Street Food Bikin Sakit Perut!

May 29, 2016 Elfida Lubis

Salah satu hal terseksi yang dapat dilakukan selama traveling adalah, menyicipi street food. Selain mengetahui cita rasa lokal dan mendapat sedikit gambaran bagaimana budaya dan gaya hidup setempat, harga yang murah-meriah tentu membantu penghematan dana jalan-jalan Anda.

Berikut makanan lokal dari berbagai negara yang, hati-hati, bisa membuat "perut sakit"! 

 

1. Arepas dari Kolombia yang tak ubahnya seperti tortilla dari Meksiko atau roti dari Italia, sangat populer dan hampir dipastikan dapat dijumpai di rumah-rumah penduduk lokal. Makanan berbahan dasar jagung ini dapat dinikmati sebagai pembuka, pendamping, atau camilan. Namun, bisa juga dinikmati sebagai hidangan utama, tergantung bagaimana filling atau topping yang dipakai. 

Foto: roughguides.com

 

2. Halo-Halo dari Filipina yang berarti "mix-mix" atau mungkin "gado-gado" versi bahasa Indonesia. Namun Halo-Halo bukanlah makanan, melainkan dessert berisi kacang merah, kelapa, buah-buahan, dan isian lain, kemudian ditambahkan sirup, susu, es serut, dan es krim di atasnya. Memberi kesegaran di tengah cuaca panas dan lembab negara tersebut.

 

 

3. Pierogi dapat ditemukan di negara-negara Eropa bagian timur, namun hanya Krakow, Polandia yang mempunyai festival khusus tentang makanan satu ini. Pierogi adalah handmade dumpling yang dibentuk seperti pastel, berisi daging, kentang, dan keju.

Foto: megryansmom.com

 

4. Banh Mi asal Vietnam adalah baguet mini versi Vietnam yang lebih tipis dan crispy, diisi campuran acar wortel, lobak, dan daging. Rasanya segar-segar unik!

Foto: scootertoursaigon.com

 

5. Bubble, Pearl, atau Boba Tea yang berasal dari Taichung, Taiwan sejak tahun 1980an ini terus bertahan bahkan berkembang menjadi salah satu minuman yang digemari di seluruh dunia. 

Foto: eatthis.com

 

6. Poutine asal Kanada adalah kentang goreng yang terendam dalam saus khusus ditambah keju. Berminyak, namun itu yang membuatnya lezat, bukan?

Foto: lifepart2.com

 

7. Siapa bilang Turki melulu soal kebab? Kalau Anda berjalan-jalan ke sana, Roti Simit adalah satu makanan yang dipastikan hampir bisa dijumpai di setiap penjuru kota. Berbentuk cincin besar dan diselimuti oleh kacang wijen, roti ini lebih ringan dibanding bagel dan pas untuk menikmati secangkir teh Turki. Hmm...

Foto: istanbulfreewalkingtour.com

 

8. Xia Long Bao adalah jenis dumpling yang disajikan bersama semangkuk kuah. Cara makannya yaitu dengan dicelupkan terlebih dahulu ke dalam kuah tersebut. 

Foto: japantimes.co.jp

 

9. Tidak ada yang lebih menggoda saat traveling ke Italia, selain gelato originalnya!

Foto: ourawesomeplanet.com

 

10. Bakso adalah makanan pinggir jalan yang akrab di Indonesia. Bisa ditemukan dengan mudahnya di berbagai pelosok daerah, mulai dari yang dijual di gerobak sampai di rumah makan. Bisa dinikmati sebagai menu utama, kudapan sore hari, atau sering juga dicari saat hari hujan. 

 

11. Okonomiyaki atau pancake gurih ala Jepang dengan bahan dasar utama telur dan tepung terigu ini berisi macam-macam sayuran maupun daging. 

 

12. Bahan makanan yang paling mendasar ada di dalam takoyaki adalah gurita, selain daun bawang, jahe, sampai potongan tempura. Dimakan dengan topping saus khusus takoyaki, mayones, dan katsuoboshi atau serpihan kering terbuat dari ikan menambah gurih makanan jalanan yang digemari berbagai kalangan ini.

