15 Kue Nasional Yang Menjadi Kebanggaan Negaranya

September 14, 2016 Elfida Lubis

Masing-masing negara pasti memiliki jenis kue tradisional atau khas yang menjadi kebanggaan tersendiri. Di bawah ini, kami hadirkan kue-kue nasional yang harus Anda ketahui dan menjadi favorit semua orang. (Sumber: CNN)

 

Foto: laurieri.it

#1 Italia: Tiramisu

Kata "tiramisu" dalam bahasa Italia berarti "pilih saya". Dessert ini terbuat dari lapisan lady finger yang telah dicelupkan sebelumnya ke dalam kopi, kemudian dilengkapi bahan lain seperti keju mascarpone. Alternatif lain, lady finger bisa diganti dengan sponge cake

 

 

Foto: winni.in

#2 Jerman: Black Forest

Cake cokelat ini sangat terkenal di mana-mana dan digemari oleh siapa saja. Aslinya, black forest adalah chocolate sponge cake dengan efek memabukkan karena menggunakan kirschwasser atau cherry brandy yang tidak hanya setetes atau dua tetes, sehingga sempat muncul perumpamaan black forest ibarat cocktail yang bisa digigit. Nama asli dari kue ini sungguh susah, yaitu Schwarzwalder Kirschtorte. Cafe Schaefer dikenal sebagai tempat yang memiliki resep original kue kreasi Josef Keller pada tahun 1915 ini.

 

Foto: nejlepsi-cheesecake.nz

#3 Amerika Serikat: Cheesecake

Banyak kue lain yang juga identik dengan Amerika, terpaksa harus dikesampingkan terlebih dahulu oleh cheesecake. Meski resepnya sudah ditemukan dari periode Yunani kuno sampai bangsa Romawi, namun tekstur seperti yang sekarang ini muncul sejak hadirnya cream cheese pada akhir 1800-an. Kemudian, cheesecake pun menjadi begitu populer pertama kali di New York.

 

Dapatkan voucher potongan harga untuk beraneka chesecake dan menu lain dari Almond Tree

 

#4 Perancis: Madeleine

Cake mini berbentuk seperti kulit kerang ini begitu ringan, empuk, dan buttery. Seringnya dinikmati sambil minum teh di sore hari.

 

 
Foto: epicureandculture.com

#5 Australia: Lamington

Sponge cake hadir dalam kreasi baru di australia, dengan selimut cokelat dan taburan kelapa, jadilah lamington. Dinamai sesuai nama Lord Lamington yang merupakan Gubernur Queensland periode 1896-1901.

 

Foto: foodandwine.com

#6 New Zealand: Pavlova

Kue ini dinamai seperti nama balerina terkenal dari Rusia, Anna Pavlova, kue yang dibuat dari adonan berisi kocokan putih telur dan gula, dibakar lama, lalu disajikan dengan topping buah-buah segar dan whipped cream ini memberikan sensasi krius sekaligus segar saat digigit. Cocok buat Anda sweet tooth sejati.

 

Foto: foodelicacy.com

#7 Hong Kong: Ma Lai Go

Dim sum adalah makanan tradisi Hong Kong, bahkan mereka pun punya kue yang dimasak dalam wadah bambu yang juga menjadi bagian dalam tradisi menikmati dim sum. Ma Lai Go sangat adiktif berkat rasa karamel yang dihasilkan dari penggunaan brown sugar, serta tekstur kenyal dan lembutnya.

 

Foto: chowhound.com

#8 Meksiko: Tres Leches Cake

Namanya bermakna penggunaan tiga macam susu. Bisa terbayang, kue yang mudah ditemukan di banyak negara Amerika Latin ini memiliki rasa yang kaya dan lembut.

 

Foto: fromaustria.com

#9 Austria: Kaiserschmarrn

Kue ini sebenarnya pancake yang dipotong kecil sebelum akhirnya disantap bersama saus buah. Di Austria, kaiserschmarrn bisa juga dimakan sebagai hidangan utama.

 

Foto: chocolatechalk.com

#10 Uruguay: Postre Chaja

Postre Chaja adalah juga nama spesies burung di Amerika Selatan. Kue ini terdiri dari soft cake, krim, dan biasanya buah persik berlapis meringue. Merupakan hasil karya dari pemilik teahouse Orlando Castellano pada awal 1900-an, di mana resep aslinya masih bertahan dalam keluarga tersebut. Sampai sekarang, generasi ketiga Orlando Castellano masih menjalankan bisnis pabrik Confiteria las Familias di Kota Paysandu.

 

#11 Britania Raya: Victoria Sponge

Di negara yang dikenal dengan ritual minum teh ala keluarga kerajaan, satu jenis cake yang menguasai momen tersebut, adalah Victoria Sponge. Diberi nama sesuai dengan Ratu Victoria, kue ini terdiri dari 2 lapisan sponge cake yang ringan dan buttery, diisi selai raspberry. Whipped cream digunakan belakangan.

 

#12 Turki: Baklava

Dessert kaya tekstur dan rasa ini berisi lapisan filo dan kacang pistachio yang disiram sirup ataupun madu. Baklava dapat dinikmati di Turki dan negara-negara Timur Tengah dan dianjurkan bersama dengan secangkir kopi. 

 

Foto: semiswede.com

#13 Swedia: Prinsesstarta

Prinsesstarta atau Swedish Princess Cake begitu dicintai, sampai-sampai mereka punya waktu khusus untuk merayakan kue tersebut. Biasanya, dilakukan di minggu terakhir September selama seminggu penuh. Penjualan kue akan meningkat drastis karena diskon besar-besaran di masa itu. Konon ceritanya, kue ini diajarkan pertama kali oleh Jenny Akerstrom kepada para putri di kerajaan pada awal tahun 1900-an.

 

#14 Jepang: Dorayaki

Kue kegemaran Doraemon ini adalah 2 susun pancake berbentuk bulat berisi kacang merah. Dinamakan dora, yang berarti gong, konon karena kue ini dibuat oleh pasangan berusia tua dalam sebuah gong yang ditinggalkan oleh samurai terluka yang mereka temui pada zaman Edo. 

 

 

Foto: nordicfoodliving.com

#15 Denmark & Norwegia: Kransekage

Kransekage dalam bahasa Denmark atau Kransekake versi Norwegia adalah kue nasional paling spektakuler yang bisa Anda temukan di sana. terbuat dari tumpukan kue berbentuk cincin yang mengecil ke atas, di mana kue tersebut terbuat dari putih telur, gula, dan kacang almon. Kue ini terkenal sebagai kue perayaan, alias sering muncul di berbagai perayaan, seperti misalnya saja pernikahan atau malam tahun baru.

 

Previous Article
6 Trik Kopi Pagi Anda Lebih Nikmat
6 Trik Kopi Pagi Anda Lebih Nikmat

But first, coffee...

Next Article
September Ceria Berkat Promo Makan Murah
September Ceria Berkat Promo Makan Murah

Jangan sampai kelewatan!

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More