Jangan Ngaku Pecinta Kopi Kalau Belum Pernah ke 37 Kedai Kopi Ini

June 7, 2016 Elfida Lubis

"But first, coffee please..." Bagi pemburu kopi, ungkapan tadi menggambarkan efek kopi sebagai mood booster yang simpel untuk menjalani aktifitas seharian. Ungkapan tersebut ada benarnya karena banyak sekali ternyata manfaat yang dikandung minuman kopi bila tahu bagaimana cara menikmati minuman satu itu dengan benar. Berikut tempat-tempat di Jakarta bahkan sampai Yogyakarta yang pantas Anda buru untuk kopinya.

 

#1 Laku Kopi hanyalah kedai kopi kecil di Pasar Graha Raya Bintaro, Tangerang Selatan. Namun jangan ragukan kualitas kopi yang dihidangkannya. Otak brilian sang barista pun mampu meracik menu-menu otentik dan tidak akan Anda jumpai di tempat lain, seperti sebut saja Carasec yang memberi rasa seperti rootbeer saat disesap. 

Foto: Elfida Lubis

 

 

#2 Nikmati secangkir kopi Toraja yang segar di Uncle Ben's Coffee yang berada di Pasar Modern BSD. Kita patut bangga Indonesia diakui sebagai salah satu penghasil kopi jenis robusta dan arabika terbaik dunia. Untuk itu, tak salah dengan mengapresiasinya lewat menikmati kopi lokal di kedai kopi lokal yang tak kalah memperhatikan kualitas biji kopi yang dipakai. 

 

#3 Kopi Gayo adalah salah satu jenis kopi yang diminati pecinta kopi sejati, baik orang lokal sampai asing. Tingkat keasamannya tidak terlalu tinggi sehingga bisa ditolerir oleh Anda yang tidak begitu kuat mengonsumsi kopi. Namun tahukah Anda, Aceh pun punya biji kopi yang menguarkan rasa seperti wine? Kalau penasaran, datang ke Five Times Coffee Shop di Pasar Modern BSD saja

 

#4 Hangout di Kroma Koffie & Kiosk yang berada di wilayah Gandaria, Jakarta Selatan wajib hukumnya bagi Anda yang suka sekali foto-foto. Interiornya bergaya sleek modern dengan dominasi warna putih  yang membuatnya photogenic. Untuk urusan kopi, mereka menyediakan beragam menu, seperti misalnya Caffe Latte yang meninggalkan rasa fruity dan lembut. 

 

#5 Penggemar kopi sekaligus pemburu makanan enak terutama makanan dari negara Belanda, Kopi Boutique di Jalan Pangeran Antasari, Jakarta Selatan adalah jawabannya. Seperti apa ya rasa Dutch Buttercoek Coffee?

 

#6 Asa Gao adalah kedai kopi bertemakan Jepang sehingga kopi yang disajikannya pun disesuaikan dengan tren yang sedang berlangsung di Jepang. Penasaran? Segera langkahkan kaki ke Ruko Graha Boulevard, Gading Serpong, Tangerang dan coba sendiri uniknya Kori Kohi.

 

#7 Semakin banyak spot baru di Bintaro yang Instagram-able alias memiliki pojok unik untuk berfoto. Salah satunya adalah Sanderson Coffee Co yang tepatnya berada di Jalan Bintaro Raya No. 8. Menu minumannya juara. Banyak yang mengaku jatuh cinta dengan Ice Green Tea di sana. Atau, pesan secangkir Latte dengan art seperti di bawah ini. 

 

#8 Secangkir kopi terbukti dapat menstimulasi pelepasan hormon dopamine supaya mood bahagia tetap terjaga. Dan dessert, adalah obat paling mujarab saat Anda merasa stressed. Maka menikmati secangkir kopi original dan sepotong muffin di tengah interior minimalis namun hangat yang ditawarkan Community Coffee adalah mood booster paling ampuh!  

 

#9 Pigeonhole Coffee di wilayah Bintaro menawarkan beragam menu kopi juga minuman lainnya dalam balutan desain interior ruangan yang sungguh eye-catchy.

Foto: eatandtreats.blogspot.co.id

 

Pigeonhole Coffee Menu, Reviews, Photos, Location and Info - Zomato

 

#10 Linggih House of Coffee menyajikan kopi dalam metode brewing yang dapat disesuaikan dengan selera. 

 

#11 Headline Coffee dimiliki oleh seorang Q Grader perempuan pertama dari Indonesia bernama Mira Yudhawati. Kalau Anda mulai tergila-gila dan ingin mendalami kopi lebih jauh, tempat ini cocok untuk didatangi. Mulai dari Single Espresso sampai Picollo Latte tersedia dengan beragam metode brewing yang dapat disesuaikan untuk memenuhi keinginan sekaligus keingintahuan Anda. Saat ini mereka sedang bersiap pindah dari Kemang ke lokasi baru. 

