Makanan Untuk Meningkatkan Fungsi Otak

July 30, 2016 Fani Rachmita

Menurut penelitian, orang yang mengkonsumsi makanan yang diproses (makanan siap saji) yang mengandung banyak lemak tak jenuh, secara signifikan dapat mengurangi fungsi otak, bahkan membuat otak mengecil! 

Terlalu banyak lemak tak jenuh (yang biasa ditemui di daging merah dan produk susu) bisa jadi berkontribuso pada penyumbatan saluran darah. Dan lama kelamaan akan terjadi peradangan pada tubuh termasuk otak. Juga, pengawet makanan di daging cepat saji akan menambah dampak buruknya. Namun jangan khawatir, makanan-makanan ini bisa membantu daya ingat dan kerja otak Anda 

 

Kopi 

Kopi bekerja secara langsung dan terasa manfaatnya. Lebih banyak energi, lebih tinggi tingkat atensi lebih bagus memori. Menurut Dr. Majid Fotuhi, PhD, Chief Medical Officer of Neurocore Bari Performance Center, meminum secangkir kopi atau teh dapat meningkatkan memori otak, bahkan meski hanya untuk sementara. 

 

Susu

Selama susu diperkaya dengan Vitamin D, vitamin akan menyediakan energi untuk tubuh yang sekaligus meningkatkan perhatian kita. Vitamin D disebut juga dengan "sunshine" vitamin karena paparan sinar UVB yang penting untuk kulit. Menurut Fotuhi lagi, Vitamin D dari susu dapat menolong meningkatkan fungsi otak secara keseluruhan termasuk memori. Ingat, untuk jeli memilih lemak yang terkandung dalam susu yang digunakan. 

 

Lemak Ikan 

(foto: splendidtable)

DHA adalah kandungan dalam makanan yang terbaik untuk meningkatkan memori. DHA adalah asam lemak omega-3 yang terdapat dalam beberapa ikan seperti salmon, makarel, herring, tuna dan ikan asin. Otak memilih lemak ini dibanding lemak lain karena dapat digunakan untuk membangun sel-sel yang dapat membuat kita lebih efektif berkomunikasi. 

 

Telur 

(foto: Taste)

Telur juga mengandung banyak folate dan B12 yang dapat bekerjasama untuk merawat kesehatan sel saraf. Hanya hati-hati saat mengolah telur, merebus atau memasaknya dengan olive oil adalah cara terbaik untuk mendapat manfaatnya. 

 

Buah Berry 

Segala buah berakhiran berry seperti blueberri, stroberi dan raspberry mempunyai level tertinggi pada skala ORAC, skala yang menilai level anti-oksidan pada makanan. Anti-oksidan seperti vitamin C dan E bekerja untuk melundungi membran sel otak dan organ internal tubuh dari radikal bebas yang kita dapat dari udara yang kita hirup atau bahkan proses internal pada tubuh. 

 

Kunyit 

Kurkuma yang terkandung dalam kunyit adalah bahan dalam makanan yang dapat menyingkirkan plak beta-amyloud yang biasa dikaitkan dengan penyakit kognitif. Bahan ini terserap sempurna saat dimasak dengan cabe atau lemak lain seperti dari ayam. Yang jadi kunci adalah bahan yang dimasak bersama kunyit, Anda tidak bisa begitu saja mencampur kunyit dengan burger misalnya. 

Previous Article
Berburu Pokemon Di Kafe Ini, Yuk!
Berburu Pokemon Di Kafe Ini, Yuk!

Buruan sebelum keduluan gamer lain.

Next Article
Burger Masa Depan: Burger Tanpa Daging
Burger Masa Depan: Burger Tanpa Daging

Dalam sebuah burger, daging adalah komponen terpenting. Bayangkan bila Anda menyantap burger tanpa ada keha...

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More