Arti Piring "Bersih" Setelah Makan di Beberapa Negara

October 27, 2016 Elfida Lubis

 

Foto: cleanplateri.com

Piring makan yang "bersih" setelah kamu makan ternyata termasuk etika makan dengan makna berbeda di berbagai negara. Pelajari maknanya yuk, jadi kalau traveling ke sana, kamu bisa menyikapinya dengan bijak.

 

 

 

Foto: yomyomf.com

1. INDIA

Kalau di India, sebaiknya kamu menghabiskan apa pun yang ada di atas piring karena piring yang "bersih" menandakan rasa respek. Di wilayah tertentu seperti India Selatan, makanan kerap disajikan di daun pisang. Kalau kamu menghadapi situasi seperti ini, jangan panik. Setelah makan, kamu cukup melipatnya dari atas ke bawah untuk menunjukkan kepuasan.

 

Foto: maishoku.com

2. JEPANG

Di Jepang pun demikian halnya. Kamu akan dicap kasar kalau menyisakan makanan di atas piring, baik di rumah maupun restoran. Hal ini berhubungan dengan sebuah konsep dalam kebudayaan Jepang, "mottainai", yang bermakna perasaan menyesal telah membuang atau menyia-nyiakan sesuatu.

 

3. CHINA

Lain lagi dengan China. Kalau kamu meninggalkan piring dalam keadaan kosong-melompong, tandanya justru kamu masih lapar. Sebaiknya tinggalkan sedikit makanan kalau sudah kenyang dan tidak sanggup untuk makan lagi, seenak apa pun hidangannya.

 

 

Previous Article
Restoran Ramen Enak Ini WAJIB Didatangi (Part 1)
Restoran Ramen Enak Ini WAJIB Didatangi (Part 1)

Penyuka ramen segera buru artikel ini!

Next Article
13 Kota Kopi di Indonesia
13 Kota Kopi di Indonesia

Ke sini yuk, pecinta kopi.

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More