5 Poin Penyebab Anda Tak Kunjung Langsing

July 29, 2016 Elfida Lubis

Mungkin poin-poin di bawah ini adalah penyebab mengapa Anda tak kunjung turun berat badan. (Foto: pixabay.com)

 

1. Anda mengonsumsi gula tersembunyi.

Kalau makanan "sehat" kemasan seperti sereal sarapan pagi, yogurt rendah lemak, protein bar, sup siap jadi, dan jus dalam botol masih rutin dikonsumsi, bisa jadi penyebabnya. Karena seperti yang kita tahu, terlalu banyak gula dalam diet justru berkontribusi pada naiknya berat badan kembali. Selalu cek kadar gula dalam setiap makanan kemasan yang Anda konsumsi atau Anda mulai membiasakan diri dengan mengonsumsi sumber makanan alami. 

 

2. Anda menghindari lemak baik.

Tak semua lemak harus dihindari. Diet sehat dan seimbang melibatkan lemak baik atau lemak tak jenuh di dalamnya karena lemak jenis ini mengenyangkan dalam waktu lama, sekaligus meningkatkan kemampuan tubuh untuk memproses vitamin A, D, E, dan K yang membakar lemak. Jadi, jangan takut untuk mulai mengonsumsi kacang-kacangan, alpukat, atau ikan seperti salmon, makarel, dan tuna.

 

3. Anda mengikuti konsep diet yang salah.

Misalnya saja fad diet, jenis diet yang mengharuskan Anda mengurangi atau menghilangkan satu dari komponen nutrisi makanan harian. Dengan fad diet, kemungkinan berat badan turun memang lebih cepat namun dalam jangka pendek dan bahkan dapat berbahaya bagi kesehatan. Contoh fad diet misalnya kombinasi antara diet karbo, protein, dan lemak.

 

 

4. Anda tidak mengonsumsi kalori yang cukup.

Pola makan yang bertujuan mengurangi berat badan bukan berarti menghemat konsumsi kalori. Ketika tubuh Anda merasa mulai kekurangan makanan, dia akan bergantung pada apa pun jenis energi yang ada untuk mengantisipasi rasa lapar. Ini membuat metabolisme tubuh menjadi lamban dan justru semakin menyulitkan proses pembakaran kalori. Efek buruknya, Anda gampang merasa pusing dan letih sepanjang hari dan terdorong untuk mengonsumsi makanan dengan kalori tinggi namun tidak bernutrisi ketika sampai pada puncak di mana sudah tidak mampu lagi mengontrol rasa lapar.  

 

5. Anda tidak minum cukup air.

Dehidrasi dapat dengan mudah menyabotase usaha Anda untuk menurunkan berat badan. Terkadang kita berpikir lapar ketika sebenarnya yang dibutuhkan adalah air. Jadi lain kali, cobalah minum air terlebih dahulu ketimbang langsung makan kalau Anda merasa lapar. Kalau rasa lapar Anda tidak kembali setelah sekitar 20 menit, berarti yang tubuh Anda butuhkan memang air. Menjaga tubuh tidak dehidrasi juga mampu meningkatkan kemampuan metabolisme. 

Previous Article
5 Cara Lain Menikmati S'mores
5 Cara Lain Menikmati S'mores

S'mores, terdiri dari graham crackers, melting chocolate dan marshmallow yang dapat menggoyang lidah dan me...

Next Article
5 Tempat Makan Kaya Toast Otentik Terenak Se-Jakarta
5 Tempat Makan Kaya Toast Otentik Terenak Se-Jakarta

Nomor 1 sedang ada promo!

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More