5 Oleh-Oleh Untuk Orang Tersayang Kalau Anda Jalan-Jalan ke Aceh

August 14, 2016 Elfida Lubis

Salah satu jenis oleh-oleh yang sering dibawa untuk mereka yang menanti di tempat asal, adalah makanan. Bagi yang akan atau sedang berkunjung ke Aceh, berikut ide oleh-oleh yang dapat diburu di tanah serambi Mekah tersebut.

 

1. Kue Timpan

Kue timpan yang terbuat dari tepung ketan, diisi pisang raja atau labu, kemudian dibungkus daun pisang ini termasuk oleh-oleh wajib dari Aceh. Sekarang, sudah banyak ragam modifikasi kue timphan berisi srikaya sampai durian. Anda bisa menemukan kue ini di warung kopi dan toko kue tradisional.

 

2. Kue Adee Meureudu

Kue ini juga termasuk yang direkomendasikan untuk dibawa pulang dari Aceh. Sebenarnya, kue ini lazim ditemukan di wilayah Meureudu, Kabupaten Pidie Jaya, namun sekarang sudah banyak juga dijual dalam bentuk kemasan di Banda Aceh. Kue ini terbuat dari tepung terigu dan singkong atau ubi dengan rasa gurih yang berasal dari aroma bawang goreng. Kunjungi Sentra Oleh-Oleh di Jalan Banda Aceh, Lhoknga Desa Lampisang, Kecamatan Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar atau toko kue lain untuk mendapatkannya.

 

3. Kue Bhoi

Kue bhoi disebut juga sebagai kue ikan karena bentuknya. Mudah ditemukan di seluruh wilayah Aceh, biasanya kue ini termasuk ke dalam barang seserahan saat seorang lelaki hendak melamar perempuan.

 

4. Ayam Tangkap 

Anda sebenarnya sudah bisa menemukan menu khas dan terkenal dari Aceh ini di beberapa restoran di Jakarta. Namun, apa salahnya membawa langsung dari tempat asalnya. Kuliner berupa ayam kampung goreng yang dimasak dengan rempah-rempah, kari ayam, dan juga daun pandan ini memberi rasa gurih yang nikmat. Salah satu tempat yang menyediakan paket ayam tangkap untuk Anda bawa pulang adalah Rumah Makan Aceh Rayeuk di Jalan Teungku Imum Leung Bata, Lamseupeung, Baiturrahman, Banda Aceh.

 

Foto: jalansekarang.wordpress.com

6. Kopi Aceh

Pastinya belum sah kalau tidak membawa kopi Aceh sebagai buah tangan. Biasanya, wisatawan kerap memborong kopi Gayo sebagai oleh-oleh sebelum meninggalkan kota tersebut. Tempat untuk membeli kopi yang cukup terkenal adalah Ulee Kareng di Jalan Lamreung Nomor 2, Banda Aceh.

 

 

 

Previous Article
5 Atlet Olimpiade dan Kebiasaan Makan Mereka
5 Atlet Olimpiade dan Kebiasaan Makan Mereka

Kisah atlet dan makanannya.

Next Article
Promo Makan Kekinian (Enggak Bakal Digerebek!)
Promo Makan Kekinian (Enggak Bakal Digerebek!)

Jangan khawatir, yang ini sudah dapat izin resmi.

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More