 

13. Berbeda dengan takoyaki, taiyaki adalah pancake manis yang diisi dengan kacang merah. Sekarang, kita juga dapat menjumpai taiyaki yang diisi custard sampai nutella, bahkan yang gurih seperti keju pun ada. Berbentuk seperti ikan membuat camilan ini tampil menawan.

 

14. Yaki Imo atau ubi manis yang dibakar di atas kayu ini merupakan jajanan yang sering dijumpai dan menjadi favorit terutama di musim dingin. Biasanya, penjual yaki imo akan berkeliling dan meneriakkan "Yaki imooo..." lewat pengeras suara. Hal ini membangkitkan kenangan zaman dulu bagi sebagian warga Jepang.

Sumber: www.totorobaga.com

 

15 Kue cubit merupakan jajanan abadi anak sekolah di Indonesia. Terbuat dari adonan tepung terigu dengan topping meises cokelat dan beragam variasi rasa lain yang dikembangkan belakangan.    

 

17. Es Cendol adalah jenis minuman tradisional berisi adonan tepung terigu atau beras diberi pewarna hijau, dengan cairan gula merah, air santan kelapa, es serut atau es batu, dan terkadang potongan nangka untuk menambah aroma dan rasa. Tenggorokan Anda akan kembali segar setelah menikmati minuman yang berasal dari Indonesia ini. 

Foto: bumbu.cn

 

18. Kebab adalah makanan dari Timur Tengah yang semakin mudah ditemukan di negara mana pun. Praktis dan mengenyangkan menjadi alasan mengapa orang suka mengonsumsi makanan satu ini. 

 

19. Meksiko terkenal banyak memiliki makanan tradisional yang enak dan juga sudah mendunia. Salah satunya adalah Queasadillas, tortilla dari tepung atau jagung yang diisi daging, sayuran, tak ketinggalan keju spesial yang kemudian dibentuk menjadi setengah lingkaran.  

 

20. Rugi rasanya kalau ke Indonesia tak menyicipi martabak yang merupakan salah satu street food paling populer. Martabak gurih maupun manis, dua-duanya sama-sama enak untuk dinikmati. Kini, modifikasi martabak semakin merajalela sehingga Anda dapat menikmatinya dalam banyak varian rasa yang semakin seru!

 

21. Bbopkki atau lolipop ini mirip dengan gulali di Indonesia. Terbuat dari gula yang telah dikaramelisasi dan sedikit baking soda, menghasilkan tekstur renyah sehingga akan terasa seperti makan keripik.

Foto: kaylas-koren-adventure.blogspot.com

 

22. Ddeokggochi adalah sate kue beras yang harus Anda nikmati kalau sedang traveling ke Korea. Dinikmati bersama saus khusus yang gurih akan semakin menambah lezat cita rasanya. Bisa juga untuk mengganjal perut sembari mencari tempat makan yang pas sesuai selera di sana.

 

23. Panipuri atau roti air karena dimakan dengan cara memasukkan kuah kaldu dan beberapa isian ke dalamnya. Di India bagian utara disebut juga dengan Golgappa. 

Foto: joannalobo.com

 

24. Kalau ke Roma, jangan lupa makan Suppli atau kroket beras yang akan memberikan kejutan bagi pemakannya karena diisi dengan keju mozzarella! Hmm yummy...

Foto: duespaghetti.com

 

25. Marrakesh yang memesona menawarkan street food Tagine untuk Anda cicipi. Rebusan dengan isian daging dan sayuran dengan banyak bumbu rempah, tak ketinggalan beberapa jenis buah sampai kacang ini dinikmati dengan couscous atau roti.

Foto: londonfashiontours.com

 

 

Previous Article
17 Resep Burger Yang Anda Butuhkan di Rumah
17 Resep Burger Yang Anda Butuhkan di Rumah

No. 16 favorit kita semua.

Next Article
21 Camilan Ini Membawa Memori Anda ke Masa Kecil Yang Indah
21 Camilan Ini Membawa Memori Anda ke Masa Kecil Yang Indah

Khusus buat generasi '90-an.

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More