Minum Es Saat Buka Puasa Sangat Mematikan

June 26, 2015 Rizka Hidayat

Jika terdapat dua pilihan yaitu Teh Hangat dan Es Buah yang tersedia di meja makan ketika adzan Maghrib berkumandang, tidak dapat dipungkiri bahwa mayoritas orang yang berpuasa akan memilih untuk membatalkan puasa dengan Es Buah dibandingkan dengan Teh Hangat. Atau, kamu akan merasa tergiur dan jengkel ketika teman-teman mengirimkan sebuah sticker spesial Ramadhan di Line yang terdiri dari minum-minuman dingin yang menyegarkan. Mengapa orang berpuasa cenderung memilih untuk berbuka dengan minuman yang dingin dibandingkan dengan minuman hangat ketika berpuasa? Padahal diketahui bahwa berbuka puasa dengan minuman yang dingin sangatlah membahayakan.

Photo credit: resepcaramasak.info

Menurut Bapak Nursyam Mkes, seorang Sekretaris Ikatan dokter Indonesia Kalimantan Barat, ketika kita minum es saat berbuka puasa dapat menyebabkan kontraksi pada lambung akibat "terkejut" yang setelah seharian menahan lapar dan haus. Sangat disarankan, bagi yang berpuasa, untuk berbuka dengan yang hangat seperti teh manis dan kurmah untuk menstabilkan lambung (teh yang terlalu panas pun tidak baik) dan diperbolehkan untuk mengkonsumsi hidangan dingin setelah sekitar 5 hingga 10 menit.

Photo credit: resepmasakann.info

Bahaya dari terjadinya kontraksi pada lambung dapat menyebabkan terjadinya masalah pencernaan yang kemudian dapat mengakibatkan perut keram dan kemudian secara berurutan dan tidak langsung dapat juga mengganggu kesehatan secara jeneral. Selain itu, berbuka puasa dengan hidangan yang dingin dapat mengecilkan pembulu darah dan dapat meningkatkan kemungkinan terjadinya komplikasi peredaran darah pada tubuh yang diakibatkan oleh kecilnya pembulu darah. Jadi, agar menghindari terjadinya kesakitan yang parah dan penyakit yang menyebabkan kematian, marilah kita usahakan untuk menahan nafsu untuk berbuka puasa dengan yang segar-segar seperti air es atau hidangan dingin lainnya.

Previous Article
Hot Coffee vs. Iced Coffee?
Hot Coffee vs. Iced Coffee?

Hot Coffee vs. Iced Coffee. Mana yang lebih baik?

Next Article
Tempat BUKBER Murah Meriah di Jakarta
Tempat BUKBER Murah Meriah di Jakarta

Budget pas-pasan tapi tidak mau melewatkan momen buka bersama (bukber) bareng teman-teman ataupun keluarga?...

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More