9 Trik Untuk Mulai Menjadi Chef di Rumah

October 24, 2016 Elfida Lubis

Foto: Pixabay

Ada satu alasan klise namun kuat untuk tidak memasak sendiri makanan yang dikonsumsi, yaitu waktu. Tapi, katanya mau hidup sehat. Hidup sehat bermula dari makanan sehat yang dihasilkan dari makanan rumahan. Apalagi kalau sudah berkeluarga, menyiapkan makanan untuk pasangan dan anak dapat menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi perempuan.

Namun, teori memang selalu lebih mudah dibanding praktek. Butuh terobosan yang mampu mendobrak semua "kemalasan". Berikut beberapa tips sederhana yang membuat kamu berpikir, "Saya akan masak masakan sendiri mulai hari ini."

 

1. Tidak semua harus bermula dari yang "segar"

Tidak punya bawang putih bukanlah alasan. Siapa bilang kamu tidak boleh pakai yang dalam bentuk bubuk?

 

2. Luangkan 1 hari untuk perencanaan

Akhir pekan adalah waktu yang tepat. Buat rencana apa yang akan dimasak seminggu ke depan, catat bahan-bahan yang diperlukan, belanja kebutuhan, dan persiapkan seperti misalnya mengupas kentang, marinasi ayam, merebus daging, dan lain sebagainya.

 

3. Temukan resep atau sumber yang dipercaya

Tidak perlu buku resep yang fancy atau food blogger dengan follower ribuan, cukup beberapa resep makanan standar untuk memulai. Penggunaan alat masak yang familiar pun penting, ketimbang memilih alat canggih tapi bikin bingung dan pada akhirnya malah membuat kamu beranjak keluar dari dapur. 

 

4. Dapur adalah arena bermain

Memasak, seperti halnya kemampuan lain, butuh praktek. Jangan memaksakan diri untuk menghasilkan makanan rumit, apalagi kalau belum pernah mencoba sebelumnya. Latihan tetap perlu. Kalau kamu memang tertarik untuk membuat sebuah resep, berlatihlah dulu di akhir pekan, misalnya. Ingat, kuncinya adalah menikmati proses.

 

5. Keluarkan slow cooker

Memasak dengan metode slow cook kini kembali tren. Kamu bisa masak di malam hari sebelum berisitirahat, atau atur waktunya untuk ditinggal beberapa jam ke depan dan sudah siap begitu tiba kembali di rumah. Resepnya juga bisa ditemukan dengan mudah di situs-situs memasak. 

 

6. Ulangi lagi

Kalau sebuah makanan berhasil kamu taklukkan, ulangi lagi. Orang juga cenderung senang kok makan makanan enak yang disukainya secara berulang-ulang.

 

7. Jadikan waktu sebagai teman

Kalau lauk sudah siap lebih dulu ketimbang nasi, misalnya, sajikan saja dulu. Jangan jadikan waktu sebagai pembatas gerakmu.

 

8. Jangan takut salah

Semua makanan bisa diselamatkan, kata Adam Roberts, kreator amateurgourmet.com dan penulis buku "Secrets of the Best Chefs". Masak dan masaklah lagi karena kamu akan menemukan sendiri formula yang tepat.

 

9. Menjadi sederhana

Dimulai dari resep sederhana dengan bumbu sederhana. Yang pasti, kesediaan untuk memaafkan diri sendiri bahwa akan ada banyak kesalahan di awal percobaan, atau mungkin belum bisa konsisten untuk menyiapkan masakan sendiri setiap harinya. Asal ada niat, kamu pasti bisa mewujudkannya perlahan-lahan.

Previous Article
Di Mana Makan Sop Tulang Sumsum Enak?
Di Mana Makan Sop Tulang Sumsum Enak?

Yuk, berburu sop tulang sumsum bersama Grivy.

Next Article
Menikmati Manual Brew Terenak di Tangerang
Menikmati Manual Brew Terenak di Tangerang

Di mana?

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More