Yuk, Coba Menu Diet Mayo Praktis Ini!

September 5, 2018 Chatarina Komala

Ilustrasi: www.kesehatanalami.info

Diet mayo memiliki banyak peminat lantaran mampu mengurangi banyak bobot tubuh dalam waktu singkat. Penasaran? Yuk, buat sendiri menunya!

Digagas oleh Mayo Clinic USA, diet mayo rupanya punya banyak peminat lantaran terbukti ampuh menurunkan berat badan. Tidak main-main, penurunannya bahkan mencapai delapan kilogram per 13 hari. Popularitas jenis diet ini sendiri semakin merangkak, sebab juga dijalani oleh banyak figur publik.

Adapun diet mayo merupakan cara menyantap makanan tanpa garam yang dilakukan selama 13 atau 14 hari. Dengan kata lain, dalam kurun waktu kira-kira dua minggu, Anda tidak diperbolehkan menyantap garam atau makanan asin.

Penasaran apa saja menu diet mayo yang baik dan benar? Yuk, coba bikin sendiri dengan panduan berikut!

 

Hari Pertama dan ke-8

Sarapan: untuk sarapan, ada banyak versi yang bisa Anda coba. Mulai dari (1) satu gelas kopi hitam tanpa gula, (2) teh dengan gula sedikit, (3) teh hijau, atau (4) satu cangkir susu tanpa lemak. Setelahnya, untuk makanan--Anda bisa menyantap sereal atau gandum utuh ber-topping potongan pisang dan susu tanpa lemak.

Makan siang: bisa langsung coba cara ekstrem seperti (1) dua butir telur rebus, satu buah tomat, serta bayam rebus, atau (2) dua helai roti gandum dengan isian 110 gram tuna atau dada ayam tanpa lemak. Nah, agar tidak terlalu hambar, Anda bisa menambahkan campuran mayones rendah kalori, bubuk kari, dan cincangan seledri pada isian roti. Jangan lupa daun selada, 300 gram wortel, dan potongan paprika. Oh ya, untuk versi kedua makan siang ini, Anda boleh kenyang, kok. Kalau belum, tambahkan satu buah apel, ya!

Makan malam: (1) 150 gram daging bakar tanpa kulit dan daun selada yang dibakar dengan perasan air lemon serta satu sendok makan minyak zaitun. Bisa juga mencoba versi yang lebih lengkap, seperti (2) ikan kod dengan lemon, 115 gram buncis kukus, 75 gram buah bit, salad dengan dressing minyak zaitun, serta jus jeruk atau air lemon.

 

Hari kedua dan ke-9

Sarapan: Anda bisa memulai hari dengan (1) dua butir telur ayam rebus atau (2) dua buah kentang rebus ukuran sedang. Sebagai pelengkap, minum pula satu cangkir kopi atau teh dengan gula. Hindari susu.

Makan siang: rebus atau bakar satu potong dada ayam dengan bumbu ketumbar, perasan air lemon, minyak zaitun, dan sedikit mentega rendah lemak. Tambahkan daun selada dan satu buah segar (bisa jeruk, apel, pir, dan lain sebagainya). Jika belum kenyang, tambahkan satu ubi rebus atau salad buah dan sayur dengan dressing tanpa lemak. Oh ya, sebagai pelengkap, Anda bisa minum air putih, teh hijau hangat, atau jus buah tanpa gula.

Makan malam: 150 gram daging bakar atau daging ayam rebus tanpa bumbu, yoghurt satu gelas, plus tambahan daun selada dan beragam sayuran. Untuk minuman, Anda bsia mencoba susu rendah kalori atau kopi tanpa gula.

 

Hari Ketiga dan ke-10

Sarapan: satu potong roti gandum bakar, dengan selai kacang, sayur rebus, dan segelas kopi hitam atau teh plus gula. Hindari susu.

Makan siang: (1) kukus daun seledri, tomat sebanyak satu buah, dan satu buah segar. Anda bisa juga minum jus buah tanpa gula dan air putih. Sementara itu, versi (2) bisa berupa dua buah telur rebus, satu buah tomat, dan satu ikat bayam kukus (bisa juga direbus).

Makan malam: (1) dua butir telur rebus, dua iris daging ham atau ayam rebus, satu buah apel, dan sayuran hijau. Untuk minuman, bisa mencoba teh hijau hangat atau susu rendah kalori.

 

Hari Keempat dan ke-11

Sarapan: satu cangkir kopi hitam atau teh dengan sedikit gula dan satu potong roti bakar dengan kombinasi selada adan tomat. Versi lain, bisa mencoba segelas jus jeruk atau air lemon, oatmeal dengan topping 115 gram bluberi.

Makan siang: satu buah telur rebus, segelas jus wortel, dan 60 gram keju. Untuk minuman, bisa coba susu rendah kalori atau jus buah tanpa gula. Versi lain, bisa mencoba 2,5 ons ayam kukus dengan bumbu sedikit mentega dan tanpa garam.

Makan malam: makaroni panggang dengan campuran bayam dan saus kare, satu buah segar, dan satu gelas yoghurt. Untuk minuman, bisa mencoba kopi tanpa gula, teh hijau, atau susu rendah lemak.

 

Hari Kelima dan ke-12

Sarapan: jus wortel ukuran besar dan lemon.

Makan siang: ikan berukuran besar. Anda bisa memasaknya dengan cara dipepes, direbus, atau dibakar tanpa bumbu.

Makan malam: satu potong dada ayam yang dibakar atau direbus tanpa bumbu, daun selada yang dicampur dengan perasan lemon dan minyak zaitun, serta daun seledri kukus.

 

Hari Keenam dan ke-13

Sarapan: satu cangkir kopi hitam atau teh dengan gula (jangan pakai susu). Sebagai menu sarapan, Anda bisa menyantap satu potong roti bakar.

Makan siang: satu potong dada ayam tanpa kulit rebus, daun selada yang sudah dicampur dengan air lemon dan satu sendok makan minyak zaitun.

Makan malam: jus wortel dan dua butir telur rebus.

 

Hari Ketujuh

Sarapan: secangkir teh tanpa gula.

Makan siang: daging rebus atau bakar sebanyak satu potong tanpa bumbu dan satu buah segar.

Makan malam: Anda diharuskan berpuasa. Namun, di hari ketujuh ini--Anda harus minum air putih dalam jumlah banyak.

 

Hari ke-14

Selamat karena sudah melewati 13 hari diet mayo. Nah, di hari ke-14 ini, Anda bisa makan secara normal dan kembali ke menu yang Anda sukai. Namun, harus diingat--semuanya bisa dilakukan dengan catatan: harus ingat kandungan apa pun yang Anda santap, ya. Terlebih, hindari makanan yang mengandung banyak garam, gula, dan lemak.

Previous Article
Agar “Cheating Day” Nggak Mengobrak-abrik Diet Anda!
Agar “Cheating Day” Nggak Mengobrak-abrik Diet Anda!

Benarkah Anda perlu “cheating day” saat menjalani pola diet? Bagaimana caranya agar “cheating day” ini ngga...

Next Article
Sebelum Ngopi, Jangan Lupa Minum Air Putih
Sebelum Ngopi, Jangan Lupa Minum Air Putih

Sudah nikmat, pagi-pagi minum kopi juga kaya manfaat. Namun, jangan sampai lupa air putih, ya!

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More