Yuk, Simpan Daging Kurban dengan Benar!

August 21, 2018 Chatarina Komala

Punya persediaan daging melimpah saat Iduladha? Jangan asal simpan, ya. Ini cara penyimpanannya agar daging tetap aman dimakan!

Ada kalanya, Anda tidak bisa langsung mengolah daging kurban yang didapatkan. Alasannya beragam, mulai dari waktu yang terbatas, hingga karena saking banyaknya daging yang Anda terima. Kalau sudah begini, menyimpannya di kulkas jadi satu-satunya pilihan. Toh, stok daging Anda masih bisa diolah di kemudian hari jika cara menyimpannya benar.

Berikut adalah empat cara menyimpan daging kurban dengan benar!

 

1. Jangan Dicuci

Ilustrasi: ww2.kqed.org

Memang, ada sebagian orang yang risi melihat stok daging yang kotor dan belum dicuci. Namun, mencucinya sebelum disimpan hanya akan merusak kualitas daging. Pasalnya, jika dicuci dengan air, kuman dan bakteri akan lebih mudah masuk dan tinggal di dalam pori-pori daging. Tentu saja, untuk memastikan kebersihan daging--Anda bisa mencucinya. Hanya saja, sebaiknya cuci daging sebelum dimasak saja, ya.

 

2. Potong Daging

Ilustrasi: www.ndudu-by-fafa.blogspot.com

Sebelum disimpan di lemari es, potong daging dalam ukuran yang lebih kecil. Setelahnya, simpan potongan tadi dalam plastik bening dengan ukuran setengah atau satu kilogram. Adapun selain membantu “mengawetkan” daging, cara ini juga lebih praktis, karena jika ingin dimasak--Anda hanya perlu mengambil daging seperlunya.

Kalau sudah, tinggal masukkan plastik tadi ke freezer. Kabarnya, cara ini juga mampu mengawetkan daging maksimal selama satu tahun, lho!

 

3. Simpan Dulu di Kulkas

Ilustrasi: www.youtube.com

Sebelum masuk ke freezer, sebaiknya simpan bungkusan daging tadi ke dalam kulkas, kira-kira empat hingga lima jam. Barulah setelah dingin, Anda bisa memasukkan ke bagian freezer.

 

4. Rendam dalam Suhu Normal

Ilustrasi: www.steemit.com

Cara ini berlaku saat ingin mengolah daging yang Anda simpan. Anda bisa merendam daging yang telah beku dalam air bersuhu normal; atau meletakkannya di bawah air kran (daging masih terbungkus plastik). Nah, setelah daging tidak lagi beku, bukalah plastik tadi, cuci hingga bersih, dan tiriskan.

 

Previous Article
Makan Sehat di 6 Restoran Vegetarian Jakarta
Makan Sehat di 6 Restoran Vegetarian Jakarta

Kini, vegetarian Jakarta tidak perlu repot mencari makan. Pasalnya, ada banyak restoran khusus vegetarian y...

Next Article
Siap-siap, Ini Dia Menu Favorit Iduladha!
Siap-siap, Ini Dia Menu Favorit Iduladha!

Iduladha sebentar lagi. Sudah tahu ingin masak apa? Kalau masih bingung, ini dia beberapa rekomendasi menu ...

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More