Berbagai Roti Unik di Dunia

October 26, 2016 Elfida Lubis

Kamu penggemar roti perlu baca tulisan di bawah ini karena bisa dijadikan referensi untuk mengenali roti unik dari negara-negara lain.

 

1. Pao de Queijo - Brazil

Foto: saga.co.uk

Roti keju kecil nan menggemaskan ini dapat ditemukan di seluruh pelosok Brazil dan beberapa negara di Amerika Selatan. Terbuat dari tepung tapioka dan telur yang membantunya mengembang tanpa perlu soda pengembang lagi.

 

 

2. Naan - India

Foto: savingdessert.com

Kini tidak hanya di India, roti ini juga bisa ditemukan di mana-mana. Enak dinikmati dengan mentega selagi panas sehingga meleleh dengan sendirinya. Selain itu, topping dan isian beragam, mulai dari manis sampai gurih bisa dinikmati bersama naan.

 

3. Pretzel - Jerman

Foto: blog.fooducate.com

Roti ini memiliki bentuk khas, yaitu seperti simpul yang longgar. Bumbu yang dipakai biasanya cukup garam, namun kini aneka rasa hadir di pretzel, mulai dari gula sampai matcha. Pretzel juga ada kue keringnya, lho.

 

 

4. Pan de Muertos - Meksiko

Foto: lacuochinasopraffina.com

Disebut juga dead bread, roti ini merupakan hidangan di saat peringatan Dia de los Muertos, hari libur di Meksiko yang diperuntukkan untuk mengingat dan mendoakan arwah yang sudah meninggal. Roti manis ini didekorasi dengan ruas berbentuk seperti tulang. Tapi, roti ini juga keluar di perayaan lain, seperti Thanksgiving dengan dekorasi yang tidak seseram tadi.

 

5. Bublik – Polandia

Foto: forums. hummingbirds.me

Dilihat sekilas, roti ini mirip bagel namun dengan lubang yang lebih besar. Teksturnya pun lebih padat namun apabila digigit justru lebih kenyal. Seperti halnya bagel, adonan roti ini harus direbus dulu sebelum dibakar. Rasanya bisa sedikit manis atau gurih, tergantung selera.

 

6. Bush Bread – Australia

Roti suku Aborigin ini terbuat dari biji-bijian yang ditumbuk sampai hancur, baru kemudian diolah menjadi adonan. Seiring dengan waktu, jenis biji-bijian yang dipakai berbeda-beda. Bahkan, ada juga yang menggunakan akar bunga lotus atau umbi-umbian.

 

7. Massa Sovada – Portugis

Foto: depontoemno.blogspot.com

Keistimewaan roti manis justru terletak pada keraknya. Apalagi dimakan hangat-hangat, hmm pasti lebih menggugah rasa. Biasa dimakan beramai-ramai pada momen liburan, khususnya libur Paskah.

 

8. Bammy – Jamaika

Foto: www.photochefs.com

Roti tipis yang awalnya merupakan makanan suku Arawak, suku asli Jamaika, ini terbuat dari bahan-bahan seperti ketela, garam, dan minyak kelapa. Sebelum dihidangkan, roti ini digoreng terlebih dahulu. Biasanya dinikmati dengan daging, ikan, alpukat, atau side dish lain.

 

9. Tiger Bread – Belanda

Foto: www.bakingmad.com

Dikenal dengan istilah tijgerbrood atau tijgerbol di Belanda, dutch crunch di Amerika Serikat, atau giraffe bread di Inggris karena bagian atasnya yang berkerak menghasilkan motif seperti bintik-bintik. Bahan minyak wijen membuat roti ini menguarkan aroma khas yang lezat. Meski begitu, bagian dalam roti ini lembut ketika dimakan.

 

 

Previous Article
13 Kota Kopi di Indonesia
13 Kota Kopi di Indonesia

Ke sini yuk, pecinta kopi.

Next Article
Di Mana Makan Sop Tulang Sumsum Enak?
Di Mana Makan Sop Tulang Sumsum Enak?

Yuk, berburu sop tulang sumsum bersama Grivy.

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More