Berpisah Dengan PMS

November 14, 2016 Elfida Lubis

Foto: womenshealthmag.com

Perempuan rata-rata setuju kalau PMS punya reputasi "buruk" dalam siklus hidup tiap bulannya. Bukan melulu soal mood swing, namun efek tidak nyaman yang dirasakan pada fisik seperti misalnya kram perut, tubuh yang seperti membengkak, sakit kepala, dan lainnya! Namun, jangan keburu mengambil obat penghilang rasa sakit kalau semua itu bisa diatasi dengan makan! (Sumber: Womensbest)

 

#1 JAUHI KAFEIN DAN PRODUK DARI SUSU

Di saat genting seperti ini, cobalah untuk menjauh dulu dari kafein dan susu karena dapat memperburuk kram pada perut.

 

#2 ZAT BESI

Kurangnya nutrisi juga dapat memperburuk gejala-gejala yang dirasakan saat menstruasi. Sebaiknya, konsumsi makanan sumber zat besi seperti daging merah, ikan, sayuran berdaun hijau, kuning telur, dan kacang-kacangan sebanyak mungkin pada periode-periode seperti ini.

 

#3 POTASIUM & MAGNESIUM

Foto: berkleys.com.au

Kedua zat di atas dapat membuat otot uterus lebih relaks sehingga mengurangi kram yang terasa saat mereka berkontraksi. Di hari-hari menjelang kedatangan tamu istimewa, sambut dengan perbanyak konsumsi makanan yang kaya akan kedua zat tadi, seperti pisang, sayuran hijau, salmon, dan tuna.

 

#4 JAHE, ADAS, KEMANGI

Foto: fitlife.tv

Jahe adalah wonder herb yang secara efektif menghapus kram saat menstruasi. Jenis herbal lain yang memiliki fungsi mirip seperti jahe adalah adas dan daun kemangi. Tambahkan potongan kecil jahe ke dalam air panas atau teh dan minum sebanyak 3 kali sehari. Kamu juga bisa mencoba minum teh adas, atau masukkan kemangi segar dalam menu makanan selama siklus haid berlangsung.

 

#5 SUPLEMEN MINYAK IKAN

Ternyata, asam lemak Omega-3 dapat membantu berkurangnya rasa sakit yang disebabkan oleh haid, lho. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa perempuan yang rutin mengonsumsi suplemen ini tidak mengalami kram perut hebat seperti mereka yang tidak meminumnya.

 

Previous Article
Makan Enak di Tanggal Tua
Makan Enak di Tanggal Tua

Makan hemat, tapi nikmat.

Next Article
Perjalanan Secangkir Kopi
Perjalanan Secangkir Kopi

Kisah di balik secangkir kopi yang terhidang di meja.

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More