Siap-siap, Ini Dia Menu Favorit Iduladha!

August 21, 2018 Chatarina Komala

Iduladha sebentar lagi. Sudah tahu ingin masak apa? Kalau masih bingung, ini dia beberapa rekomendasi menu enaknya!

Iduladha dikenal sebagai puncak ibadah haji, yang diperingati dengan salat Ied dan penyembelihan hewan kurban. Di berbagai belahan dunia, jenisnya beragam, seperti kambing, sapi, domba, hingga unta. Setelah disembelih, daging-daging tersebut akan dibagikan dan diolah sesuai selera. Jadi, wajar kalau Iduladha juga identik dengan beragam hidangan daging.

Nah, kalau sudah punya persediaan daging dan bingung akan dibuat masakan apa, bisa intip beberapa rekomendasinya!

 

1. Gulai

Ilustrasi: www.bukumasakan.com

Potongan daging dengan kuah rempah bercita rasa gurih ini cocok banget Anda nikmati saat momentum Iduladha. Dimakan bareng sepiring nasi panas plus taburan emping dan kerupuk, jadi makin pas. Jangan lupa sambalnya, ya!

 

2. Rendang

Ilustrasi: www.bukalapak.com

Sudah mendunia dan punya banyak penggemar, jangan lupakan rendang sapi/kambing. Anda bisa mengolahnya menjadi rendang basah (kuah) dan kering (tanpa kuah). Hanya saja, untuk memasak rendang--Anda butuh waktu yang lama. Namun, itu sebanding, kok, dengan kelezatan daging dan teksturnya yang empuk.

 

3. Sate

Ilustrasi: www.id.tastemade.com

Kalau nggak pengin ribet mengolah daging kurban, cukup disate saja, ya. Tinggal dibakar di atas bara panas, lalu dibalur bumbu sesuai selera. Kalau sudah jadi, jangan lupa dibanjur bumbu kacang dan kecap manis.

 

4. Tongseng

Ilustrasi: www.gedubar.com

Paduan banyak bumbu rempah seperti kayu manis, biji pala, serai, jaeh, cengkih, hingga kayu manis bikin banyak orang nggak bisa menolak kelezatan tongseng. Nah, biar nggak sekadar daging, Anda bisa menambahkan beragam sayuran seperti kol, tomat, kubis, dan daun bawang, lho. Kurang lengkap? Jangan lupa sambal, emping, dan taburan bawang goreng, ya!

 

5. Semur Daging

Ilustrasi: www.id.tastemade.com

Ini juga masakan Iduladha yang anti-ribet. Cukup membeli bumbu jadi, atau menggunakan bumbu instan yang banyak tersedia di supermarket. Jangan lupa, tambahkan kecap untuk menciptakan rasa yang kuat.

 

6. Tengkleng

Ilustrasi: www.jalansambiljajan.blogspot.com

Karena dibagi secara adil ke banyak orang, wajar kalau daging kurban yang Anda dapatkan nggak melulu bagian daging. Tidak dapat dihindari, ada kalanya Anda mendapatkan bagian jeroan. Namun, jangan khawatir, tetap bisa diolah jadi tengkleng, kok.

 

Adapun dari segi bentuk dan rasa, tengkleng mirip dengan gulai kambing, tetapi dengan kuah yang lebih encer. Nah, makanan satu ini juga merupakan paduan antara tulang, daging, dan jeroan plus bumbu rempah khusus. Biarpun nggak dapat daging, rasanya tetap enak dan menambah nafsu makan!

 

7. Bakso

Ilustrasi: www.markaindo.co.id

Kalau sudah jenuh mengonsumsi makanan berlemak, bisa coba hidangkan bakso di meja makan. Kuah bening dan rasanya yang gurih dijamin menetralkan perut dan lidah dari kombinasi rempah masakan berbahan daging tadi. Cara membuatnya pun cukup mudah, cukup merebus bakso dalam kuah kaldu, lalu sajikan bersama mi, bihun, taoge, tahu, dan sayuran.

Previous Article
Yuk, Simpan Daging Kurban dengan Benar!
Yuk, Simpan Daging Kurban dengan Benar!

Punya persediaan daging melimpah saat Iduladha? Jangan asal simpan, ya. Ini cara penyimpanannya agar daging...

Next Article
5 Cara Mengonsumsi Kacang Tanah untuk Diet
5 Cara Mengonsumsi Kacang Tanah untuk Diet

Konsumsi kacang tanah kadung dihindari lantaran dianggap mengandung banyak lemak yang berbahaya. Padahal, s...

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More