Kopi dan Hubungannya Dengan Kesehatan

June 5, 2016 Elfida Lubis

Siapa bilang minum kopi melulu beresiko bagi kesehatan? Menurut penelitian yang dilakukan oleh Dana Farber Cancer Institute Amerika Serikat, kopi dapat meningkatkan kemungkinan sembuh pada penderita kanker usus juga membantu mencegah kembalinya penyakit tersebut.

Penelitian dilakukan pada hampir 1000 pasien kanker usus stadium 3 yang telah melakukan operasi dan kemoterapi. Setelah mengonsumsi sekitar 2-3 cangkir kopi per hari (sekitar 460 miligram kafein) selama beberapa waktu, disinyalir 42% pasien tidak terserang penyakit itu kembali. Hebatnya lagi, penelitian yang dilakukan oleh Dana Farber Cancer Institute ini menambah deretan penelitian tentang hubungan kopi dengan kemungkinan perlindungannya terhadap pertumbuhan beberapa jenis kanker, seperti kanker payudara akibat postmenopause, melanoma, kanker hati, dan kanker prostat.

Kenapa sih kopi? Masih menurut penelitian, karena kopi menunjukkan kemampuannya mengurangi resiko manusia terserang penyakit diabetes tipe 2, di mana faktor-faktor beresiko penyakit itu juga terlihat pada penderita kanker usus. Namun selain minum kopi, tentunya pola hidup sehat juga harus terus dijalankan, ya.

 

Previous Article
Jangan Ngaku Pecinta Kopi Kalau Belum Pernah ke 37 Kedai Kopi Ini
Jangan Ngaku Pecinta Kopi Kalau Belum Pernah ke 37 Kedai Kopi Ini

Sebuah daftar yang wajib dibaca pecinta kopi.

Next Article
Anda Termasuk Tamu Favorit Atau Bukan?
Anda Termasuk Tamu Favorit Atau Bukan?

Jangan sampai masuk ke dalam daftar ini!

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More