Kamus Untuk Para Penggemar Wine

June 30, 2016 Elfida Lubis

Seperti halnya kopi, menikmati wine pun berarti Anda harus berkenalan dengan beberapa istilah asing yang terkadang terdengar aneh di telinga. Supaya tidak memalukan saat wine tasting atau acara-acara lain di mana Anda dapat menikmati minuman klasik dan anggun ini, berikut beberapa istilah yang dapat dipelajari tersebut. (Sumber: Purewow)

 

Foto: notonthehighstreet.com

FULL-BODIED

Kata ini digunakan untuk mendeskripsikan tekstur wine. Anda dapat membandingkannya dengan istilah whole atau skim milk, jadi jika Anda mencari yang lebih ringan, Anda bisa mengatakan light atau medium-bodied.

 

EARTHY

Kata ini dipakai untuk menggambarkan aroma. Biasanya aroma earthy disematkan pada white wine yang tercium seperti rumput segar atau red wine yang tercium seperti hutan.

 

Foto: bostinno.streetwise.co

BLEND

Artinya, wine yang sedang Anda minum terbuat dari beragam jenis anggur. Misalnya saja, sebotol Bordeaux.

 

FRUIT-FORWARD

Rasa buah mendominasi wine ini, seperti misalnya Sauv Blanc atau Montepulciano.

 

Foto: blog.ridgewine.com

OAKY

Wine umumnya tersimpan beberapa lama di dalam gentong. Oaky adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan rasa yang muncul akibat proses tadi. Seperti misalnya sebotol Zinfandel yang terasa seperti rokok dan kopi, atau Pinot Noir yang seperti cokelat.

 

SAVORY

Kalau istilah ini, dipakai untuk menjelaskan rasa pahit seperti pada sayuran yang ditemukan dalam wine. Jenis wine yang sering digambarkan sebagai savory misalnya Sangiovese, Nebbiolo, dan Cabernet Franc.

 

Foto: latimes.com

SWEET

Kalau Anda senang dengan dessert wine atau wine yang biasanya cocok dipasangkan dengan makanan penutup, berarti Anda dapat menggunakan istilah di atas. Biasanya dapat ditemukan pada jenis Muscato.

 

DRY

Pada dasarnya, dry menunjukkan hal sebaliknya dari sweet.

 

Foto: livelikeanitalian.com

MINERALITY

Minerality mirip dengan Earthy. Jika Anda jatuh cinta dengan jenis roses yang dry dan renyah atau garing, Anda cocok dengan istilah ini. Minerality juga dipakai sebagai lawan dari istilah buttery dan oaky.

 

BUTTERY

Gunakan kata ini untuk memilih wine yang menawarkan desir lembut dan rasa creamy saat didekatkan ke mulut, seperti halnya Chardonnay.

 

Foto: wickedjackstavern.com

TANNIN

Gunakan kata ini untuk menggambarkan bahan dalam anggur yang dapat membuat bibir mengerut. Wine dengan kandungan tannin tinggi bahkan membuat seolah air liur Anda menguap bersama tiap sesapannya.  

 

CORKED

Ini menunjukkan sesuatu yang buruk, disebut cork taint. Terjadi saat cork (gabus penutup botol wine) terkontaminasi sebelum botol dibuka. Anda akan tahu bahwa segelas wine yang disodorkan corked karena tercium aroma seperti bulu anjing basah! T_T

Previous Article
Mencicip Permen dan Cokelat dalam Buku Harry Potter
Mencicip Permen dan Cokelat dalam Buku Harry Potter

Dari Sugar Quills hingga Chocolate Frogs yang terkenal, Anda bisa melihat, memegang dan mencicipinya di dun...

Next Article
Menurut Gordon Ramsay, Resep Western Food ini Wajib Anda Kuasai
Menurut Gordon Ramsay, Resep Western Food ini Wajib Anda Kuasai

Anda pecinta western food? Yang sangat menggemari burger hingga brownies? Juri Masterchef dan pemilik resto...

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More