7 Cara Simpel Tapi Jitu Menurunkan Berat Badan

November 17, 2016 Elfida Lubis

Beberapa trik di bawah ini terlihat sederhana, namun efektif membantu kamu yang sedang mati-matian diet mengurangi jumlah kalori makanan yang dikonsumsi secara signifikan. Berat badan ideal pun bukan lagi impian.

 

 

1. Kunyah Perlahan

Foto: acneeinstein.com

Ternyata, anjuran untuk mengunyah makanan sebanyak 36 kali, ataupun ajaran makan perlahan dalam agama tertentu ada benarnya. Otak butuh waktu untuk memproses bahwa jumlah makanan yang kamu konsumsi sudah cukup. Jadi, mengunyah makanan dengan sempurna adalah langkah supaya kamu makan secara perlahan yang diasosiakan dengan merasa kenyang lebih cepat. Sejumlah 23 penelitian pun membuktikan bahwa orang yang makan cepat cenderung lebih cepat naik berat badannya ketimbang mereka yang makan perlahan-lahan.

 

 

2. Gunakan Piring Kecil Untuk Makanan Tidak Sehat

Foto: khabrainmanchester.com

Kebanyakan piring sekarang berukuran besar dibanding dahulu. Menggunakan piring yang lebih kecil dapat "menipu" otak bahwa kamu makan lebih daripada yang biasanya bila menggunakan piring besar. Kamu juga dapat menggunakan trik ini, yaitu menaruh makanan tak sehat di piring kecil sementara makanan sehat di piring yang lebih besar. 

 

 

3. Makan Banyak Protein

Foto: larajuan775.wordpress.com

Protein terbukti merupakan sumber makan penting bagi orang-orang yang sedang melakukan diet. Dia dapat membuatmu cepat merasa kenyang sehingga kamu pun terhindar dari godaan untuk mengonsumsi kalori atau karbohidrat lebih banyak. Sebuah studi membuktikan bahwa orang yang meningkatkan konsumsi proteinnya sebanyak 15-30% dapat membantunya mengurangi konsumsi kalori sebanyak 441, dan itu membuat berat badan turun otomatis sekitar 5 kilogram dalam 12 minggu, tanpa melakukan diet terencana. Menambah konsumsi protein dapat dilakukan di waktu sarapan, misalnya memasukkan menu telur sebagai ganti menu gandum.

 

4. Jauhkan Camilan dari Pandangan

Foto: yummykitchens.wordpress.com

Menaruh camilan tak sehat di sekitar kita dapat memicu hasrat untuk mengonsumsinya secara berlebihan. Sebaiknya, simpan camilanmu di tempat tertutup dan jauh dari pandangan sehingga kamu pun membukanya di saat-saat terntentu. Sebagai ganti, letakkan camilan sehat seperti semangkuk buah dekat dari jangkauan.

 

5. Makan Makanan Berserat

Foto: caligirlgetsfit.com

Makanan berserat juga penting untuk mendukung keberhasilan diet kamu. Makanan berserat membantumu merasa kenyang lebih lama.

 

 

6. Minum Air Secara Reguler

Foto: naturalwaysofliving.blogspot.co.id

Minum air segara reguler dapat membantu program diet kamu, lho, selain tentunya membuat kulit lebih sehat. Coba juga untuk mulai mengganti minuman bersoda atau minuman dalam kemasan yang mengandung kadar gula tinggi dengan air putih. Pasti kamu merasa lebih sehat dan ringan! Minum sebelum makan juga efektif untuk membantumu mengurangi porsi makan.

 

7. Tidur Cukup

Foto: fundairing.com

Jumlah tidur yang cukup dan berkualitas ternyata juga dapat membantu keberhasilan program diet, lho. Dan salah satu kunci dari tidur cukup adalah mengonsumsi protein yang cukup.

 

Previous Article
Restoran Rooftop Yang Sering Jadi Tempat Nongkrong Artis
Restoran Rooftop Yang Sering Jadi Tempat Nongkrong Artis

Makan enak di rooftop bonus ketemu artis.

Next Article
10 Comfort Food Yang Membuatmu Merasa Semua Akan Baik-baik Saja
10 Comfort Food Yang Membuatmu Merasa Semua Akan Baik-baik Saja

Everything is going to be fine with food.

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More