Mengapa Wajah Memerah dan Tubuh Berkeringat Saat Makan Pedas? Ini Penjelasannya!

October 12, 2018 Chatarina Komala

Ilustrasi: www.juicygeniuses.com

Selain berkeringat, wajah juga kerap memerah ketika Anda makan pedas. Mengapa hal ini bisa terjadi?

Ada banyak respons tubuh yang muncul ketika Anda mengonsumsi makanan pedas. Ini dapat berupa munculnya keringat dan rasa gerah, berkurangnya fungsi pendengaran, kepala yang terasa panas, hingga wajah yang memerah. Mengapa hal ini bisa terjadi?

Rasa pedas pada cabai sendiri berasal dari molekul capsaicin. Secara alami, tubuh manusia memiliki reseptor capsaicin yang terletak di saraf tertentu. Adapun ketika diaktifkan (dengan mengonsumsi makanan pedas), saraf-saraf tadi akan mengirimkan sinyal ke otak dan tulang belakang untuk mengirimkan persepsi sakit yang berhubungan dengan rasa panas.

Setelahnya, sinyal-sinyal tadi akan direspons otak dengan memicu reaksi kimia agar tubuh “mendinginkan” dirinya. Itu sebabnya, ketika mengonsumsi makanan pedas, pelan-pelan tubuh akan mengeluarkan keringat. Semakin pedas makanannya, tentu saja semakin “banjir” keringat yang dihasilkan.

 

Pelebaran Pembuluh Darah

Lain soal dengan kondisi wajah yang memerah. Rona merah pada wajah berkaitan dengan fungsi hipotalamus yang mengirimkan sinyal pelebaran ke pembuluh darah di bawah kulit. Namun, kondisi ini bukan sesuatu yang berbahaya, kok. Pasalnya, pelebaran pembuluh darah ini bertujuan untuk mengusir panas dan “mendinginkan” tubuh. Akibatnya, kentara pada wajah yang memerah.

Nah, untuk menetralkan rasa pedas/panas sekaligus mendinginkan tubuh, banyak orang menganjurkan minum air putih. Namun, rupanya ini merupakan solusi yang bersifat sementara. Adapun capsaicin sendiri tidak larut dalam air. Sebagai gantinya, Anda bisa minum susu untuk menghilangkan rasa pedas.

  

No Previous Articles

Next Article
Jangan Sering-sering Minum Bubble Tea, Nggak Sehat!
Jangan Sering-sering Minum Bubble Tea, Nggak Sehat!

Meski kerap jadi asupan tubuh yang stres, terlalu banyak minum bubble tea juga nggak sehat, lho!

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More