Keuntungan Diet Kaya Protein

April 19, 2016 Elfida Lubis

Foto: fundairing.com

Penelitian menyebutkan bahwa kurang tidur adalah salah satu faktor yang menyebabkan berat badan bertambah. Sebuah penelitian baru menunjukkan bahwa pola diet tertentu dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak sekaligus membuat berat badan menjadi lebih ideal. Mau tahu?  (Sumber: Huffington Post)

Menurut penelitian yang dipimpin oleh Wayne W. Campbell, Profesor Ilmu Nutrisi di Purdue University, diet kaya protein adalah jawabannya. Penelitian yang dilakukan pada sejumlah orang dan dalam kurun waktu tertentu ini membuktikan bahwa menjadikan protein sebagai kunci utama dalam diet Anda berefek positif pada kualitas tidur yang pada akhirnya membantu proses penurunan berat badan Anda.

 

Berikut adalah dua kunci penting apabila Anda ingin melakukan diet kaya protein:

  •  Yang Penting Jumlahnya. Sejumlah orang dibagi ke dalam 3 kelompok, di mana masing-masing diminta mengonsumsi protein dengan pembagian sebagai berikut: kelompok pertama sebanyak 10%, kelompok kedua sebanyak 20%, kelompok ketiga sebanyak 30%. Protein yang dipakai dari berbagai sumber, baik itu protein hewani maupun nabati, yaitu daging sapi, kacang kedelai, dan kacang polong. Hasilnya membuktikan bahwa tidak penting sumber namun yang penting adalah jumlahnya. Kelompok yang mengonsumsi protein paling tinggi berhasil mendapat tidur lebih berkualitas dibanding lainnya.  
  • Semakin Tinggi Protein Semakin Nyenyak Tidur Anda. Penelitian pun ditingkatkan oleh tim peneliti ini. Yaitu, dibentuk 2 kelompok di mana kelompok pertama adalah yang mengonsumsi makanan dengan kadar protein lebih tinggi dan kelompok kedua adalah yang mengonsumsi makanan dengan kadar protein normal. Setelah 4 bulan, ditemukan hasil bahwa penderita susah tidur dalam kelompok pertama berkurang sementara pada kelompok kedua hal tersebut tidak terjadi. 
  • Apa Alasannya? Penelitian yang pernah dilakukan sebelumnya menunjukkan bahwa neurotransmitter pada otak atau penanda biologis lain yang berhubungan dengan sikus tidur manusia dipengaruhi oleh apa yang dikonsomsi. Lebih spesifik, kadar protein yang tinggi dapat mempengaruhi level insulin dan peredaran asam amino dalam tubuh. Kedua faktor tadi mempengaruhi tingkat serotonin dan melatonin yang pada akhirnya memiliki imbas pada kualitas tidur.  

 

Temukan paket menu diet murah dari Foodpreneur di sini 

 

 

 

 

 

 

Previous Article
3 Makanan Dunia di Nusa Dua Retreat Boutique Villa Resort & Spa Ini Diskon Besar-besaran!
3 Makanan Dunia di Nusa Dua Retreat Boutique Villa Resort & Spa Ini Diskon Besar-besaran!

Rugi kalau kelewatan!

Next Article
5 Tempat Bergosip Seru!
5 Tempat Bergosip Seru!

Tempat dan menu yang nyaman adalah syarat bergosip yang lama!

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More