Smoothies vs. Juice

August 10, 2015 Rizka Hidayat

Photo credit: youtube.com

Ketika Anda sedang menelusuri menu untuk membuat pesananan hidangan sekaligus minuman, Anda pasti pernah berpapasan dengan menu 'Juice' (jus) dan juga 'Smoothie'. Memang, kedua jenis minuman segar tersebut terlihat serupa, namun keduanya sangatlah berbeda. Kita dapat merincikan perbedaan-perbedaan tersebut sebagai berikut.

Photo credit: www.nanihokunaturals.org

 

Tingkat kekentalan

Jika dibandingkan diantara keduanya, tingkat kekentalan/kepadatan antara jus dan smoothies berbeda. Aneka jus lebih cair dibandingkan dengan smoothies karena dalam cara pembuatannya, cairan buah (juice) dikeluarkan dan dipisahkan dari daging buah. Contohnya adalah pembuatan jus jeruk, dimana daging jeruk (pulp) diperas di sebuah alat pemeras buah jeruk untuk menghasilkan jus jeruk itu tersendiri. Sedangkan dalam pembuatan smoothies, cairan dan daging buah tidak dipisahkan melainkan diblender secara berbarengan sehingga menghasilkan minuman yang kental dan menyegarkan.

 

Serat

Jika Anda sedang menjalankan diet sehat dan memerhatikan asupan serat yang cukup untuk tubuh Anda, Anda harus dapat membedakan antara segelas smoothies dan segelas jus. Kenapa? Karena jumlah serat yang terkandung di dalam kedua jenis minuman sehat tersebut berbeda.

Sangat jelas bahwa smoothies mengandung serat yang lebih banyak jika dibandingkan dengan jus karena proses penghasilan smoothies yang tidak membuang daging buah sedikit pun. Tidak seperti jus yang hanya menyajikan cairan dari hasil perasan daging buah-buahan.

 

Kandungan nutrisi

Karena pembuatan smoothies yang cenderung dapat menghasilkan minuman sehat karena tidak membuang daging buah sebagaimana aslinya, membuat smoothies memiliki kandungan  nutrisi yang lebih banyak dari jus. Jadi, Anda dapat beranggapan bahwa jika Anda meminum segelas smoothies, Anda sedang memakan buah-buahan atau sayur-sayuran yang Anda masukkan kedalam pembuatan smoothies tersebut.

 

Ingin mencari aneka jus atau smoothie segar dengan harga murah namun tetap menyegarkan dan tentunya menyehatkan?

Previous Article
Ngemil? Ya Keripik Entjim Aja!
Ngemil? Ya Keripik Entjim Aja!

Sedang mencari cemilan? Yuk beli keripik entjim. Keripik singkong buatan rumahan yang dibuat dengan bahan-b...

Next Article
TOP 6 Aplikasi Kuliner di Indonesia
TOP 6 Aplikasi Kuliner di Indonesia

Temukan 6 aplikasi kuliner di Indonesia yang dapat memudahkan Anda dalam pencarian tempat makan atau minum ...

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More