Menyambangi Surga “Jalan Jajan” di Jakarta!

October 9, 2018 Chatarina Komala

Nggak perlu jauh-jauh wisata kuliner. Di Jakarta, ada beberapa titik kuliner jalanan yang bisa bikin lidah Anda bergoyang. Di mana saja?

Siapa bilang jalanan Jakarta tidak ramah dan romantis? Anda harus menunggu hingga malam tiba.  Saat hiruk-pikuk mereda dan benderang lampu jalan mulai menyala. Di sana, wajah-wajah hangat mulai menampakkan diri. Melalui lengang jalanan, tawa para pekerja yang menikmati jam kebebasan, hingga barisan kedai kaki lima yang siap menghidangkan sajian istimewa bagi perut kelaparan.

Menyusuri surga kuliner Jakarta bersama orang terdekat sendiri jadi pilihan yang menyenangkan.  Sembari mengobrol hangat, Anda bisa mencicipi sepiring kenikmatan khas kaki lima yang memanja lapis lidah. Ditambah lagi, “ongkos” yang perlu Anda keluarkan pun tidak menguras kantong. Maklum, selain enak, sebagian besar hidangan kaki lima dibanderol dengan harga yang relatif murah. Jadi, pas banget dinikmati kapan pun, mulai dari tanggal muda hingga tua.

Nah, kalau penasaran ingin tahu di mana saja titik kuliner kaki lima nan lezat Jakarta, bisa melihat beberapa daftar berikut!

 

1. Kawasan Sabang, Jakarta Pusat

Ilustrasi: www.vemale.com

Rasanya, area kuliner ini sudah tidak asing lagi, ya. Menyusuri Jalan Sabang sama saja “memanja” mata, hidung, dan lidah dengan ragam makanan khas yang enak-enak. Menariknya, bukan cuma kedai kaki lima, lho. Restoran besar pun ada!

Apa pun jenis makanan yang Anda cari ada di sana. Mau fast food, ada. Seafood pun banyak. Kalau pengin yang khas-khas seperti sate, pempek, gudeg, hingga  nasi goreng--semuanya tersedia. Paling penting, soal rasa, nggak ada yang mengecewakan, deh!

 

2. Pecenongan, Jakarta Pusat

Ilustrasi: www.wartakota.tribunnews.com

Meski populer akan martabaknya, Anda dapat menemukan beragam makanan di kawasan Pecenongan. Mulai dari khas Nusantara, Chinese food, hingga Barat. Nah, satu yang istimewa--hampir seluruh kedai makanan yang ada di sana legendaris. Jadi, sudah terbukti rasa dan kualitasnya!

 

3. Pasar Santa, Jakarta Selatan

Ilustrasi: www.infojakarta.net

Ini dia kawasan nongkrong dan kuliner nan murah dan artsy untuk kawula muda. Kios-kios di dalamnya unik-unik, termasuk makanan. Nah, selain wisata kuliner, Anda juga bisa bergabung dan berdiskusi bareng komunitas. Pokoknya, seru!

 

4. Blok M, Jakarta Selatan

Ilustrasi: www.kompasiana.com

Kuliner di kawasan Blok M belum lengkap kalau nggak mampir ke gulai tikungan (gultik). Pas banget dihampiri kalau perut keroncongan tengah malam. Seporsi gultik terdiri atas jeroan, daging, dan nasi yang disiram kuah gulai. Memang, dari segi porsi, kadang kala satu piring terasa kurang. Namun, Anda bisa menambah, kok. Apalagi harganya tergolong murah, yakni hanya sekitar Rp8 ribu sampai Rp12 ribu.

 

5. Fatmawati, Jakarta Selatan

Ilustrasi: www.openrice.id

Kalau di Fatmawati, hidangan yang paling terkenal adalah nasi kucingnya. Nggak perlu jauh-jauh ke Yogyakarta. Pasalnya, di sana--Anda bisa menikmati seporsi nasi kucing beserta lauknya dan makan lesehan dengan orang terdekat. Romantis banget, kan?

 

6. Kemayoran, Jakarta Pusat

Ilustrasi: www.palapanews.com

Ngggak hanya saat momen Pekan Raya Jakarta (PRJ), kawasan Kemayoran pada dasarnya sudah selalu ramai kuliner setiap malam. Membentag dari Jalan H. Benyamin Sueb sampai Jalan Apron, Anda bisa menemukan beragam makanan kaki lima yang enak-enak. Namun, kalau pengin coba yang paling populer, bisa langsung melangkahkan kaki ke kedai seafood dan ketan susu (tansu). Wah, pokoknya nikmat, deh!

Read more...

Previous Article
Kreasi Bekal untuk Anak-anak yang Ngggak Doyan Sayur!
Kreasi Bekal untuk Anak-anak yang Ngggak Doyan Sayur!

Agar anak-anak doyan dan tertarik makan sayur, yuk, sontek beberapa inspirasi “menghias bekal” berikut!

Next Article
Di Tangan Si Kreatif, Makanan Pun Bisa Jadi Karya Seni yang Mengagumkan!
Di Tangan Si Kreatif, Makanan Pun Bisa Jadi Karya Seni yang Mengagumkan!

Dalam seni, tidak ada batasan yang bisa menghalangi seorang kreator. Buktinya, ada banyak hal yang bisa dij...

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More