3 Cara Sederhana Menurunkan Berat Badan

October 18, 2016 Elfida Lubis

Tanpa rasa lapar, sekaligus memperbaiki sistem metabolisme dan kesehatan Anda, berikut adalah 3 cara untuk menurunkan berat badan yang PATUT dicoba. (Sumber: authoritynutrition.com)

 

Foto: unsugarize.com

 

1. Pangkas Konsumsi Gula dan Karbohidrat

Ini adalah langkah yang terpenting karena sumber makanan tadilah yang merangsang insulin paling besar. Kalau kamu belum tahu, insulin adalah tempat penyimpanan utama lemak di tubuh. Keuntungan lain dengan rendahnya kadar insulin adalah berkurangnya kandungan sodium dan air yang tidak diperlukan tubuh sehingga kamu tidak akan lagi berasa "bengkak". Metode diet mengurangi lemak sangat bergantung pada sistem penghitungan kalori yang masuk ke dalam tubuh sementara masih memungkinkan Anda merasa lapar. Sementara dengan metode memangkas gula dan karbohidrat sudah otomatis akan mengurangi kalori dan Anda pun dapat mengonsumsi zat lain dengan bebas.

 

Foto: diogenes-eu.org

2. Konsumsi Protein, Lemak, dan Sayuran

Tanpa karbohidrat dan gula, menu makanan Anda harus mengandung 3 hal berikut, yaitu sumber protein, sumber lemak, dan sayuran rendah karbohidrat. Sumber protein bisa diperoleh dari daging sapi, ayam, kambing, ikan dan makanan laut lainnya, telur. Diet tinggi protein juga baik untuk membuat Anda merasa kenyang sehingga tidak melulu terobsesi dengan makanan. Untuk sayuran, kamu dapat mengonsumsi brokoli, kembang kol, bayam, kale, kol, brussel sprouts, swiss chard, seladan, timun, seledri. Konsumsi sayuran sebanyak-banyaknya tidak akan mengganggu diet kamu. Justru, diet yang berbasis pada daging dan sayuran mengandung serat, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Sementara sumber lemak dapat diperoleh dari minyak zaitun, minyak kelapa, minyak alpukat, mentega. Sumber lemak terbaik adalah dari minyak kelapa karena mengenyangkan sekaligus memperbaiki metabolisme tubuh. Anda dapat makan dengan metode ini sebanyak 2-3 kali sehari.

 

Foto: thiswallpaper.com

3. Olahraga

Olahraga jangan sampai ketinggalan untuk mendukung program penurunan berat badan. Olahraga ringan dan rutin sudah cukup, seperti misalnya angkat beban yang dibuka dengan pemanasan dan diakhiri dengan stretching. Kalau angkat beban tidak termasuk dalam daftar pilihan kamu, latihan kardio seperti lari, berenang, atau jalan juga dapat dilakukan.

 

 

Psst, kamu boleh mengambil cuti 1 hari dengan mengonsumsi karbo, kok. Tapi, sebaiknya pilih sumber karbo yang baik, seperti gandum, beras, kentang, buah, dan lain sebagainya. Ingat, cuma 1 hari, ya! Ditambah tidur malam yang baik, selamat menikmati berat badan yang ideal.

Previous Article
Ternyata, Ada Makanan Yang Bisa Membantu Kamu "Begadang" Selain Kopi
Ternyata, Ada Makanan Yang Bisa Membantu Kamu "Begadang" Selain Kopi

Penting, nih!

Next Article
7 Alasan Kopi Adalah Minuman Paling Sehat di Dunia
7 Alasan Kopi Adalah Minuman Paling Sehat di Dunia

Jangan ragu minum kopi.

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More