Masjid di Jakarta dengan Ta'jil TERENAK

July 1, 2015 Rizka Hidayat

Bagi kamu yang harus melewati macetnya jalan Sudirman, Kuningan ataupun Mampang pasti sangat mengerti betapa sedihnya ketika tidak dapat berbuka puasa di rumah bersama keluarga. Namun, kita dapat memetik sebuah anugerah lainnya yang dapat kamu dapatkan ketika berkumpul-kumpul di bersama sesama saudara/i Islam lainnya di Masjid ketika berbuka puasa.

Ketikan adzan maghrib berkumandang, telah tersedia tajil yang dihidangkan untuk sesama orang Muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa dan tidak dapat berbuka puasa di rumah karena kemacetan yang melanda. Jika kamu salah satu dari mereka, kamu dapat melihat beberapa masjid yang disebutkan di bawah ini yang dapat dihampiri untuk berbuka puasa dengan Ta'jil (nak) yang disajikan.

1. Masjid At-Tin

Jl. Raya Taman Mini Pintu 1, Jakarta Timur, Jakarta

Photo credit: kodokhitam.wordpress.com

Salah satu masjid terbesar di Jakarta ini terletak di kawasan Jakarta Timur tepatnya di Jl. Raya Taman Mini Pintu 1, Jakarta Timur, Jakarta. Tidak jauh dari Taman Mini, Masjid At-Tin memang sangat ramai setiap hari karena terdapat berbagai acara Islami yang dilangsungkan sehingga menjadi salah satu tempat favorit untuk ngabuburit. Bagi orang dewasa, setiap setelah Asar terdapat tadarus bersama yang dapa dilakukan ketika menunggu adzan Maghrib berkumandang. Selain itu, Masjid At-Tin pun menjadi tempat favorit bagi anak-anak karena di sana mereka akan mendapatkan sebuah acara khusus anak-anak di mana mereka dapat mendengarkan kisah-kisah Islami.

Masjid At-Tin menyediakan tajil yang simpel yaitu kurma dan teh manis hangat. Namun, tersedia juga sekitar 2.000 nasi box yang akan dibagikan setelah sholat maghrib. Jumlah nasi box yang dibagikan pun akan lebih banyak pada  akhir pekan dibadingkan di hari kerja.


2. Masjid Istiqlal

Jl. Taman Wijaya Kusuma, DKI Jakarta

Photo credit: incity.co

Masjid Isiqlal merupakan masjid terbesar yang dapat ditemukan di Asia Tenggara. Sedikit sejarah mengenai Masjid Istiqlal. Masjid Nasional ini dibangun dalam rangka memperingati hari kemerdekaan nasional yang diberikan nama "istiqlal" yang dalam bahasa arab berarti "kemerdekaan". Masjid tersebut di didesain oleh arkitekt asal Indonesia yang bernama Frederich Silaban.

Selain dijadikan tempat wisata bagi banyak pengunjung lokal maupun internasional, setiap hari pada bulan Ramadhan, masjid tersebut membagikan sekitar 3.000 nasi box pada pukul 17:00 WIB. Hal tersebut sangat disayangkan karena terlihat banyak orang yang mengunjungi masjid tersebut berbuka puasa kemudian langsung pulang tanpa melangsungkan ibadah sholat.


3. Masjid Agung Sunda Kelapa

Jl. Taman Sunda Kelapa No. 16, Jakarta Pusat, DKI Jakarta

Photo credit: www.rmoljakarta.com

Bagi kamu yang  melewati rute Menteng ketika pulang, kamu dapat mampir ke Masjid Agung Sunda Kelapa jika tidak sempat berbuka puasa di rumah. Di sana, kamu dapat menemukan sebuah bazaar yang menjual buku-buku dan pakaian muslim. Menurut Wakil Ketua Panitia Masjid Agung Sunda Kelapa, ini bazaar telah berlangsung selama 2 tahun.

Selain dapat survei pakaian untuk lebaran di bazaar yang diselenggarakan, kamu juga dapat menikmati hidangan lezat yang telah disatukan dalam kotak (box) yang akan dibagikan kepada saudara-saudari yang melaksanakan ibadah puasa.


4. Masjid Raya Pondok Indah

Jl. Sultan Iskandar Muda No. 1, Pondok Indah, Jakarta Selatan, DKI Jakarta

Photo credit: www.inmarco.info

Berbuka di Masjid Raya Pondok Indah akan menjadi suatu pengalaman bulan Ramadhan yang eksepsional untukmu. Kenapa? Karena terdapat sebuah bazaar yang disebut "Bazaar Ramadhan" yang diramaikan oleh banyak penjual makanan yang buka setiap hari mulai jam 2 siang hingga waktu Tarawih. Bazaar tersebut pun buka pada waktu sahur dimana kamu dapat menikmati makanan dan minuman yang serba murah-meriah seperti tahu isi, risoles, lumpia yang harganya hanya sekitar Rp 1.000 - Rp 2.500. Murah kan? Ada juga makan-makanan yang manis seperti kue lumpur, pie, kolak dan es kelapa muda. Yummy!

Previous Article
Jenis Hidangan yang Membuat Tamu Balik Lagi ke Rumah
Jenis Hidangan yang Membuat Tamu Balik Lagi ke Rumah

Hidangan apa yang dapat membuat tamu betah di rumah? Salah satunya adalah kue cubit green tea. Kira-kira ap...

Next Article
Diet Mayo itu Apa Sih?
Diet Mayo itu Apa Sih?

Apa sih Diet Mayo? Emangnya bisa menurunkan berat badan hingga 10kg dalam 1 minggu?

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More