Mulai Sekarang, Jangan Sering Minum Es Teh, Ya!

August 30, 2018 Chatarina Komala

Ilustrasi: www.bonappetit.com

Hati-hati, ada beragam risiko kesehatan mengancam di balik nikmat es teh!

Di Indonesia, teh manis kerap  jadi menu pendamping banyak orang saat menikmati suatu hidangan. Apalagi di cuaca yang terik atau saat menikmati hidangan pedas. Segelas es teh manis jadi pelengkap paling serasi, deh. Saking nikmatnya, satu orang bisa minum bergelas-gelas per hari!

Sayangnya, terlalu sering minum es teh bisa berbahaya, lho. Nggak main-main, risikonya bahkan bisa berupa diabetes dan batu ginjal! Tidak percaya?

 

Senyawa Penyebab Batu Ginjal

Ilustrasi: www.buoyhealth.com

Sebuah laporan medis yang diterbitkan dalam Journal of Urology menunjukkan, es teh mengandung kalsium oksalat dalam jumlah tinggi. Kalsium oksalat sendiri merupakan senyawa yang memicu pembentukan kristal kecil (kombinasi mineral dan garam) dalam urin. Memang, kristal ini sebetulnya tidak berbahaya. Namun, kalau sudah ada dalam jumlah besar, kristal ini bisa menyebabkan penyumbatan pembuluh ginjal.

Adapun di sisi lain, terlalu sering mengonsumsi es teh bisa mencegah tubuh menginginkan asupan air putih. Padahal, dehidrasi adalah penyebab paling umum penyakit batu ginjal. Di cuaca panas, sebenarnya minum es teh tidak cukup untuk membuat tubuh terhidrasi dengan baik. Efek yang timbul, justru sebaliknya. Minum es teh hanya akan memperburuk keadaan.

Batu ginjal sendiri bukan penyakit yang muncul secara instan. Biasanya berkembang perlahan dari waktu ke waktu. Ini sebabnya, mulai sekarang, yuk, biasakan minum cukup air putih dan menanamkan pola hidup sehat!

Previous Article
Dengan Metode Ini, Berat Badan Bisa Turun Tanpa Harus Susah-susah Pantang Makanan!
Dengan Metode Ini, Berat Badan Bisa Turun Tanpa Harus Susah-susah Pantang Makanan!

Kata siapa diet harus selalu soal menahan makan? Dengan metode ini, berat badan Anda bisa turun tanpa harus...

Next Article
5 Restoran Jakarta dengan Menu Unik, Wajib Coba!
5 Restoran Jakarta dengan Menu Unik, Wajib Coba!

Sudah tahu ingin makan malam bareng orang terdekat di mana? Kalau masih bingung, coba datang ke lima restor...

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More