Sebelum Ngopi, Jangan Lupa Minum Air Putih

August 30, 2018 Chatarina Komala

Ilustrasi: www.bloemfonteincourant.co.za

Sudah nikmat, pagi-pagi minum kopi juga kaya manfaat. Namun, jangan sampai lupa air putih, ya!

Bagi beberapa orang, menyeruput secangkir kopi hangat setelah bangun tidur adalah sebuah kenikmatan tersendiri. Selain bikin badan lebih terjaga, minum kopi ikut menyegarkan pikiran, sehingga dampaknya bagi produktivitas harian lebih terasa. Sayangnya, minum kopi juga tidak lepas dari sejumlah efek samping, terlebih jika dikonsumsi pagi hari.

Nah, untuk meminimalkan dampak negatifnya, beberapa ahli menganjurkan untuk minum air putih lebih dulu sebelum menyeruput kopi. Adapun alasan pertama berkaitan dengan peningkatan risiko dehidrasi, karena saat tidur sepanjang malam, tubuh cenderung “berpuasa”. Kopi sendiri, diketahui mengandung sifat diuertik yang merangsang ginjal untuk mengeluarkan banyak natrium lewat urin.

Di sisi lain, alih-alih “menyembuhkan”, minum kopi justru akan memicu rasa haus. Pada akhirnya, Anda berisiko minum kopi dalam jumlah berlebih. Sebagai gantinya, Anda disarankan untuk minum air putih. Toh, sama seperti kopi, selain membuat tubuh terhidrasi, minum cukup air putih akan membuat Anda lebih fokus, tidak gampang lemas, dan jadi lebih produktif.

 

Hati-hati dengan Lambung

Ilustrasi: www.nutright.com

Bagi beberapa orang, kopi punya efek samping yang cukup besar saat dikaitkan dengan kondisi lambung. Pasalnya, secangkir kopi hitam diketahui memiliki tingkat keasamaan tinggi yang berpotensi bikin lapisan lambung iritasi.  Hal ini tentu akan jadi lebih buruk saat kopi menjadi asupan yang pertama kali masuk dalam tubuh. Dengan kata lain, saat perut masih dalam keadaan kosong.

Jika dibiarkan, tentu saja hal ini akan mendatangkan sejumlah risiko. Misalnya, tubuh yang kekurangan mineral, maag kronis, hingga masalah pencernaan. Nah, tidak hanya sebagai “alas” perut yang kosong, minum air putih sebelum ngopi juga baik, sebab membantu proses detoksifikasi tubuh dari racun maupun senyawa yang tidak dibutuhkan.

  

Previous Article
Yuk, Coba Menu Diet Mayo Praktis Ini!
Yuk, Coba Menu Diet Mayo Praktis Ini!

Diet mayo memiliki banyak peminat lantaran mampu mengurangi banyak bobot tubuh dalam waktu singkat. Penasar...

Next Article
Dengan Metode Ini, Berat Badan Bisa Turun Tanpa Harus Susah-susah Pantang Makanan!
Dengan Metode Ini, Berat Badan Bisa Turun Tanpa Harus Susah-susah Pantang Makanan!

Kata siapa diet harus selalu soal menahan makan? Dengan metode ini, berat badan Anda bisa turun tanpa harus...

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More