 

#12 Super Gayo Coffee yang sudah memiliki 2 outlet di Lebak Bulus dan Cikajang ini merupakan milik Kin Aulia, gitaris The Fly, yang berdarah Gayo asli dan memiliki passion pada kopi. Anda akan disuguhkan beragam menu kopi Aceh yang disiapkan dengan proses seduh tradisional.

 

#13 Fortunate Coffee menghadirkan sajian kopi enak yang dibuat dengan metode manual brew dan cold brew. Misalnya saja yang harus Anda coba adalah cold drip Costa Rica yang berlangsung selama jam, menghasilkan rasa akhir manis dan sedikit cokelat.  

 

#14 Malabar Mountain Cafe berada di Bogor, tepatnya di Komplek Ruko Braja Mustika. Menyajikan kopi yang dipanen dari kebun sendiri di Pegunungan Malabar kawasan Pengalengan, Bandung Selatan milik PT Sinar Mayang Lestari di bawah merek Malabar Mountain Coffee. Untuk menjaga kualitasnya, Malabar Mountain Coffee diuji di laboratoriom penguji Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia. Hasilnya, kopi yang mereka diproduksi memiliki ciri khas rasa manis dengan tingkat keasaman segar yang ringan. 

 

#15 Menyesap kopi di  Greenwood Coffee yang berada di Jalan Radio IV No. 2 Kebayoran Baru akan memberi momen inspirasi sendiri lewat konsep serba hijau yang diterapkan. Kopi jenis Arabica terbaik tersaji lewat menu-menu seperti Black Coffee, Cappuccino, Café, Vanila, Caramel, hingga Hazelnut Latte dengan aroma hazelnut yang menggoda.

 

#16 Coffee shop satu ini terbilang baru berdiri, tepatnya di kawasan Gading Serpong, Tangerang. Namun berkat konsep retro vintage pada interior yang unik serta sajian kopi Arabika berkualitas terbaik, Fortu Coffee House sudah mendapat tempat di hati pengunjungnya. 

 

#17 Woodpecker Coffee yang berada di Jalan Panglima Polim V No. 23 menyajikan menu kopi dan minuman lain juga makanan yang digarap serius sehingga tak sia-sia rasanya menghabiskan waktu ngopi Anda bersama teman tercinta di sini.

 

#18 Yang seru dari Kanawa Coffee & Munch adalah mereka mempunyai ruang khusus yang bisa disewa sebagai working space dengan fasilitas Wi-Fi kencang. Jadi bagi para pekerja kreatif Jakarta yang mencari tempat menginspirasi untuk berkarya, langsung saja menuju ke coffee shop yang berada di wilayah Senopati, Jakarta Selatan ini. 

 

#19 Anda pecinta kopi dan bir pasti puas bila berkunjung ke Coffeebeerian. Sesuai namanya, kafe di jalan Panglima Polim ini menyajikan campuran unik kedua minuman tersebut. Specialties yang mereka tawarkan adalah Single Origin, Coffeebeerian Blend, dan Craftedbeer atau home brewed beer. 

 

#20 Gayo Bies Kopi adalah kedai kopi paling dicari di Pasar Santa. Sesuai namanya, gerai ini menyediakan kopi dari dataran tinggi Gayo di Aceh. Di kedai kopi ini, pengunjung dapat menikmati kopi Gayo yang harum , terasa gurih dan tidak terlalu pahit, atau dengan pilihan medium-roasted untuk memunculkan acidity  atau dark roasted  yang terasa agak pahit.  

 

#21 Deer Brown Coffee cocok untuk hangout bersama teman-teman sampai tempat kencan, dengan spot menarik yang bisa dijadikan latar foto yang seru. Kedai kopi di bilangan Jakarta Barat ini bahkan menyediakan proyektor bila Anda ingin menonton film DVD.   

 

#22 Berlokasi di Jalan Birah Raya Blok S, Jakarta, Stomping Grounds adalah coffee shop yang berada satu area dengan barbershop bernama Barberbox dan distro yang menjual fashion pria bernama District. Interiornya sangat cozy, didominasi dengan warna putih dengan sebagian besar perabotan dari kayu, juga penataan yang unik membuat Stomping Grounds nyaman dijadikan tempat hangout

 

#23 Trafique Coffee merupakan one stop coffee place yang berkomitmen pada pecinta kopi dengan menyajikan hanya fresh roasted coffee begitu Anda pesan. Coffee roaster yang aktif bekerja pun memberi aroma kopi ke seantero ruangan yang menampilkan desain rustique chic

Sumber: manual.co.id

 

#24 Tak mau kalah dengan coffee shop lain, Le Cafe Gourmand yang berada di area Senopati, Jakarta Selatan menawarkan beragam single origin yang akan memuaskan Anda para pecinta kopi. Mereka serius menggarap minuman satu ini, terbukti dari pilihan light roast atau dark roast sesuai kebiasaan Anda dalam menikmati kopi.  

