Sejarah Panjang Hubungan Makanan dan Musik

March 13, 2016 Fani Rachmita

Musik dan makanan adalah dua hal yang bila disadari adalah dua hal yang tak dapat dipisahkan. Coba hitung berapa banyak food and music festival tercipta atau bagaimana saat Anda menikmati makanan di restoran tanpa terdengar alunan musik mengalun? Pasti ada sesuatu yang kurang kan?

 

(foto: ilnascondiglio.net)

Hubungan antara makanan dan musik mempunyai sejarah yang sangat panjang. Banyak komposer dan penampil di bidang musik adalah seorang connoisseurs dan bahkan ada yang berkontribusi langsung dengan membuat resep.

Makanan dan wine sering menginspirasi lahirnya karya-karya baru dan mempengaruhi proses kreatif seorang komposer. Hal ini telah menjadi subyek dari berbagai karya musikal mulai dari lagu tentang minum, savory gastronomical hingga referensi kuliner yang bisa Anda temui di pertunjukan opera seperti Mozart, Rossini dan Verdi. Musik kini menjadi metafora bagi para musisi saat menciptakan lagu.

Sudah banyak bukti kuat yang menunjukkan kalau suara dapat memberikan pengaruh bagi kita dalam menyicip atau merasakan masakan, bahkan dalam cara yang paling dramatis. Begitu pun sebaliknya, banyak lagu yang terinspirasi dari makananan. Coba cari berapa banyak lagu yang tercipta dari secangkir kopi atau es krim misalnya.

Orang-orang yang bekerja dalam bidang makanan dan musik terus mencari cara dan kesempatan untuk bekerja bersama dan di zaman modern ini, sepertinya kolaborasi ini akan semakin bertambah dan dalam bentuk yang beragam.

 

Pairing Food & Music

Seorang blogger musik dan makanan, Matthew Hickey melalu blog-nya Turntable Kitchen mengatakan, saat memasangkan makanan dan musik, kita menggunakan musik untuk membangun suasana yang dapat membantu menonjolkan profil rasa pada makanan. Contohnya, bila kita menyiapkan makan malam dengan menu rustic farmhouse, kita akan memilih album rustic dan folk, bila kita menyajikan makanan yang bersih dan kontemporer, musik yang bersih dan slick seperti synth pop. Musik yang bagus tentunya menjadi syarat utama. Memainkan musik yang bagus akan membuat tamu menjadi nyaman yang akan mendorong percakapan dan men-set mood. Coba bayangkan, bila Anda sedang asyik menikmati dessert di cafe dengan interior cantik tiba-tiba mengalun musik Rock atau Metal membahana? Ini bisa membuat mood dan apetite Anda hilang seketika.

Sebagai contoh, Turntable Kitchen merekomendasikan resep makanan seperti meatloaf with homemade barbecue sauce dengan musik yang didominasi instrumen Banjo seperti Sufjan Stevens. Selain blog, inovasi lain muncul dalam bentuk perpaduan buku dan CD. The Recipe Project merilis buku berisi kompilasi resep-resep dari chef-chef terkenal dan cerita mengenai resep-resep dari penulis makanan. Buku ini ditemani oleh CD yang berisi musik-musik yang cocok dengan berbagai resep tersebut yang digubah oleh One Ring Zero. Dalam kata lain, band tersebut menyanyikan bahan makanan dan bagaimana membuat masakan berdasarkan resep tersebut. Hmm.. menarik ya!

 

Penawaran Diskon & Promo Makanan Lezat Bisa Anda Temui Hanya Di Sini

 

Previous Article
Mending ke Gastromaquia Jakarta Daripada Madrid
Mending ke Gastromaquia Jakarta Daripada Madrid

Bukan hanya karena alasan nomor 5!

Next Article
Makanan Sehat Yang Bisa Anda Simpan Dalam Kulkas
Makanan Sehat Yang Bisa Anda Simpan Dalam Kulkas

Cek list makanan sehat ini yang bisa Anda simpan di kulkas tanpa khawatir kehilangan nutrisinya

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More