintang, hingga akhirnya berhasil mendirikan kedai sendiri.

 

9. Harviest

Selain menggunakan mesin espresso, Harviest juga mulai mengenalkan metode manual brew di kedai kopinya. Kunjungi Harviest yang ada di Jalan Salam Nomor 12, Lampriet.

 

10. Soelthan Koffie Aceh

Coba beragam jenis kopi Gayo di Soelthan Koffie Aceh yang bakal bikin nagih! Sambil nongkrong di sini, kamu bisa melihat langsung cara roasting biji kopi dengan kualitas dan kenikmatan rasa yang tak perlu diragukan lagi. Alamatnya di Jalan T.P. Nyak Makam, Lampineung, Banda Aceh.

 

11. Break Time Coffee Shop

Foto: marlianazra.blogspot.co.id

Cari tempat nongkrong sore sambil menikmati dimsum dan churros? Di sini tempatnya! Selain asyik buat nongkrong, Break Time Coffee Shop berada di lokasi strategis yang dekat dengan pusat oleh-oleh. Kunjungi Break Time Coffee Shop yang ada di Jalan Ratu Safiatuddin Nomor 21A, Peunayong.

 

12. Warung Kopi Arabika Kuta Alam

Rasakan sensasi menikmati kopi arabika di bawah rimbunnya pohon mangga, berlantaikan tanah dan berbatu kerikil, membuat pengalaman ngopi semakin unik. Alamatnya di T. Angkasah Nomor 6-7.

 

13. Blang Padang Kopi

Di Blang Padang, kamu bisa menikmati varian kopi Gayo yang cukup bikin penasaran banyak orang, yaitu Kopi Wine, yaitu kopi gayo arabika dengan aroma dan rasa anggur. Itu terjadi karena kopi dijemur dengan teknik khusus kemudian diseduh dengan metode khusus. Meski variannya Kopi Wine, namun sama sekali tidak ada kandungan alkohol di dalamnya. Lokasinya ada di Jalan Imam Bonjol.

 

14. Keude Kupie Aceh

Nikmati kopi sembari duduk di beranda atas rumah Aceh, kalau kamu datang ke Keude Kupie. Tempatnya luas, ada koneksi Free WiFi, dan jauh dari kebisingan jalan raya. Ditambah lagi, kiri kanannya masih ada beberapa areal persawahan. Kunjungi kedai kopi yang ada di Jalan Mon Kuta, Lambhuk, Ulee Kareng.

 

15. Keude Polem Kopi Arabika

Foto: hikayatbanda.com

Di sini, kamu bisa menikmati Kopi Gayo Arabika “Weng” Telur, di mana menu kopi arabika dicampur dengan telur sehingga rasanya semakin lezat. Hebatnya, kamu tidak bakal mencium aroma amis telur dari minuman kopi tersebut. Kunjungi Jalan Iskandar Muda, Lambhuk, untuk menikmati minuman tadi.

 

 

 

Previous Article
Angin Segar Dunia Kuliner di Seminyak
Angin Segar Dunia Kuliner di Seminyak

Tujuan kuliner favorit baru buat penggemar Bali.

Next Article
Promo Makan Murah Supaya Tabungan di Awal Tahun Kamu Nambah
Promo Makan Murah Supaya Tabungan di Awal Tahun Kamu Nambah

Buruan sebelum kehabisan!

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More