Yuk, Ketahui Pola Makan Para Atlet!

September 17, 2018 Chatarina Komala

Sejumlah tuntutan--terlebih memenangkan pertandingan--membuat para atlet mengontrol pola hidupnya. Tidak terkecuali, soal makanan dan minuman yang masuk ke tubuh.

Berkaca pada perhelatan Asian Games 2018 kemarin, Anda tentu semakin hormat pada posisi atlet. Berjuang untuk membanggakan negara, atlet tidak ubahnya seperti seorang patriot. Tentu saja, untuk berada di posisi mereka, butuh perjuangan yang sangat besar. Selain jam berlatih yang intens, mereka juga harus rela mengontrol pola hidupnya. Tidak terkecuali, soal makanan dan minuman yang masuk ke tubuh.

Tidak seperti orang pada umumnya, seorang atlet memiliki sejumlah aturan makan yang harus dipatuhi. Penasaran?

 

1. Makan Kalori Lebih Banyak

Ilustrasi: www.today.com 

Bagi orang yang berdiet, kalori mungkin jadi hal yang paling dihindari. Nah, hal berbeda terjadi pada seorang atlet. Lantaran harus sering berlatih, mereka butuh makan lebih banyak kalori. Namun, tidak sembarang menyantap makanan berkalori saja, mereka juga butuh asupan yang seimbang dari lemak sehat, protein tanpa lemak, karbohidrat kompleks, hingga serat dari buah dan sayuran.

Sebagai perbandingan, seorang atlet senam atau renang butuh mengonsumsi sekitar 2 ribu hingga 2.500 kalori per hari. Perhitungan akan berbeda pada tim sepak bola yang harus makan lebih dari 4.500 kalori. Sementara atlet sepeda butuh 8 ribu kalori per hari.

 

2. Protein Tinggi

Ilustrasi: www.bbc.com

Makanan kaya protein amat diperlukan sebab protein bisa membantu memperbaiki, mempertahankan, dan meningkatkan massa otot. Di sisi lain, protein juga berperan untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Jadi, nggak mudah sakit, deh. Adapun sekitar 30% dari asupan atlet profesional haruslah mengandung protein tanpa lemak. Namun, tidak melulu berasal dari makanan, para atlet juga bisa mengonsumsinya dalam bentuk protein shake.

 

3. Air Putih

Ilustrasi: www.omenkaonline.com

Bagi seorang atlet, memastikan tubuh terhidrasi dengan baik setiap harinya adalah hal yang penting. Nggak heran, mereka wajib minum air putih dalam jumlah banyak, mengingat cairan yang mereka keluarkan juga sangat banyak saat sedang berlatih.

 

4. Makan Banyak Saat Sarapan

Ilustrasi: www.friendlysrestaurants.com

Bagi seorang atlet, sarapan adalah hal yang penting. Sebagai perbandingan, mereka akan “makan besar” seperti telur rebus, ayam atau steak, keju, hingga alpukat sementara untuk makan malam, mereka hanya memerlukan buah segar. Adapun hal ini dilakukan dengan alasan: ketika bangun pagi, kadar gula darah cenderung rendah, sehingga mereka perlu asupan padat energi untuk latihan.

Previous Article
Makan Santai di Restoran dengan Pemandangan Alam Bogor
Makan Santai di Restoran dengan Pemandangan Alam Bogor

Sudah makanannya enak-enak, pemandangan alamnya pun cantik banget!

Next Article
Minum Kopi Susu Kekinian, Enaknya di Sini!
Minum Kopi Susu Kekinian, Enaknya di Sini!

Di cuaca yang terik, paling enak minum yang segar-segar. Apalagi, kalau minuman tersebut berjenis kopi yang...

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More