Susu Kedelai Untuk Ibu Hamil

August 11, 2015 Rizka Hidayat

Photo credit: milkovation.com

Bagi para bumil alias ibu hamil, Anda pasti pernah mendapatkan masukan dari keluarga ataupun sahabat Anda yang mengatakan bahwa baik sekali jika Anda mengkonsumsi susu kedelai ketika Anda sedang mengandung. Namun, banyak juga forum yang mengatakan bahwa susu kedelai tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil karena dapat menyebabkan keguguran. Apakah pernyataan tersebut benar? Maka dari itu, kita akan mengupas semua bahasan yang berhubungan dengan apakah susu kedelai akan menghasilkan efek yang baik ataukah buruk bagi ibu hamil.

Terdapat beberapa zat yang terkandung dalam susu kedelai yang sangat bermanfaat bagi ibu hamil. Diantaranya adalah Asam Fosfat, Vitamin (A, E dan B), Protein, Karbohidrat, dan Lemak Nabati. Ketika mengandung, para calon ibu memang dianjurkan untuk memperhatikan asupan gizi, nutrisi, dan vitamin yang cukup karena mereka tidak menyantap makanan demi kesehatan diri sendiri, namun juga demi kesehatan sang janin.

Asam Fosfat

Terbukti bahwa kandungan Asam Fosfat dalam susu kedelai mampu membantu pertumbuhan dan perkembangan janin, terutama perihal sistem dan sel saraf. Tentu, jika salam proses perkembangan saraf janin diberikan "dorongan" untuk membaik, tentunya secara keseluruhan dapat membantu bayi dalam meningkatkan kecerdasannya.

 

Vitamin (A, E dan B)

Baiknya vitamin-vitamin yang terkandung dalam susu kacang kedelai adalah vitamin-vitamin seperti vitamin A, vitamin E, dan juga vitamin B sangatlah baik untuk kesehatan si calon ibu agar tetap sehat dan kuat selama mengandung si calon bayi.

 

Protein

Dengan mengkonsumsi susu kedelai, ibu hamil akan mendapatkan manfaat yang dapat membantu menjaga kesehatan organ dalam tubuh selama kehamilan dan juga untuk membantu proses perkembangan janin yang optimal. Protein yang terkandung dalam susu kacang kedelai diantaranya adalah glisin, arginin, treonin dan juga lisin.

 

Karbohidrat

Kehamilan merupakan suatu hal yang tidak mudah untuk dijalankan karena pertama, ibu hamil diwajibkan untuk menyediakan energi banyak karena mengandung manusia mungil di dalam tubuhnya dan memberikannya asupan makanan dan nutrisi yang cukup bukanlah hal yang mudah. Maka dari itu, jika ibu hamil memakan makanan yang mengandung karbohidrat yang cukup dapat membantu mereka untuk menyediakan energi yang cukup selama hamil. Karbohidrat tersebut dapat juga ditemukan terkandung dalam susu kacang kedelai.

 

Lemak Nabati

Jelas ada perbedaan diantara lemak nabati dan lemak hewani. Lemak nabati adalah lemak yang terdapat pada pangan tumbuh-tumbuhan seperti kacang-kacangan, tempe, dan santan kelapa. Sedangkan lemak hewani adalah lemak yang berasal dari hewan. Kedua jenis lemak tersebut mengandung kolesterol. Namun, lemak nabati mengandung kolesterol HDL yang merupakan kolesterol baik untuk tubuh. Dan, biasanya kolesterol HDL alias kolesterol baik tersebut sangatlah dibutuhkan oleh ibu-ibu yang sedang mengandung karena dapat mencegah mereka dari berbagai masalah kehamilan.

Photo credit: medicaldaily.com

Masih berhubungan dengan perihal beberapa orang percaya bahwa susu kedelai akan memberikan dampak yang buruk bagi kehamilan seorang ibu, itu semua tergantung takaran susu kedelai yang dikonsumsi oleh sang ibu. Khususnya pada masa awal kehamilan yaitu trimester pertama, janin masih sangat rentan sehingga asupan makanan dan juga minuman harus diperhatikan termasuk asupan susu kedelai (jika mengkonsumsinya). Jika Anda ingin lebih yakin mengenai takaran yang pas untuk mengkonsumsi susu kedelai pada masa kehamilan, alangkah lebih baiknya Anda menghubungi dokter kandungan Anda sebelumnya.

Mencari susu kacang kedelai yang sehat dikonsumsi untuk semua orang termasuk ibu hamil?

Previous Article
Mie Losari Kebon Jeruk, Bukan Bakmie Biasa (BBB)
Mie Losari Kebon Jeruk, Bukan Bakmie Biasa (BBB)

Mie Losari asal Makassar yang bukan merupakan bakmie biasa di kawasan Kebon Jeruk adalah mie favorit orang ...

Next Article
Ayam Presto Mantap dari Balphuss
Ayam Presto Mantap dari Balphuss

Ayam Presto Mantap dari Balphuss adalah ayam presto terempuk yang dapat Anda temukan di Jakara. Lunaknya tu...

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More