Kuliner Penuh Kenangan di Yogyakarta

October 30, 2015 Elfida

Mengais kenangan lewat kuliner di Yogyakarta...

 

Foto: panduanwisatajogja.com

GUDEG PAWON

Gudeg ini unik, karena langsung disajikan dari pawon atau dapur penjualnya. Bahkan, beberapa kursi dan meja untuk pengunjung memang diatur di dalam dapur tersebut. Gudeg Pawon cocok untuk Anda penggemar kuliner di malam hari karena dia baru mulai beroperasi mulai pukul 10 malam sampai dagangan laku terjual. Gudeg Pawon sudah ada sejak tahun 1958. Anda harus datang ke dapur yang berlokasi di Jalan Dr. Soepomo, Umbulharjo ini. Gudeg ini cepat habis lho, jadi Grivy sarankan untuk Anda mulai antri lebih cepat. 

Foto: wisatajogja.biz

ANGKRINGAN LIK MAN

Angkringan tertua ini dimiliki oleh Mbah Pairo sejak tahun 1950-an yang kemudian dilanjutkan oleh anaknya, Lik Man. Angkringan Lik Man yang berlokasi di dekat Stasiun Kereta Api Tugu ini memiliki menu khas yang membuatnya berbeda dari angkringan lainnya, yaitu Kopi Joss. Kopi Joss adalah kopi panas yang dicelupkan arang panas membara untuk memberi efek rasa kuat. Kalau menu angkringannya, mungkin Anda sudah tak asing lagi, seperti nasi kucing dengan oseng-oseng tempe atau teri, dengan lauk telur puyuh, kepala dan ceker ayam, sate usus, sate ayam, aneka gorengan, dan lainnya. Jangan heran kalau angkringan ini selalu dipadati pengunjung dengan antrian yang panjang.

Foto: santapjogja.com

BAKMI PELE

Dulunya, warung bakmi satu ini hanya dinaungi tenda yang berada di bawah pohon-pohon rindang di kawasan Alun Alun Selatan, Yogyakarta. Namun jangan salah, pengunjungnya selalu ramai. Mereka datang tidak hanya dari kota pelajar, namun juga dari seluruh Indonesia. Seiring waktu, warung Bakmi Pele meluaskan area dan memungkinkan pengunjung untuk menikmati mie khas tersebut sambil duduk lesehan. Namun tetap saja, antrian pengunjung yang penasaran dengan rasanya, panjang. Bakmi Pele dimasak di atas tungku menggunakan arang, sehingga mie dan segala bumbu serta kuah yang dimasak secara slow cooking itu terasa lebih nikmat dan meresap.   

Foto: Elfida

SGPC BU WIRYO

SGPC adalah singkatan dari sego pecel alias nasi pecel. SGPC Bu Wiryo adalah tempat menyantap nasi pecel paling laris yang terletak di dalam komplek Universitas Gadjah Mada. Dimulai dari warung biasa sampai akhirnya sekarang sudah berada dalam bangunan kokoh lengkap dengan live music tempo dulu setiap hari Minggu membuat SGPC Bu Wiryo tidak lagi dikunjungi karena memori, melainkan oleh turis-turis yang juga ingin merasakan kenikmatan kuliner dan suasana dari tempat makan satu ini.

Foto: kuliner.panduanwisata.id

MANGUT LELE MBAH MARTO

Bedanya dengan pecel lele terletak pada kuah. Yang menjadikan rasa lele pada Mangut Lele semakin gurih dan wangi adalah sebelum dimasak dalam kuah santan, lele terlebih dulu ditusuk kemudian dibakar di atas tungku menggunakan kayu bakar. Rasa Mangut Lele secara keseluruhan gurih dan pedas. Cicipi Mangut Lele paling terkenal di Mangut Lele Mbah Marto yang berada di Dusun Nengahan, Ngiring-Ngiring, Panggungharjo, Sewon, Bantul atau tepatnya berada di belakang kampus Institut Seni Indonesia (ISI). 

Foto: bantulmedia.com

SATE KLATHAK PAK PONG

Sate Klathak adalah sate dari daging kambing. Namun berbeda dengan sate kambing biasanya, sate klathak ditusuk dengan tusukan dari besi sehingga daging yang dihasilkan matang sampai ke dalam. Sebelum dibakar, daging cukup dibumbui dengan garam dan sedikit ketumbar. Makannya pun tidak dengan siraman saus kacang atau kecap, melainkan kuah gulai yang disiramkan ke nasi panas. Kalau kurang pedas, Anda bia menambahkan irisan cabe rawit. Hmm, selamat menikmati! Kunjungi Warung Sate Klathak Pak Pong yang sudah melegenda di Jalan Imogiri Timur, Bantul. 

 

Mau wisata ke Yogyakarta dengan potongan harga fantastis?

 

Previous Article
Potongan Harga Fantastis Untuk Cake Cantik Ini
Potongan Harga Fantastis Untuk Cake Cantik Ini

Rayakan hari spesial Anda dengan diskon spesial dari bakery berikut.

Next Article
Restoran & Kafe Cozy Terbaru di Kawasan Senayan
Restoran & Kafe Cozy Terbaru di Kawasan Senayan

Menawarkan pengalaman kuliner untuk Anda yang mengagumi kenyamanan sekaligus ide unik.

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More