 

#25 Mau tahu ke mana para petualang alam Indonesia pergi ngopi? Jawabnya adalah ke Ngopi Yuk Jelajah Nusantara. Warung kopi di bilangan Gandaria, Jakarta Selatan ini sering didatangi oleh para traveler yang begitu mencintai keindahan dan kekayaan alam serta budaya tanah air. 

Sumber: IG @ngopiyuk_id

 

#26 Kafe cantik di Menara Imperium, Jalan H.R. Rasuna Said ini menyediakan aneka kopi baik lokal maupun luar yang dipajang dalam toples-toples bening. Sebut saja kopi Aceh, Jawa, Flores, Toraja, Guatemala, Panama, Kenya, Ethiopia, Brazil, dan masih banyak lagi. Anda bisa menikmati single origin coffee maupun menu lain seperti Cappuccino, Latte, dan beragam frappuccino. Docco Coffee & Tea juga menyediakan biji kopi untuk dibawa pulang ataupun disimpan di tempat untuk lain kali diseduhkan tiap Anda berkunjung. 

 

#27 Berada di area Pondok Indah, tepatnya di Jalan Gedung Hijau Raya Blok SF-07 No. 74, Publichood Coffee Shop menyediakan kopi lezat sekaligus tempat potong rambut bagi Anda pria trendi Jakarta. Satu hal yang menarik di sini adalah, menu kopi diterangkan dengan satuan ons dan warna. Hal ini ternyata dimaksudkan sang pemilik untuk menciptakan percakapan antara tamu dengan barista. Anda bakal bertanya-tanya, Kopi Hitam 3 ons itu sama dengan kopi apa , ya?  

 

#28 Coffee Bluer & Damn Chop Shop di Bekasi Selatan menggabungkan konsep coffee shop dan barbershop dengan keunggulan sama kuat pada masing-masing bidang usahanya. 

 

#29 Filosofi Kopi adalah sebuah kedai kopi yang terinspirasi dari buku dan kemudian diangkat menjadi film. Tidak hanya menjadi lokasi pengambilan gambar, Filosofi Kopi di Melawai benar-benar dibuka untuk umum bahkan kini sudah memiliki cabang kedua di Bintaro.

Foto: suara.com

 

#30 Giyanti Coffee Roastery akan memberi pengalaman minum kopi yang mengingatkan Anda pada ketenangan Ubud meski Anda sedang berada di tengah wilayah padat ibukota, tepatnya di Jalan Surabaya, menteng. Nikmati juga beragam jenis kopi yang disiapkan dengan penuh cinta oleh sang barista. 

 

#31 Better Life Coffee di Food Container Lebak Bulus, Jakarta Selatan merupakan tempat untuk menyesap kopi enak. Jenis kopi terbaik Indonesia ada di sini, sebut saja kopi Flores Bajawa, Bali Kintamani, Aceh Gayo, Toraja Kalosi, dan masih banyak lagi. Namun bagi Anda yang kekinian, mereka juga punya menu macam Red Velvet Latte maupun Taro Latte yang tak kalah enak di lidah dan tentunya di layar kamera digital. 

 

#32 Masih soal kopi dengan rasa beragam yang sedang tren, Kolary Coffee juga menyediakan minuman jenis tersebut. Datang langsung bersama teman-teman Anda ke Kolary Coffee yang berlokasi di Gedung Perpustakaan Kemendikbud, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta.

 

#33 Six Degrees Coffee Drinkers di Mal Alam Sutera, tepatnya di area Alfresco akan memberikan pengalaman menyeruput kopi dan santap kuliner seru bagi Anda. Coba Black Caribbean Coffee yang akan membuat Anda jatuh cinta pada kopi.

 

#34 Toska Juice & Coffee menyediakan minuman mulai dari yang segar seperti jus, sampai favorit Anda, kopi nikmat! 

 

#35 Bangunannya tak kalah dibanding coffee shop yang ada di dalam mal besar. Djule Kofi menawarkan pengalaman minum kopi mewah di pinggir jalan Melawai bersama dengan ragam biji kopi premium yang dimilikinya.

Foto: manual.co.id

 

#36 Klinik Kopi naik daun begitu dijadikan salah satu lokasi pengambilan gambar film Ada Apa Dengan Cinta 2. Namun, seharusnya kedai kopi di Yogyakarta ini bisa naik daun berkat kopi terbaik dan cara terunik penyajiannya.

Foto: kompas.com

 

#37 Coffeedential Roastery & Dessert di wilayah Gading Serpong, Tangerang memenuhi selera ngopi untuk pemburu kopi di wilayah tersebut, sekaligus tempat nongkrong yang enak.   

 

 

Previous Article
20 Meme Makanan Kocak
20 Meme Makanan Kocak

Ngabuburit, yuk...

Next Article
Kopi dan Hubungannya Dengan Kesehatan
Kopi dan Hubungannya Dengan Kesehatan

Mari budayakan minum kopi.

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More