Anda Termasuk Tamu Favorit Atau Bukan?

June 5, 2016 Elfida Lubis

Sumber: www.thermea.ca

“Tamu adalah raja” tidak membuat Anda berhak semena-mena ketika pergi makan di sebuah restoran. Bagaimanapun juga, restoran masih merupakan tempat publik yang mewajibkan Anda menghargai tamu lain yang ada di sana. Kalau Anda ada di dalam salah satu daftar di bawah, siap-siap, karena berarti Anda bukanlah jenis tamu yang difavoritkan oleh pelayan restoran.

 

1. Tidak menghargai reservasi

Sudah melakukan pemesanan tapi Anda datang terlambat atau bahkan tidak datang sama sekali. Bisa-bisa mereka enggan menerima reservasi Anda berikutnya. Terlebih, di restoran-restoran yang memiliki daftar tunggu panjang.

 

2. “Ribut”

Oke, Anda sedang merayakan momen spesial di sana. Namun bukan berarti Anda merasa berhak untuk jadi yang paling diistimewakan saat itu. Bolak-balik memanggil pelayan seolah dia adalah pelayan pribadi meja Anda, berulang kali meminta pelayan mengambil foto Anda, dan tindakan mengganggu lainnya lama-lama bisa mengesalkan, lho.

 

3. Kejam

Mungkin, makanan yang disajikan memang tidak sesuai ekspektasi. Tapi bukan berarti Anda berhak menggunakan kata-kata dan nada kasar bersifat menyerang pelayan. Bagaimanapun, empati harus tetap dijaga. Dan seringnya, membicarakan masalah yang dihadapi dengan pihak yang lebih bertanggung jawab akan memberi hasil akhir sama-sama memuaskan.

 

4. Tidak percaya pada ahlinya

Toh, Anda sudah memilih untuk datang ke restoran kan daripada memasak sendiri di rumah. Jadi, percayakan saja pada mereka kalau Anda meminta rekomendasi mengenai menu yang pas. Jangan lantas memberikan tatapan tidak percaya dan kata-kata tidak enak. Kalau memang begitu, lebih baik Anda menentukan sendiri apa yang mau dipesan atau lebih baik lagi kalau sudah mendapat rekomendasi dari kolega yang sudah pernah ke sana sebelumnya.

 

5. Komplen di dunia maya secara berlebihan

Dunia maya semakin menjadi sumber segala informasi yang Anda butuhkan. Kalau Anda ingin menuliskan review terhadap sebuah restoran yang telah Anda kunjungi, sebaiknya tetap lakukan dalam kadar profesional karena kalau sudah terlanjur marah-marah tidak pada tempatnya, ternyata yang salah persepsi malah Anda, siapa yang rugi?

Previous Article
Kopi dan Hubungannya Dengan Kesehatan
Kopi dan Hubungannya Dengan Kesehatan

Mari budayakan minum kopi.

Next Article
Menu Bule Buat Buka Puasa? Kenapa Tidak?
Menu Bule Buat Buka Puasa? Kenapa Tidak?

Pilih mana favorit Anda

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More