7 Dessert Otentik Ini Harus Anda Buru Sampai ke Negara Asalnya!

July 19, 2016 Elfida Lubis

Untuk para penikmat gula, inilah dessert favorit dari berbagai penjuru dunia yang harus Anda kenali dan sudah pasti bakal dicintai. (Sumber: CNN)

 

#1 Sandesh - India 

 Rajeev Bhadani, seorang chef dari India, menyebutkan bahwa sandesh adalah dessert paling populer di India juga di negara lain. Banyak variasi dari sandesh, namun pada dasarnya dessert satu ini dapat dibuat hanya dari 3 bahan dasar, yaitu gula, paneer (keju segar lazim ditemukan di negara-negara Asia Selatan), dan bubuk kapulaga.  

 

#2 Baklava - Turki

Dessert kaya tekstur dan rasa ini mengandung potongan kacang yang disatukan bersama bahan lain oleh sirup ataupun madu. Baklava dapat dinikmati di Turki dan negara-negara Timur Tengah dan dianjurkan bersama dengan secangkir kopi. 

 

#3 Gelato - Itali

Gelato berarti beku dalam bahasa Indonesia. Yang mengejutkan, gelato sebenarnya bukan berasal dari Italia, melainkan negara asal binatang panda. Yang membuat gelato lebih istimewa ketimbang es krim biasa terletak pada lemak, udara, dan temperatur penyajiannya. Kebanyakan gelato menggunakan susu alih-alih krim, sedikit atau tanpa kuning telur sama sekali, dan terkadang mencampurkan bahan utmanya dengan puree buah-buahan sehingga terciptalah sorbet. Gelato dan sorbet sama-sama dikocok dengan kecepatan rendah, membuat tekstur lebih padat dan rasa lebih kuat dibanding es krim biasa. Disajikan pada suhu lebih hangat adalah faktor mengapa gelato tetap lembut dan creamy.  

Foto: id-gourmet.com

 

#4 Blonde Brownie - Qatar

Qatar punya cara baru dalam menikmati brownie. Brownie kuning keemasan ini dibuat dari bahan-bahan unsalted butter, brown sugar, telur, vanila, tepung terigu, baking powder, dan juga garam. Brownie pun dinikmati dengan lelehan cokelat yang membangkitkan selera.  

Foto: zannavandijk.co.uk

 

#5 Malva Pudding - Afrika Selatan

Malva Pudding berasal dari Western Cape, Afrika Selatan yang bakal sering Anda jumpai bila berkunjung ke restoran atau kafe di sana. Dengan tekstur spongy, dessert berbahan buah aprikot ini kerap dinikmati dengan saus krim.

Foto: michaelolivier.co.za

 

#6 Pisang Panggang dengan Ketan - Vietnam Selatan

Namanya Chuoi Nuong, dessert dari Vietnam wilayah selatan yang dimasak dengan cara dipanggang ini adalah ketan isi pisang. Kalau ke Vietnam, wajib mencicipi makanan yang mudah ditemukan di pinggir jalan ini.

 

#7 Sakuramochi - Jepang

Mochi dengan rasa bunga sakura ini diisi dengan kacang merah dan dibungkus dengan daun sakura yang sudah dijadikan acar.

Foto: japan-talk.com

 

 

Previous Article
3 Museum Makanan Seru Ada di Kota Berikut
3 Museum Makanan Seru Ada di Kota Berikut

Berbondong-bondong ke museum.

Next Article
Dari Pagi Sampai Malam Makan di Bogor
Dari Pagi Sampai Malam Makan di Bogor

Enggak bakal kekurangan!

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More