13 Kota Kopi di Indonesia

October 27, 2016 Elfida Lubis

Kopi lokal Indonesia tak (pernah) kalah kualitasnya dari kopi bangsa lain. Bahkan, sudah diakui posisinya sebagai salah satu kopi terenak di dunia. Mau tahu kota mana saja di Indonesia yang merupakan penghasil kopi berkualitas tersebut?

 

Foto: ahlikopilampung.com

1. Kopi Lampung

Provinsi Lampung adalah daerah penghasil kopi terbesar di Indonesia. Khususnya di Liwa, Kabupaten Lampung Barat yang lantas dijadikan contoh perkebunan terbaik secara nasional dalam hal peningkatan produksi dan mutu kopi. Kopi yang dihasilkan adalah robusta dengan rasa beragam tergantung letak geografis yang menjadi keuntungan tersendiri bagi kualitas kopi. Memasuki Liwa, aura kopi sudah terasa dari tersebarnya warung kopi di berbagai sudut kota. Produk kopi paling keren dari sini konon adalah kopi beraroma ginseng dan pinang. Sementara dari lokasi perkebunan di Danau Ranau, kopi yang terkenal adalah kopi luwak.

 

Foto: akupetaniindonesia.wordpress.com

2. Kopi Pagar Alam

Salah satu pusat kopi terkenal di Pagaralam berada di kaki Gunung Dempo. Anda akan menemukan hamparan kebun kopi di lereng dan lembah sepanjang mata memandang. Aroma kopi khas pun menyerbu indera penciuman di area ini. Menikmati kopi asli Pagar Alam, Sumatera Selatan di tengah udara sejuk menjadi kenikmatan tersendiri bagi pecinta kopi seperti kamu. Namun sayangnya, belum adanya pabrik pengelolaan sampai sekarang membuat biji-biji kopi yang dihasilkan dikirim ke Lampung dan Palembang untuk diproses lebih lanjut. Kalau kamu main-main ke Pagaralam, cari kebun kopi di sekitar Simpang Padang Karet yang konon dulu mengirim hasil panen ke dapur istana Ratu Yuliana pada zaman pemerintahan Belanda dan menjadi favoritnya.

 

Foto: ulinulin.com

3. Kopi Mandailing

Dalam sejarah kopi Indonesia, daerah yang pertama kali ditanami kopi Arabika adalah Desa Pakantan, Mandailing Natal. Tak heran bila kemudian Mandailing Natal menjadi daerah penghasil kopi Arabika berkualitas. Di Desa Sambang Banyak Jae Ulu Pungud, banyak sekali kebun kopi yang sudah berumur puluhan bahkan ratusan tahun yang diyakini memiliki hubungan dengan sejarah tadi.

 

Foto: kopi-tanpak.blogspot.co.id

4. Kopi Sidikalang

Sidikalang merupakan ibukota Kabupaten Dairi di barat laut Sumatera Utara. Tanah subur di ketinggian 1.066 mdpl menjadikan Sidikalang daerah yang sangat baik untuk menanam kopi. Karena kualitasnya, kopi dari daerah ini mampu bersaing dengan kopi-kopi terbaik dunia, sebut saja Brazil. Namun kabarnya, karena perbedaan harga jual Robusta dan Arabika cukup siginifikan, produktivitas kopi Robusta di sini semakin menurun. Banyak petani beralih menanam kopi Arabika yang lebih mudah pemeliharaan juga proses pengolahannya.

 

Foto: nonikhairani.com

5. Kopi Takengon

Takengon terkenal sebagai tempat penyemaian kopi pertama di Pulau Sumatera. Rangkaian bukit, tanah subur, dan curah hujan yang lumayan tinggi menjadi keuntungan untuk tanaman kopi. Kopinya lebih dikenal dengan sebutan Kopi Gayo yang sudah terkenal sampai ke dunia.

 

Foto: lahaap.com

6. Kopi Priangan

Kolonial Belanda pernah mengeksploitasi daerah ini untuk menghasilkan kopi selama dua abad, tepatnya di Kabupaten Bandung, Bandung Barat, Garut, Sumedang, dan sekitarnya. Produksi kopinya bernama Java Preanger.

 

Foto: republika.co.id

7. Kopi Ambarawa

Kampung Kopi Banaran di Ambarawa, Jawa Tengah juga termasuk daerah penghasil biji kopi terkenal di Indonesia. Pengelolaannya baik sekali, bahkan ada fasilitas penginapan sehingga kamu bisa melakukan argowisata di sini.

 

 

Foto: agro-ptpn12.com

8. Kopi Bondowoso

Di daerah Kalisat, Bondowoso yang berdekatan dengan Kawah Ijen, ada perkebunan kopi seluas sekitar 4000 hektar yang dikelola Perhutani.

 

Foto: mongabay.co.id

9. Kopi Bali 

Ada satu kawasan di Kintamani, Bali yang terkenal menghasilkan bubuk kopi terbaik, yaitu Bangli. Makanya, daerah ini lumayan sering diserbu wisatawan lokal maupun mancanegara yang penasaran dengan proses memanen kopi serta pengolahannya. Terutama, proses roasting menggunakan tungku api dan kayu bakar yang sudah langka.

 

Foto: kopibajawa.com

10. Kopi Bajawa

Kopi satu ini sudah begitu terkenal, bahkan sampai luar negeri. AFB atau Arabica From Bajawa berasal dari wilayah dataran tinggi Ngada, Pulau Flores. Masyarakat Ngada sudah membudidayakan kopi secara turun-temurun. Mereka menanamnya di bawah pohon penaung yang berfungsi sebagai sumber pupuk organik. Pestisida pun tidak digunakan sama sekali.

 

Foto: medium.com

11. Kopi Manggarai

Masih dari salah satu wilayah di Flores, Manggarai, nikmati kopi jenis yellow caturra yang sungguh nikmat! Saat masih menjadi buah dan matang,dia berwarna kuning alih-alih merah seperti jenis kopi lain. Jangan tanya rasa dan aftertaste-nya apalagi kalau diseduh dengan metode yang tepat, kamu pasti akan segera jatuh cinta pada yellow caturra.

 

Foto: historia.id

12. Kopi Toraja

Kopi ternyata menjadi salah satu ikon dunia pariwisata Toraja, Sulawesi Selatan. Kamu bisa mengunjungi perkebunan Sulutco yang terkenal akan produksi kopi luwaknya, berada sekitar 2 jam perjalanan darat dari pusat kota Rantepao.

 

Foto: cepamagz.com

13. Kopi Papua

Papua punya Lembah Baliem di Wamena yang merupakan salah satu wilayah penghasil kopi terbaik di Indonesia. Hati-hati tidak bisa tidur dibikinnya.

Previous Article
Arti Piring "Bersih" Setelah Makan di Beberapa Negara
Arti Piring "Bersih" Setelah Makan di Beberapa Negara

Habiskan atau tidak?

Next Article
Berbagai Roti Unik di Dunia
Berbagai Roti Unik di Dunia

Ada yang khusus dibuat untuk perayaan hari kematian!

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More